Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Ngrenehan, Pesona Teluk di Tengah Perbukitan

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan - Berlibur ke Jogja tentu kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat yang di katakan surganya pantai pasir putih di Jogja. Daerah tersebut bernama Kabupaten Bantul. Daerah ini memiliki banyak pantai yang cukup terkenal mulai dari Pantai Indrayanti, Pantai Siung dan Pantai Baron. Salah satu wisata pantai yang tidak kalah bagus adalah Pantai Ngrenehan.

Pantai ini memliki garis pantai sepanjang 100 meter dan berada di antara dua bukit karang yang cukup besar yang menjorok ke lautan. Inilah penyebabnya mengapa ombak di sekitar pantai sangat kecil. Saat memasuki pantai Ngrenehan gunung kiudl, wisatawan akan di sambut dengan warung-warung yang menjajakan beragam kuliner.

Di sebelah barat terdapat tempat pelelangan ikan dan beberarapa warung makan yang berbentuk joglo. Bangunan tersebut merupakan tempat penjualan ikan dan menjajakan beragam jenis ikan laut yang masih segar.

Pantai Ngrenehan, Pesona Teluk di Tengah Perbukitan
Air laut yang berwarna biru toksa dengan pasir putih ( Picture Ig/ ch.purnomo)

Sejarah Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan adalah nama yang di berikan oleh Raden Fatah pada saat menjabat sebagai Raja Demak. Padan zaman dahulu Raden Fatah mengunjungi pantai ini untuk mencari ayahnya yang melarikan diri bersama istrinya karena menolak memeluk agama islam. Perjuangan raden fatah untuk mencari orang tuanya sia-sia. Dari situlah nama Reneh yang berari Sini  kemudian masyarakat sekitar menyebutnya dengan Ngrenehan sebagai kedatangan raja.

Setibanya di pantai, pengunjung dapat merasakan suasana yang cukup unik yaitu berupa pasir putih dan tebing-tebing yang cukup tinggi setiap sudutnya. Tidak hanya itu saja, pengunjung dapat melihat hamparan pepohonan hijau di tambah dengan jejeran perahu nelayan yang tersusun dengan rapi di pinggir pantai.

Baca Juga: Pantai Nglambor Gunung Kidul, Tempat Snorkeling Terbaik di Jogja

Lokasi Pantai Ngrenehan

Wisatawan dapat menemukan pantai ini dengan mudah karena akses menuju lokasi udah sangat mendukung. Lokasi Pantai Ngrenehan berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Bagi pengunjung yang ingin menuju pantai ngrenehan dapat menggunakan rute ini. Pertama arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan lalu menuju Jl Panembahan Senopati No 9. Setibanya di perempatan ambil arah ke selatan menuju Jl Brigjen Katamso kemudian melewati perempatan menuju Jl Kolonel Sugiono.

Setibanya di Jl Kolonel Sugiono ambil arah ke selatan menuju Jl Sisingamaraja kemudian melwati Jl Imogiri Barat. Sampai di pertigaan ambil arah ke timur melewati Jl Bakulan Imogiri, Pertigaan ambil arah ke barat menuju Jl Imogiri Siluk lalu melewati Jl Siluk Panggang. Setibanya di pertigaan ambil arah ke timur menuju Jl Raya Panggang Wonosari kemudian pertigaan ambil arah ke sealtan menuju Jl Paliyan Ngobaran.

Sesampainya di Jl Paliyan Ngobaran arah kendaraan anda menuju ke timur menuju Jl Ngobaran Ngrenehan, ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan Pantai Ngrenehan. Jarak tempuh dari pusat kota jogja sekitar 54 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 40 menit. Cepat lambat tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Pantai Ngrenehan, Pesona Teluk di Tengah Perbukitan
Pemandangan perbukitan karang yang indah (Picture Ig / ch.purnomo)

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

Wisatawan yang akan menikmati suasana pasir putih dan birunya air lautan tidak perlu merogoh uang terlalu banyak. Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan retribusi pantai di sekitarnya. Sedangkan, pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk mobil.
  • Parkir Motor Rp3.000
  • Parkir Mobil Rp5.000
  • Bus Sedang Rp15.000
  • Bus Besar Rp20.000

Fasilitas Pantai Ngrenehan

Sebagai wisata pantai yang banyak di kunjungi oleh wisatawan, pantai ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas sengaja di buat oleh pengelola dan pemerintah terkait, beberapa fasiltias tersebut di antranya:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung makan
  • Tempat camping
  • Pelelangan Ikan
Sedangkan untuk oprasional nya, Pantai Ngrenehan di buka mulai dari pukul 05.00 pagi sampai malam hari.

Daya Tarik Pantai Ngrenehan

1. Spot Foto yang Keren
Liburan kurang lengkap rasanya jika belum mendapatkan foto yang bagus dengan latar belakang wisata yang di sambangi. Hal ini dapat anda lakukan ketika berlibur ke pantai gunung kidul ini , dengan background perbukitan karang yang besar dan birunya ombak laut pasti akan menjadikan hasil foto yang bagus.

Pantai jogja ini juga memiliki keunikan yaitu berupa kurva lingkaran yang cukup sempurna. Jika dilihat dari ketinggian, teluk ini seperti bentuk corong yang melingkar. Pesona alam yang cantik dengan perbukitan karang yang membentang di antara teluk membuat landscampe foto menjadi lebih sempurna. Apalagi jika pengunjung mengambil foto menggunakan drone tentu akan menjadikan foto dengan hasil yang cantik.
Pantai Ngrenehan, Pesona Teluk di Tengah Perbukitan
Model Cantik kita Guys (Picture Ig / dewiia01)
2. Perbukitan Karang
Wisatawan yang mengunjungi pantai ini juga dapat menikmati pemandangan perbukitan karang yang menarik. Hal ini karena perbukitan di penuhi dengan karang - karang khas laut yang mudah untuk di temui. Hal tersebut terjadi karena teluk ini dulunya merupakan pengangangkatan permukaan bumi pada jutaan tahun lalu dan berbarengan dengan terbenuknya perbukitan kapur.

Jenis pantai yang mirip dengan teluk membuat pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang. Berbeda dengan pantai - pantai selatan pada umumnua. Bahkan di beberapa tempat harus di pasang papan peringatan di larang berenang. Selain itu, pinggiran pantai yang landai juga dapat di gunakan anak-anak untuk bermain pasir.

Wisata Dekat Pantai Ngrenehan

  • Pantai Ngobaran
  • Pantai Drini
  • Pantai Nguyahan
  • Pantai Sepanjang
  • Pantai Baron
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai ngrenehan gunung kidul yang begitu fenomenal. Jika berlibur ke jogja pastikan mampir di salah satu tempat wisata gunung kidul lainya yang terkenal dengan pemandanganya yang ekostis.