Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Sadranan Gunung Kidul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Sadranan Gunung Kidul

Pantai Sadranan Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Sidoarjo, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Pantai Sadranan -  Berlibur ke jogja kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi daerah gunung kidul. Daerah yang berada disebelah timur jogja ini menyimpan banyak destinasi wisata. Salah satu wisata yang kebereadaanya cukup tersembunyi dan masih asri adalah Pantai Sadranan Jogja.

Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai berpasir putih yang sangat lembut, tah heran bila banyak wisatawan menyamakan wisata ini dengan pantai kuta, bali. Selain itu, diobjek wisata ini wisatwan akan melihat batu karang yang ukuranya cukup besar. Di sekitar pantai juga terdapat pepohonan yang cukup lebat.

Pantai Sadranan Gunung Kidul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gambar Pantai Sadranan Gunung Kidul (Instagram : marisbung)

Ciri khas dari pantai ini adalah karakteristik ombak yang relatif kecil, penyebab utama ombak kecil di pantai sadranan gunung kidul adalah keberadaan pulau kecil dan beberapa gugusan karang. Karena memiliki ombak yang relatif kecil, tempat ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling.

Baca Juga: Pantai Greweng Gunung Kidul, Tempat Pertapaan Soekarno

Sejarah Pantai Sadranan

Penamaan Sadranan sebagai nama pantai, berasal dari kata "Nyadaran". Yaitu sebuah tradisi budaya jawa yang berupa pembersihan makam leluhur, tabur bunga dan kenduri. Upacara adat ini biasanya dilakukan menjelang datangnya bulan Ramadhan.

Lokasi Pantai Sadranan

Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini harus melewati tanjakan dan tikungan disepanjang perjalanan. Tetapi tenang, akses jalanya dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor.

Alamat Pantai Sadranan berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Sadranan

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata ini tidak perlu khawatir karena lokasinya sangat mudah ditemukan menggunakan goggle maps. Jika anda berada dipusat kota jogja bisa menggunakan rute sebagai berikut.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jalan Wonosari, setibanya di wonosari ambil arah ke kanan menuju Pantai Baron. Setibanya di pantai baron, ikuti saja jalan tersebut ke timur hingga menemukan papan penunjuk menuju objek wisata.

Sedangkan jika anda sedang berada klaten bisa menggunakan berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Cawas - Semin  - Watukelir - Karang mojo - Tanjungsari. Jarak yang akan anda tempuh sekitar 70 kilometer dan membutuhkan waktu perjalnan kurang lebih 2 jam dengan kondisi lalu lintas normal.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

Bagi wisatawan yang akan menikmati panorama pantai sadranan gunung kidul akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Tidak hanya itu saja, wisata ini juga menyediakan berbagai macam wahana yang dapat anda nikmai. Untuk harga sewa jetski sendiri mulai dari Rp150.000 hingga Rp250.000 rupiah per orang.

HARGA TIKET PANTAI SADRANAN
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Sewa Jetski Rp 200.000
Snorkeling Rp 50.000
Tenda Cap 4 Rp 50.000

Fasilitas Pantai Sadranan

Berbicara mengenai fasilitas, wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan dapat menggunakan berbagai fasilitas yang sudah tersedia. Pengelola wisata berharap kepada pengunjung untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. beberapa fasiltias di antaranya:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Penginapan
  • Warung makan
  • Snorkeling
  • Mushola
  • Gazebo

Jam Oprasional

Objek wisata Pantai Sadranan buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 Jam.

Penginapan Pantai Sadranan

Walau memiliki luas yang cukup kecil, fasilitas objek wisata ini cukup lengkap, termasuk penginapan. Sebagian besar penginapan berupa homestay yang dikelola oleh warga setempat.

