Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Ngrumput Gunung Kidul, Tempat Camping Seru

Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput - Mengabiskan akhir pekan dengan menikmati pantai berpasir putih merupakan hal seru yang di inginkan banyak orang apalagi bagi mereka yang sering bekerja seharian. Berlibur ke jogja tentu tidak pas bila belum mengunjungi Kabupaten Gunung Kidul. Daerah yang menyimpan banyak destinasi pantai patut anda sambangi, Salah satu wisata yang menyuguhkan pemandangan pasir putih yang cantik adalah Pantai Ngrumput.

Pantai Ngrumput memiliki pemandangan yang sangat cantik dan berbeda dari pantai-pantai lainya. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih serta beberapa batuan karang yang berada di sekitar kawasan pantai yang menambah nilai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Bergeser ke sebelah timur pantai terdapat sebuah bukit yang bernama Bukit Kosakora. Ketika berada di puncak bukit, anda dapat melihat pemandangan pantai ngrumput yang sangat indah sejauh mata memandangan dari puncak bukit kosakora. Wisatawan yang ingin melihat pemandangan dari puncak harus berjalan kaki menyusuri anak tangga yang cukup banyak.

Pantai Ngrumput Gunung Kidul, Tempat Camping Seru
Pemandangan dari bukit kosakora (Picture Ig / jogjascnery)
Pantai ini masih satu arah dengan Pantai Drini. Untuk menuju ke lokasi sudah dapat di lalui menggunakan kendaraan motor maupun pribadi. setibanya di parkiran, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 20 menit dengan melewati persawaahan serta perbukitan.

Baca Juga: Pantai Sanglen, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul 

Lokasi Pantai Ngrumput

Pantai ini sangat mudah di temukan karena lokasinya yang dapat di jangkau menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Lokasi Pantai Ngrumput berada di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Anda dapat menggunakan goggle maps untuk menemukan lokasi pantai ini.


Rute Menuju Pantai Ngrumput

Bagi anda yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menjangkau pantai ini. Pertama, anda harus melalui pantai drini kemudian menyusuri pantai dengan berjalan kaki. Bagi anda yang menggunakan motor bisa parkir di Pantai Drini.

Dari pusat kota jogja arahkan kendaraan anda menuju Sambipitu kemudian menuju ke Lanud TNI Gading - Siyono - Bundaran Tugu BPD lurus ke timur sampai ke daerah Wonosari lalu lanjutkan perjalanan menuju Jl Baron - Tanjungsari lalu menuju Pos Retribusi kemudian ikuti saja arah menuju Pantai Drini.

Bagi pengunjung yang berasal dari jawa tengah dan sekitarnya bisa melalui arah Klaten - Yogyakarta - Wonosari lalu menuju Pos retribusi pantai baron kemudian melalui Pantai Drini dan sampai di lokasi wisata.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat wisata di Kulon Progo 

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput

Wisatawan yang akan memasuki lokasi wisata akan di kenakan biaya masuk. Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput Gunung Kidul sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan retribusi Pantai Drini, Drini, Baron, Krakal, Kukup, Indrayanti, Sepanjang, dan Pantai Watu Kodok.

Sedangkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebsar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi serta Rp20.000 untuk bus. Pengunjung yang akan mencoba spot foto selfie di bukit karang akan di kenakan biaya sebesar Rp2.000 per orang.

Fasilitas Pantai Ngrumput

Fasilitas yang dapat pengunjung gunakan cukup lengkap, wisatawan di haruskan menjaga, merawat serta menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan, beberapa fasilitas yang dapat anda gunakan di antaranya
  • Tempat Parkir
  • Tempat Makan
  • Penginapan
  • Kamar mandi
  • Penyewaan alat camping
  • Warung

Daya Tarik Pantai Ngrumput

1. Pemandangan Bukit Kosakora
Puncak Bukit Kosakora dapat anda jumpai di sebelah timur pantai ngrumput. Di sana pengunjung juga dapat melihat pemandangan pantai dari ketinggian 50 meter. Selain itu, anda juga bisa menjadikan tempat ini sebagai spot foto dengan latar belakang landscape pasir putih yang cantik.

