Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Sadeng Gunung Kidul, Suasana Perkampungan Nelayan

Pantai Sadeng

Pantai Sadeng - Berlibur ke jogjakarta kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi wisata pantainya yang cantik-cantik. Kota yang terkenal dengan wisata sejarah, budaya, dan seninya itu menyimpan banyak sekali wisata pantai berpasir putih. Salah satu wisata tersebut adalah Pantai Sadeng.

Pantai Sadeng merupakan salah satu objek wisata pantai di Gunung Kidul. Pantai ini juga di sebut dengan surganya para nelayan. Banyak wisatawan lokal maupun luar daerah yang sering mengunjungi pantai ini. Awal mula di sebut dengan surganya nelayan berasal dari datangnya nelayan Gombong yang mendirikan perkampungan pada sekitar tahun 1980-an. Setelah berjalan kurang lebih 35 tahun berjalan, kampung ini berkembang menjadi sebuah tempat destinasi wisata. Selain itu, pantai sadeng juga merupakan muara sungau Bengawan Solo Purba.

Wisatwan yang berkunjung ke objek wisata ini juga dapat mencoba salah satu tempat yang unik yaitu Telaga Suling. Telaga suling sendiri adalah sebuah telaga yang menampung sisa air sungai bengawan solo purba. Telaga ini juga memiliki dua perbukitan kapur yang memanjang dengan sebuah lembah yang berada di tengah-tengah.

Pantai Sadeng Gunung Kidul, Suasana Perkampungan Nelayan
Dermaga Pantai Sadeng Gunung Kidul (Picture Ig / infojogja.com)

Saat mengunjungi pantai ini pada pagi hari, anda dapat melihat para nelayan yang sedang mempersiapkan perahu untuk melaut. Jika sedang beruntung, anda juga dapat melihat nelayan pulang melaut dengan membawa berbagai hasil laut seperti ikan, udang, dan hasil laut lainya. Pengunjung juga bisa membeli secara langsung hasil laut di tempat pelelangan ikan.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo 

Lokasi Pantai Sadeng

Wisatawan dapat dengan mudah untuk menemukan tempat objek wisata ini. Selain itu, akses jalan yang sudah bagus dapat menghemat waktu perjalanan anda. Wisatawan akan melewati jalan dengan medan naik turun dan berkelok-kelok. 

Alamat Pantai Sadeng Berada di Dusun Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Sadeng

Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute sebagai jalan menuju pantai sadeng. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Panembahan Senopati kemudian lurus menuju Jl Raya Jogja lalu menuju Jl Kusumanegara lurus ke selatan sampai di Jl Gedong Kuning.

Seribanya di Jl Gedong Kuning ambil perempatan ke timur menuju Jl Wonosari kemudian menuju Jl Nasional, ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan Jl Kyai Legi dan menuju Jl KRT Judodiningrat. Ikuti saja jalan tersebut sampai tiba di Jl Sadeng, ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk jalan menuju Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja kurang lebih 84 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam 30 menit dengan lalu lintas normal.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng

Bagi wisatawan yang akan menikmati keindahan pasir putih dan perbukitan karang tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi.

Fasilitas Pantai Sandeng

Obek wisata yang memiliki pemadangan yang indah ternyata memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas yang tersedia, pengelola wisata berpesan akan turut menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa fasilitas di antaranya:
  • Tempar parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Penginapan
  • Pelelangan ikan

Daya Tarik Pantai Sadeng

1. Wisata Kuliner
Selain terkenal dengan pemandangan pasir putihnya, pantai ini juga memiliki wisata kuliner yang cukup lezat. Pengunjung dapat mencoba aneka olahan seafood yang enak sambil menikmati suasana sekitar pantai. Harga makananannya pun sangat bersahabat di kantong. Menikmati kuliner bersama keluarga di akhir pekan membuat liburan anda semakin seru.

Pengunjung juga dapat membeli secara langsung ikan yang habis di tangkap oleh nelayan di tempat pelelangan ikan yang berada di sekitar pantai. Anda dapat membelinya dengan harga yang sangat bersahabat tentunya, selain murah kondisi ikanya pun sangat segar.

Pantai Sadeng Gunung Kidul, Suasana Perkampungan Nelayan
Pasir putih dan sampan yang tersusun rapi (Picture Ig / evvant)
2. Bebatuan Karang
Keunikan lain yang dapat anda temui adalah bebatuan karang yang memecah ombak. Batu ini hampir sama dengan batu pemecah ombak di Pantai Glagah. Perbedaanya terletak pada penyusunanya yang sedikit lebih rapi. Saat air laut surut, pengunjung dapat melihat bebatuan dengan sangat jelas.

Pengunjung juga dapat menikmati pemdangan pantai siung dari pelabuhan. Meski memiliki tempat pelelangan ikan, tempat ini cukup terjaga kebersihaanya. Bagi anda yang ingin melihat aktivitas nelayan, pastikan datang pada saat pagi atau sore hari.

3. Menikmati Pantai
Walaupun tidak memiliki ukuran yang cukup luas, namun pantai ini memiliki pesona yang tak kalah indah dengan pantai-pantai di gunung kidul lainya. Berbagai aktivitas yang dapat anda lakukan di pantai ini seperti mendirikan menara pasir, bermain di sekiar pantai dan berbagai aktivitas lainya.

Objek wisata ini memiliki tempat yang bisa anda gunakan untuk memancing. Memancing sambil menikmati suasana sekitar pantai dapat membuat liburan anda semakin seru.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat menyewa kapal nelayan untuk memancing di tengah laut. Karena memiliki bebatuan karang yang cukup banyak, pantai ini menjadi tempat yang memiliki banyak ikan. Pemancing dapat menemukan berbagai jenis ikan dari ikan kerapu, tuna, hingga ikan kakap.

Pantai Dekat Sadeng
  • Pantai Timang
  • Pantai Wediombo
  • Bengawan Solo Purba
  • Pantai Drini
  • Pantai Ngugap
  • Pantai Indrayanti 
Penutup
Berikut adalah artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai sadeng gunung kidul. Wisatawan juga dapat mengunjungi salah satu tempat wisata gunung kidul lainya selain pantai. Bagi anda yang sedang liburan, tetap menjaga protkokl kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak, dan menjaga kebersihan.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.