Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Sepanjang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Pantai Sepanjang Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kemandang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Pantai Sepanjang - Berlibur ke jogja tentu kurang lengkap rasanya jika belum berkunjung ke wisata pantai berpasir putih. Berbicara pantai tentu kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Gunung Kidul. 

Daerah yang berada di sebelah timur kota jogja ini menyimpan banyak tempat wisata yang memukau salah satunya adalah Pantai Sepanjang.

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai berpasir putih di Gunung Kidul. Susana wisata ini cukup tenang, sehingga pengunjung dapat leluasa untuk bermain disekitar bibir pantai. Hamparan pasir putih yang berwarna kecoklakan menambah kesan seolah-olah anda sedang berlibur di bali.

Uniknya lagi, saat air laut sedang suru wisatawan dapat melihat bebatuan karang yang memiliki bentuk beragam disetiap sudutnya. Batuan karang tersebut menjadi tempat tinggal berabgai biota laut seperti bintang laut, ganggang laut, bulu babi, dan kerang-kerangan yang terdapat pada celah-celah lubang bebatuan.

Pantai Sepanjang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gambar Pantai Sepanjang (Source : Instagram)

Saat air sedang surut, biasanya masyarakat setempat berburu berbagai biota laut mulai dari rumuput laut hingga kerang-kerangan. Kemudian mereka menjualnya dan ada juga yang dikonsumsi sendiri. 

Banyak aktivitas yang dapat anda lakukan setibanya di wisata ini mulai dari berenang dan bermain air ditepian pantai. Namun hal yang harus anda waspadai adalah jangan bermain air laut terlalu tengah, mengingat pantai selatan memiliki ombak yang cukup besar dan berbahaya.

Baca Juga: Pantai Kukup Beach, Wisata ala Tanah Lot di Gunung Kidul

Sejarah Pantai Sepanjang

Banyak wisatawan yang heran, mengapa tempat ini dinamakan sepanjang. Pemberian nama tersebut karena kondisi pantainya yang memanjang. Faktanya, nama wisata ini diambil dari garis pantai yang cukup panjang dari pada pantai di gunung kidul pada umumnya.

Memang kabupaten ini memiliki banyak wisata pantai yang lokasinya berdempetan, tapi biasanya wisata lainya tidak memiliki garis yang panjang. Hal ini karena disebabkan adanya bukit karang yang menjadi pembatas antar pantai.

Sedangkan, wisata ini memiliki perbukitan disebelah barat dan timur, tetapi memiliki garis pantai yang cukup panjang. Jadi itulah asal usul pemberian nama pantai sepanjang wonosari

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Lokasi Pantai Sepanjang

Wisatawan dapat menemukan dengan mudah objek wisata  ini, karena lokasinya yang tidak jauh dari wisata pantai gunung kidul lainya seperti Pantai Drini di sebelah barat dan Pantai Kukup disebelah timur. 

Akses menuju lokasinya pun sudah cukup bagus dan dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor.

Alamat Pantai Sepanjang berada di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Sepanjang

Dari Jogja Kota

Untuk menuju pantai sepanjang jogja anda dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju daerah Piyungan kemudian menuju Jl Pathuk lalu menuju Jl Wonosari. 

Selanjutnya, arahkan kendaraan anda menuju arah Jalan Baron, kemudian lanjutkan perjalanan menuju Jalan Kemadang, ikuti tersebut hingga menemukan pertigaan. Sesampainya di pertigaan arahkan kendaraan anda ke kiri menuju  Kukup, kemudian ke timur hinnga menemukan lokasi objek wisata.

Selain itu, anda bisa menggunakan rute Tepus - Indrayanti - Sundak - Krakal hingga sampai tujuan.

Jarak yang akan anda lalui sejauh 60,3 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 50 menit dengan kondisi lalu lintas normal.

Dari Bantul

Pertama arahkan kendaraan anda menuju Purwosari, kemudian melwati Jalan Panggang dan akan tembus ke Jalan Pantai Selatan Jawa. Ikuti saja jalan tersebut sampai tiba di daerah Saptosari dimana Pantai Nguyahan dan Pantai Ngobaran berada. 

Kemudian lurus hingga menemui pertiggan baron lalu belok kanan. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pantai.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali.

Harga Tiket Masuk Pantai Sepanjang

Untuk menikmati wisata pasir putih yang indah, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Harga tiket masuk pantai sepanjang sebesar Rp10.000 per orang. 

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

HARGA TIKET PANTAI SEPANJANG
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Pantai Sepanjang

Pantai yang berada digunung kidul hampir mirip dengan pantai yang berada di kuta, bali. Wisatawan juga dapat menikmati beberapa fasiltias yang tersedia, pengelola wisata berharap supaya wisata untuk tetap menjaga serta merawat fasilistas yang sudah ada. 