Bukit ini sebenarnya adalah destinasi wisata sendiri, namun biasanya wisatawan yang mengunjungi bukit kosakora pasti mampir ke pantai ngrumput yang berada di sebelahnya. Sebelum mencapai puncak bukit, penggunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri anak tangga.

2. Pemandangan laut 
Air laut yang berwarna biru alami membuat pengunjung penasaran untuk mengunjungi wisata yang satu ini. Keunikan ini bisa menjadi background foto untuk selfie, apalagi jika anda melihatnya dari puncak kosakora tentu tambah cantik. Keindahan air laut yang berwana biru ini terjadi secara alami karena pantai ini memiliki kebersihan yang bagus.

3. Pemandangan Rumput Laut
Sesampainya di lokasi wisata, pengunjung juga dapat melihat rumput hijau dan hewan laut yang unik. Rumput laut hijau terlihat sangat segar yang tumbuh di antara bebatuan karang.

Begitu pula dengan keberadaan hewan laut seperti ubur - ubur dan bintang laut yang dapat anda temui di tepi pantai. Pemandangan ini jarang di temukan di tempat lain, pantai pasir putih yang bersih di tambah dengan batuan karang sekitar pantai.

Pantai Ngrumput Gunung Kidul, Tempat Camping Seru
Pemandangan yang Cantik dari Puncak Kosakora (Picture Ig/ nanangdwiaji_)
4. Camping
Kegiatan camping biasnya identing dengan mendaki gunung. Kali ini anda tidak perlu susah payah untuk mendaki gunung hanya untuk menikmati suasana camping di pantai ngrumput. Wisatawan dapat merasakan sensasi camping di tepi pantai sambil menikmati malam dengan tenang.

Jika di lihat dari puncak kosakora, pantai gunung kidul ini selalu ramai di oleh tenda-tenda yang berjejer di sepanjang pantai. lokasi pantai yang masih asri dan tidak terlalu ramai menjadi alasan tersendiri bagi wisatawan memilih tempat ini.

Wisatawan yang akan bermalam akan di kenakan biaya sekitar Rp15.000 per tenda. Uang tersebut di gunakan untuk menjaga kebersihan sehabis camping, tidak hanya itu saja, pengelola pantai juga sudah menyediakan tempat sampah (trash bag) bagi pengunjung yang bermalam.

Selain itu, anda tidak perlu susah payah membawa perlatan camping dari rumah, sebab pengelola pantai juga menyediakan perlengkapan camping mulai dari tenda, senter, nesting, kompor dan perlengakpan lainya. Terdapat juga warung-warung yang menjajakan berbagai makanan ringan jika anda sedang kelaparan.

5. Kuliner Seafood
Setelah puas bermalam di pantai, rasa lapar pasti akan menghampiri. berwisata tanpa mencoba kuliner rasanya belum lengkap, hal ini menjadi peluang bagi para pengelola pantai ngrumput jogja. Terbukti dengan adanya berbagai warung yang menjajakan berbagai olahan seafood yang masih segar .

Makanan yang sangat identik di warung-warung tersebut adalah ikan bakar. Terlebih menu itu sangat cocok di santap saat malam hari sambil menikmati sausana malam yang syahdu. Selain itu, wisatawan juga dapat membeli secara langsung berbagai tangkapan laut dari nelayan.

Terkenalnya pantai gunung kidul tersebut karena kebersihanya karena pihak pengelola sangat serius menggarap wisata yang sangat potensial ini. Terbukti dengan penataan santiasi kamar mandi dan toilet yang sangat bersih, sehingga wisatawan dapat nyaman menikmati fasilitas yang tersedia.

Wisata Dekat Pantai Ngrumput

  • Puncak Kosakora
  • Pantai Greweng
  • Pantai Drini
  • Pantai Kesirat
  • Pantai Jungwok
  • Pantai Wohkudu 
Penutup
Berikut di atas artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai ngrumput gunung kidul. Pengunjung juga bisa mencoba salah satu tempat wisata di gunung kidul seperti bukit bintang, heha sky view dan masih banyak lagi wisata lainya.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.