Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Seruni Gunung Kidul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Seruni Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.
Pantai Seruni - Berlibur ke jogja, pastikan anda harus mengunjungi gunung kidul yang terkenal dengan pemandangan pantainya yang memukau. Salah satu wisata pantai jogja yang cukup terkenal adalah Pantai Seruni. 

Pantai ini masih sedikit pengunjung, karena hal tersebut pantai ini sangat bersih dan masih sangat asri. Salah satu pesona yang akan anda dapatkan ketika berkunjung ke pantai seruni jogja adalah keberadaan air terjun atau yang biasa disebut dengan gemercik air. 

Pantai Seruni Gunung Kidul, Tempat menikmati Kesunyian
Pantai Seruni Yogyakarta (Source : Instagram)

air terjun ini biasanya memiliki debit yang cukup tinggi pada saat musim penghujuan. Air tawar ini keluar dari celah bebatuan, biasanya masyarakat sekitar menggunakan air ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Sejarah Pantai Seruni

Penamaan pantai ini di ambil dari sebuah bunga seruni (Chrysanthemun Chrysous) yang memiliki arti emas dan menjadi tempat mencari rejeki bagi masyarakt setempat dengan menyediakan berbagai jasa penyewaan.

Pada musim tertentu, ombak disekitar pantai cukup besar dan bisa mencapai bibir pantai. Jika anda sedang beruntung, anda dapat melihat dasar karang saat ombak sedang tenang atau surut.

Karena memiliki ombak yang cukup besar, wisatawan dilarang untuk berenang maupun bermain air disekitar bibir pantai. Pantai ini juga memiliki pemandangan dan suasana yang menenangkan. Biasanya wisatawan mengabadikan moment ini dengan berfoto disekitar pantai.

Baca Juga: Pantai Wohkudu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Pantai Seruni

Alamat Pantai Seruni berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisatawan akan menempuh jalan dengan medan berliku serta menanjak. untuk itu pastikan kendaraan anda dengan kondisi prima dan siap di pakai.

Rute Menuju Pantai Seruni

Jika anda sedang berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute ini untuk menuju ke pantai seruni jogja. Pertama, arahakan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan lalu menuju Jl Panembahan Senopati. 

Setibanya di perempatan ambil arah ke selatan menuju Jl Brigjen Katamso lalu ke timur melewati Jl Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ambil arah ke selatan menuju Jl Sisingamaraja.

Setelah itu, anda dapat menemukan lokasinya menggunakan bantuan aplikasi goggle maps.

Baca Juga: Pantai Siung, Panorama Pasir Putih dan Tebing Raksasa

Harga Tiket Masuk Pantai Seruni

Bagi wisatawan yang akan menikmati keindahan dan ketenangan wisata pantai seruni wonosari tidak perlu khawatirm mengenai harga tiket. Pengunjung akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut sudah satu retribusi dengan Pantai Krakal, Pantai Baron dan Pantai Pok Tunggal.

HARGA TIKET PANTAI SERUNI
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Pantai Seruni

Pengelola wisata sudah menyediakan berabagai fasiltias yang dapat wisatawan gunakan. Pengelola hanya berperpesan untuk menjaga fasilitas dan menjaga kebersihan lingkungan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan, beberapa fasilitas tersebut di antaranya:
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Penginapan
  • Spot foto

Daya Tarik Pantai Seruni

Panorama Pantai

Pantai Seruni Gunung Kidul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pantai Seruni Yogyakarta (Image Source: Instagram)
Pantai yang berada di gunung kidul ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Objek wisata ini berada di kawasan tepus, kecamatan tepus. Lokasinya besebelahan dengan Pantai Watunene. Akses menuju objek wisata satu arah dengan Pantai Pok Tunggal.

Wisatawan biasanya mengunjungi Pantai Pok Tunggal dan Pantai Indrayanti. Selain lebih terkenal, akses menuju lokasinya pun sangat mudah, disamping itu fasilitasnya pun lebih baik dan lengkap. 

Namun, wisatawan lebih tertarik mengunjungi pantai seruni wonosari karena lebih sepi dan keasrian pantainya masih terjaga dengan baik.

Pesona Keindahan

Sepinya pengunjung bukan berarti pantai ini tidak menarik. Justru dengan keadaan sepi, keasrian pantai ini masih terjaga dengan baik. Wisatawan dapat menikmapati hamparan pasir putih yang sangat halus dan bersih. 

Di sebalah barat juga terdapat perbukitan karang yang ditumbuhi oleh pohon pandan. Di bawahnya terdapat gua karang yang bisa anda sambangi. Sementara itu, disebelah timur terdapat barisan tebing.

Wisatawan juga dapat camping di sekitar pantai. Keasrian pantainya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan menikmati kesunyian.

Perbukitan Karang

Pantai gunung kidul terkenal dengan pasir putihnya yang menawan. keasrian pantai membuat biota laut bersinggah di antara bebatuan karang. Disini wisatawan juga dapat melihat aneka ragam biota laut mulai dari kerang, bintang laut, hingga rumput laut.

Disamping pantai juga terdapat Bukit Karang yang dapat anda kunjungi. Wisatawan harus berjalanan kaki dengan menaiki anak tangga untuk mencapai puncak bukit. Dari sini, Lahan di sekitar bukit yang tertutup oleh rumput hijau akan menambah kesan alami.

Wisata Dekat Pantai Seruni

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu menjadi salah satu pantai yang digemari oleh kalangan anak muda. Hal itu karena pantai ini memiliki pasir putih yang indah. Tidak hanya itu saja, pantai ini menjadi salah satu tempat camping jogja favorit.

Alamat Pantai Wohkudu berada di Desa Wiloso, Girikerto, Panggang, Gunung Kidul.

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo menjadi salah satu pantai yang sangat cocok untuk anda kunjungi ketika waktu luang. Pantai ini memiliki gari pantai uang luas dan berpasir putih.

Alamat Pantai Wediombo berada di Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai seruni gunung kidul. Bagi anda yang bosan dengan wisata pantai, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya. 

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.