Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Sarangan, Wisata dengan Perbukitan di Gunung Kidul

Pantai Sarangan

Pantai Sarangan - Gunung Kidul merupakan salah satu daerah di yogyakarta yang menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik. Daerah ini terkenal dengan wisata pantai yang berpasir putih dan perbukitan karang yang berada di sekitarnya. Salah satu pantai yang cukup terkenal di Gunung Kidul adalah Pantai Sarangan. 

Pantai gunung kidul ini memiliki bentuk yang sedikit melengkung dengan garis pantai yang kecil. Panjang garis pantai ini kurang lebih 200 meter, dengan garis pantai yang pendek pantai ini menyimpan keindahan alam berupa bukir sarangan yang indah.

Mungkin banyak wisatawan yang masih asing dengan pantai ini. Pantai ini selalu di kunjungi oleh wisatawan setiap harinya walaupun jumlahnya tidak tentu. Menurut wistawan yang pernah mengunjungi tempat ini, karakteristiknya hampir mirip dengan Pantai Krakal yang memiliki pasir putih dengan keberadaan batuan karang di sepanjang bibir pantai.

Selain itu, karakteristik ombak yang kecil pengunjung juga dapat bermain pasir maupun berenang di sekitar pantai. Hal unik yang akan pengunjung jumpai ketika air sedang surut, pengunjung dapat melihat dengan jelas tumbuhan laut seperti rumput laut, binatang laut dan ikan-ikan kecil.

Pantai Sarangan, Wisata dengan Perbukitan di Gunung Kidul
Pemandangan dari Bukit Jujugan (Picture Ig / journey_traveling)

Karena memiliki bebatuan karang yang keras dan cukup tajam, pengunjung harus sedikit berhati-hati ketika bermain di pinggiran pantai. Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam juga bisa mencoba mendaki Puncak Gunung Kiri atau Bukit Jujugan yang berada di sebelah barat pantai.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat wisata di Kulon Progo

Lokasi Pantai Sarangan

Wisatawan dapat menemukan lokasi pantai ini dengan mudah karena lokasinya masih satu arah dengan Pantai Krakal dan Pantai Drini. Akses menuju lokasi juga dapat di lalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor.

Alamat Pantai Sarangan berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Sarangan

Untuk menuju pantai sarangan wisatawan yang berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan lalu menuju Jl Panembahan Senopati. Setibanya di perempatan arahkan kendaraan anda ke selatan menuju Jl Brigjen Katamso kemduian ke timur menuju Jl Kolonel Sugiono.

Setibanya di pertigaan, kemudian menuju ke Jl Sisingamaraha kemudian lurus sampai menemukan Jl Imogiri Barat kemudian ke timur menuju Jl Bakulan Imogiri lalu ke Jl Imogiri Siluk, ikuti saja jalan tersebut sampai di Jl Siluk Panggang.

Setibanya di Jl Siluk Panggang kemudian ke timur menuju Jl Pantai Selatan Jawa lalu ke selatan ke Jl Pantai Krakal, ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk menuju pantai sarangan gunung kidul.

Harga Tiket Pantai Sarangan

Wisatawan yang ingin bermain pasir maupun berenang dapat menuju langsung ke lokasi wisata. Selain memiliki pemandangan yang indah pengunjung akan di kenakan biaya masuk dengan murah. Harga Tiket Masuk Pantai Sarangan sebesar Rp10.000 per orang itu sudah termasuk dengan tiket masuk pantai baron dan pantai pok tunggal

Pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk mobil serta Rp15.000 untuk kendaraan mini bus.

Baca Juga: Pantai Ngrenehan, Pesona Teluk di Tengah Perbukitan

Fasilitas Pantai Sarangan

Selain memiliki pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat bermain pasir maupun berenang di pinggiran pantai. Sedangkan untuk fasilitas wisata ini masih dalam tahap pembangunan oleh masyarakat sekitar dan pemerintah terkait, beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan di antaranya:
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Gazebo
  • Penginapan
  • Mushola
  • Area Camping

Daya Tarik Pantai Sarangan

1. Bukit Jujugan
Seperti kita tahu, pantai ini memiliki perbukitan karang yang berada di sebelah barat. Tebing tersebut bernama Bukit Jujugan pantai sarangan. dari puncak bukit tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan fasilitas yang sudah tersedia. Keindahan pantai ini tidak hanya ada pada bukit, tetapi perpaduan antara air laut yang berwarna biru dan langit yang cerah membuat pengunjung berah berlama-lama di tempat ini.

Keberadaan Bukit Jujugan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, mereka bisa melakukan berbagai aktivitas di bukit ini seperti memancing. Menurut masyarakat sekitar di sekitar bukit tersebut menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan yang cukup besar.

2. Puncak Giri
Tidak hanya bukit jujugan saja yang memiliki pemandangan yang indah, di sekitar pantai terdapat sebuah tempat yang bernama Puncak Giri. Untuk menuju puncak pengunjung harus berjalan kaki dengan melewati beberapa anak tangga yang sudah terbuat dari semen.

Saat berada di puncak, pengunjung akan di suguhkan dengan pemandangan jajaran pantai mulai dari pantai krakal, kukup, sepanjang dan drini. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin berfoto preweding dengan latar belakang pantai yang luas. Bagi anda yang ingin foto preweding akan di kenakan biaya kurang lebih Rp300.000 ribu.
Pantai Sarangan, Wisata dengan Perbukitan di Gunung Kidul
Pemandangan dari Bukit Jujugan (Picture Ig / Janeytra)
3. Camping
Menariknya lagi, pihak pengelola pantai sudah menyediakan tempat bagi pengunjung yang akan mendirikan tenda atau camping. Pemandangan saat camping pun tak kalah keren, apalagi jika anda mendirikan tenda di sekitar batu karang tentu akan menambah camping semakin seru.

Pengunjung yang camping harus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah bekas camping sembarangan.

4. Penginapan
Bagi anda yang datang dari luar kota tidak perlu khawatir tentang penginapan, karena di sekitar pantai terdapat banyak hotel, homestay, villa bahkan resort yang memiliki keunggulan dan harga yang berbeda-beda tentunya.

Salah satu penginapan yang cukup terkenal di sekitar pantai adalah The Royal Joglo yang berlokasi di Area Hutan, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Harga yang di tawarkan pun cukup beragam mulai dari 350 ribu hingga 2 juta permalam.

Fasilitas yang anda dapatkan cukup lengkap seperti tempat tidur yang sangat nyaman dan berbagai fasilitas lianya. Karena memiliki bentuk joglo nuansa rumah adat jawa akan sangat terasa di penginapan ini. Selain itu, tempatnya sangat bersih wangi dan nyaman untuk di gunakan.

The Royal Joglo dapat anda boking di situs-situs travel dengan harga yang beragam.

Wisata Dekat Pantai Sarangan

  • Pantai Krakal
  • Pantai Kukup
  • Pantai Sepanjang
  • Panai Drini
  • Pantai Sadranan
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai sarangan gunung kidul. Wisatawan juga dapat mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya yang menarik.