Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Ngetun Gunung Kidul, Pemandangan dari Puncak Bukit

Pantai Ngetun Gunung Kidul

Pantai Ngetun - Gunung Kidul memang terkenal dengan wisata pantainya yang memiliki pemandangan yang indah. Baru-baru ini terdapat sebuah wisata pantai yang cukup terkenal karena memiliki pemandangan yang unik berupa perbukitan karang dan pasir putihnya yang cantik. Nama wisata tersebut adalah Pantai Ngetun Gunung Kidul.

Pantai Ngetun merupakan pantai yang memiliki banyak objek wisata, banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini mulai dari memancing, camping atau hanya sekedar berkunjung saja. Banyak hewan laut yang akan anda temui saat berkunjung diwisata ini mulai dari ikan kecil, bintang laut, lobster hingga penyu. Saat waktu tertentu, banyak masyarakat sekitar yang mencari lobster di bukit maupun di sekitaran pantai.

Pantai ini merupakan tempat habitat hewan penyu mendara untuk bertelur. Hal ini karena pantai ini memiliki tempat yang bagus, sepi dan aman untuk berkembang biakan penyu. Keberadaan penyu tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Selain penyu, juga terdapat hewan laut lainya speerti ubur-ubur, kelomang, bintang laut dan masih banyak lainya. Wisata ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai anak kecil, karena mereka dapat belajar lebih dekat tentang hewan laut.

Pantai Ngetun Gunung Kidul, Pemandangan dari Puncak Bukit
Salah satu spot yang sangat menarik (Source: Instagram)

Selain itu, pantai ini memilki keunikan yaitu terdapat perbukitan karang yang berada di samping pantai. Bukit karang tersebut biasanya di gunakan oleh warga sekitar untuk memancing lobster, tempat itu di pilih karena banyak lobster yang bersembunyi disekitaran batu karang. Tidak hanya itu saja, tempat tersebut juga di jadikan spot foto oleh wisatawan yang berkunjung.

Menjelang malam, wisatawan dapat melihat pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang sangat cantik. Selain itu, bagi anda yang camping di pantai ngetun jogja juga dapat melihat pemandangan sunrise yang memukau.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat wisata di Kulon Progo

Lokasi Pantai Ngetun

Wisatawan dapat menemukan objek wisata ini dengan mudah karena lokasinya yang tidak jauh dari wisata pantai gunung kidul lainya. Alamat Pantai Ngetun berada di Sureng, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mempermudah menemukan lokasinya, anda dapat menggunakan goggle maps.

Rute Menuju Pantai Ngetun

Untuk menemukan lokasi pantai ngetun gunung kidul anda dapat menggunakan rute ini jika sedang berada di jogja. Pertama, arahkan kendaraan anda ke timur melewati Jl Panembahan Senopati kemudian menuju Jl Kusumanegara, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan perempat ke selatan menuju Jl Gedong Kuning.

Setibanya di Jl Gedong Kuning ambil arah menuju Jl Wonosari kemudian lurus hingga menemui Jl Nasional, ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan Jl Jogja-Wonosari. Jl Wonosari lalu ke Jl Kyai Legi kemudian menuju Jl KRT Judodiningrat lurus sampai ke perempatan ke selatan menuju Jl Baron, Pertigaan belok kiri menuju Jl Tepus.

Sesampainya di Jl Tepus ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan perempatan ke timur menuju Jl Pantai Selatan. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk arah menuju pantai ngetun gunung kidul. Jarak wisata dari pusat kota jogja sekitar 73 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan 2 jam 30 menit dengan lalu lintas normal.

Baca Juga: Pantai Wediombo, Tempat Surfing Terbaik di Jogja

Harga Tiket Pantai Ngetun

Wisatawan yang akan menikmati keindahan batu karang dan hewan laut tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Wisatawan akan di kenakan tiket masuk pantai ngetun sebesar Rp6.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan motor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Faslitas Pantai Ngetun

Walaupun masih tergolong wisata pantai yang cukup baru, pengunjung dapat menggunakan beberapa fasilitas yang sudah di bangun oleh pihak pengelola. Masyarakat sekitar hanya memberi saran supaya ikut serta menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarang, beberapa fasilitas di antaranya:
  • Kamar mandi
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Warung makan
  • Papan informasi
  • Tempat Camping
Jam Buka Pantai Ngetun
Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi bagi wisatawan yang berada diluar daerah tidak perlu khawatir untuk mengunjungi objek wisata ini.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

Daya Tarik Pantai Ngetun

1. Asal Muasal Pantai
Arti dari pantai ngetun sendiri dalam bahasa jawa sendiri adalah Ngitun yang berarti mengintip dan mengirim. Nama ini di berikan karena biasanya wisatawan melihat objek wisata ini dari balik bukit yang lokasinya tak jauh dari lokasi.

Hal tersebut memang terjadi secara langsung. Lokasi pantainya yang sedikit tersembunyi di balik perbukitan. Dahulu tidak ada seorangpun yang mengetahui bahwa pantai ini memiliki keindahan yang memukai. Namun seiring berjalanya waktu, berkembang media sosial membuat pantai ini semakin terkenal.

2. Perbukitan
Untuk mencapai pantai ngetun, wisatawan harus menyusuri jalan pantai selatan jawa, pantai ini berada di antara pantai parangtritis dan pantai wediombo. Pantai ini memiliki cirikhas yaitu keberadaan batu karang yang menjadi perbatasan antara laut dan daratan. Terdapat juga batu yang berukuran raksasa di tengah-tengah. Batu ini menjadi ciri khas bagi pantai ngetun gunung kidul.

Suasananya yang cukup sepi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Semilir angin laut yang menangnagkan membuat wisatawan tertatik untuk mendirikan tenda disini. Tidak hanya itu saja, jarak antar daratan dan lautan yang cukup jauh membuat pengunjung bebas memilih tempat untuk mendirikan tenda.

3. Aktivitas di Pantai
Keberadaan batu karang yang menyebar luas, membuat pantai ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk memancing atau menangkap ikan menggunakan tangan. Saat sepi pengunjung, area sekitar pesisir pantai biasnya digunakan untuk bertelur bagi penyu dan lobster. Biasanya penyu menimpan telurnya dipesisir pantai.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa menikmati keindahan dari bukit yang berada disekitar pantai. Bukit yang cukup terkenal adalah Puncak Watu Gentong yang berada di sebelah timur. Untuk mencapai puncaknya, wisatawan harus berjalan kaki menaiki jalan setapak yang menanjak.

Saat berada di puncak, terdapat batu yang berukuran besar yang bentuknya menyerupai gentong. Batu ini terlihat kokoh walaupun lokasinya di tepi jurang. Saat sore hari, wisatawan juga dapat melihat pemandangan matahari tenggelam atau sunset. Keindahan pantai ini menjadikan banyak orang ingin berkunjung untuk mengabadikan moment hingga menjado lokasi foto pre-wedding.

Wisata Dekat Pantai Ngetun
  • Pantai Drini
  • Pantai Wediombo
  • Pantai Kesirat
  • Pantai Wohkudu
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai ngetun gunung kidul. Bagi anda yang ingin berwisata selain pantai, bisa memilih salah satu tempat wisata di gunung kidul yang bagus-bagus. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencucui tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.