Mereka juga berpesan agar pengunjung tetap membuang sampah pada tempatnya. Beberapa fasiltias diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Hotel & Penginapan
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Spot foto
  • Spot Santai

Jam Buka Pantai Sepanjang

Tidak berbeda dari wisata pantai gunung kidul lainya, pantai ini bisa anda kunjungi kapan saja termasuk malam hari.

Namun yang harus anda perhitungan sebelum mengunjungi pada malam hari adalah kondisi jalanya yang sepi dan minim penerangan. Oleh sebab itu, lebih baik datang pada saat pagi hingga sore hari.

Daya Tarik Pantai Sepanjang

Berbagai Oleh-oleh

Liburan kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh. Disekitar pantai sepanjang terdapat warung yang menjajakan berabgai pernak-pernik yang bisa anda beli. Menariknya lagi, cindramata tersebut dibuat dari karang laut yang berada dipinggir bibir pantai. Masyarakat setempat memanfkatnya menjadi sebuah karya yang memiliki nilai jual.

Berkat ide kreatif masyarakat setempat, membuat roda ekononimi masyarakat setempat berputar. 

Camping

Pantai Sepanjang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pantai Gunung Kidul (Image Source: Instagram)
Bagi anda yang berasal dari luar daerah pasti tidak cukup 1 sampai 2 jam saja untuk menikmati keindahan pantai sepanjang jogja, ada cara yang murah dan menyenangkan. 

Pengunjung dapat bermalam dengan mendirikan tenda ditepi pantai. Menikmati suasana malam di tepi pantai tentu akan menjadi pengalaman tersendiri yang berkesan.

Pengunjung yang medirikan tenda ditepi pantai tidak perlu khawatir mengenai keselataman. Di lokasi tersebut sudah ada yang bertugas untuk menjaga keamanan pengunjung yang camping dengan berpatroli setiap saat.

Biasanya pengunjung mendirikan tenda dipinggiran pantai. Saat sore hari pengunjung juga dapat bermain air sambil menunggu matahari tenggelam. Kondisi ombak yang sedikit besar membuat anda harus sedikit berhati-hati ketika berenang.

Malam harinya anda dapat membuat api unggun sambil menikmati suasana malam disekitar pantai.

Spot Foto

Bagi anda yang memiliki hobi fotografer, tidak perlu khawatir. Di Pantai Sepanjang ini terdapat spot foto yang cukup menarik untuk diabadikan. Dengan suasana yang cukup ramai, tentu sangat cocok bagi anda yang aktif di media sosial. 

Dengan pemandangan latar belakang berupa pasir putih dan garis pantai yang panjang, tentu hasil fotonya akan menjadi lebih bagus.

Selain pemadangan yang menawan, wisatawan juga dapat melihat masyarakta setempat memancing di pinggiran pantai. Biasanya mereka memancing ikan pada saat pagi dan sore hari.

Situs Bersejarah Banyusepuh

Daya tarik selanjutnya dari pantai ini adalah situs banyusepuh. Lokasinya tak jauh dari pantai sepanjang. Menurut masyarakat setempat, situs ini berupa air yang seriung digunakan oleh para walu untuk membasuh pusaka mereka. 

Warga setempat biasanya memanfaatkan sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun saat ini situs tersebut sudah tidak berfungsi seperti dulu kala. Kurangnya perhatian dan perawatan membuat mata air tersebut menjadi kotor serta terdapat tumbuhan liar disekitar mata air.

Wisata Dekat Pantai Sepanjang

Pantai Baron

Pantai Baron merupakan salah satu pantai gunung kidul. Pantai ini memiliki air tawar dan air asin sekaligus. Konon setiap 5 tahun sekali, air ini bisa berubah arah yang dari semuka ke barat menuju ke timur.

Alamat Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Ngolang

Pantai Ngolang merupakan salah satu surga tersembunyi yang berada di Gunung Kidul. Keberadaan pantai ini belum terlalu terkenal karena akese menuju lokasinya cukup susah. Namun, pantai ini memiliki pemandangan yang indah yang tak kalah dengan pantai gunung kidul lainya.

Alamat Pantai Ngolang berada di Kemandang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai sepanjang. Bagi anda yang sedang berlibur di jogja sempatkan untuk mengunjungi pantai ini.

Di jamin anda tidak akan kecewa atau bisa juga untuk mengunjungi salah satu tempat wisata digunung kidul lainya. Tetap menjaga prokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencucui tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.