Keadaan homestaynya pun cukup nyaman dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Sedangkan untuk harga sewanya sendiri berkisar Rp100.000 hingga Rp200.000 per malam. Beberapa penginapan di pantai sadranan sebagai berikut
  • Penginapan Bungalo Bambu
  • Sadranan Restu & Penginapan
  • Penginapan Wilujeng
  • Sumantri Cotttages

Daya Tarik Pantai Sadranan

Snorkeling

Pantai Sadranan Gunung Kidul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Snorkeling Pantai Sadranan (Image Source: Instagram)
Wisata ini sangat cocok buat anda yang baru belajar snorkeling. Pemandangan yang ditawarkan sungguh sayang untuk dilewatkan. 

Terdapat berbagai aneka terumbu karang dan biota lainya seperti ikan nemo dan jenis ikan lainya yang cukup langka. Wisatawan yang akan menikmati snorkeling di pantai sadranan wonosari akan dikenakan tarif sebesar Rp50.000 per orang.

Waktu yang paling bagus untuk snorkling mulai dari jam 06.00 - 08.00 pagi dan sore pada pukul 04.00 - 18.00. Biasnya aktivitas snorkeling ramai pada saat sore hari, selain teduh, wisatawan juga dapat melihat pemandangan matahari tenggelam (Sunset).

Baca Juga: Pantai Baron Gunung Kidul, Pemandangan Teluk dari Mercusuar

Camping Ground 

Bagi anda yang gemar camping di alam bebas tak perlu susah payah untuk mendaki gunung. Dipantai ini juga tersedia tempat camping yang cukup luas, pengunjung dapat mendirikan tenda dan membuat api unggun.

Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat camping, yaitu tidak boleh membuang sampah bekas perbekalan camping ke wisata ini. Sebab jika anda melanggar akan kena tegus pengelola wisata. 

Bagi anda yang tidak sempat membawa peralatan camping seperti tenda, bisa menyewa di objek wisata ini dengan harga Rp50.000 untuk kapasitas 4 orang.

Bermain Kano

Selain aktivitas snorkeling, pengunjung juga bisa mencoba salah satu aktivitas bermain perahu kano. Di pantai ini pengunjung juga dapat mendayaung perahu kano sambil menikmati keindahan sekitar yang didominasi oleh bukit karang.

Pengunjung yang akan mencoba wahana ini akan dikenakan tarif sewa sebesar Rp50.000 untuk setiap jamnya.

Bagi anda yang pertama kali mencoba wahana ini tidak perlu khawatir, sebab anda akan dipandu langsung oleh pemandu yang sudah ahli.

Menikmati Sunset 

Menikmati sunrise di panai merupakan hal yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jika anda sedang berada dipantai sadranan jogja pastikan anda harus melihat pemandangan sunsetnya yang menawan.

Keindahan pantai ini bakal akan lebih terasa. Matahari perlaham tenggelam di balik berisan berkutan karang yang tak kalah mempesona. Cahaya oren matahari dan birnya langit serta hijaunya pepohonan menjadi perpaduan yang mengesankan.

Satu hal yang cukup spesial di pantai sadranan jogja, yaitu keberadaan batu karang yang berukuras besar ditengah laut. Batu tersebut menjadi foreground yang membuat komposisi saat moment matahari tenggelam.

Wisata Dekat Pantai Sadranan

Pantai Ngandong

Pantai Ngandok merupakan pantai yang berdekatan dengan Pantai Sundak. Pantai ini memiliki bukit besar yang berada di sebelah pantai. Uniknya lagi pantai ini memiliki pasir putih serta bukit karang yang menghalangi ombak masuk ke bibir pantai.

Alamat Pantai Ngandong berada di Sidoarjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Sundak

Sama halnya dengan pantai gunung kidul lainya, Pantai Sundak memiliki pasir berwarna putih bersih. Disekitar pantai juga terdapat bebatuan karang yang berserakan. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Alamat Pantai Sundak berada di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai sadaranan gunung kidul. Bagi anda yang bosan dengan wisata pantai bisa mengunjungi tempat wisata di gunung kidul lainya. 

Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.