Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Siung, Panorama Pasir Putih dan Tebing Raksasa

Pantai Siung

Pantai Siung - Berlibur ke jogja rasahnya kurang lengkap jika tidak mengunjungi wisata pantainya yang memiliki pasir putih. Di daerah Gunung Kidul menyimpa banyak destinasi wisata pantai pasirputihnya yang sangat terkenal, nama wisata tersebut adalah Pantai Siung. Pantai Siung terletak di antara perbukitan dan batuan karang yang cukup besar. Selain memiliki pasir putih, pemandangan alam di pantai ini juga sangat indah karena tempat ini terkenal sebagai lokas panjat tebing.

Wisatawan yang mengunjungi pantai ini juga dapat menikmati pemandangan dengan menaiki bukit yang berada di sebelah timur pantai. Terdapat juga jalan setapak yang di bangun oleh pengelola untuk memudahkan pengunjung untuk menuju bukit. Ketika berada di puncak bukit wisatawan dapat melihat keindahan alam berupa sawah miliki warga, laut biru hingga alam Purwodadri.

Pantai yang memiliki pasir putih ini juga dapat anda gunakan untuk bermain air maupun membangun isatana mini dari pasir putih. Selain itu, wisatawan juga dapat berenang di pinggiran pantai yang memiliki kedalaman hanya 1 meter saja. Walaupun memiliki kedalaman yang relatif rendah pengunjung harus tetap berhati-hati.

Pantai Siung, Panorama Pasir Putih dan Tebing Raksasa
Pemandangan Batuan Karang dan Air Biru yang Cantik (Picture Ig / vaniamarisca)

Bebatuan karang dan pegunungan yang berada di sekitar Pantai Siung cukup unik karena memiliki bentuk yang runcing. Sejarah Pantai Siung berasal dari bebatuan besar yang menyerupai gigi hewan kera atau Siung Wanara yang sampai ini di gunakan sebagai ikon pantai ini.

Baca Juga: Pantai Nglambor Gunung Kidul, Tempat Snorkeling Terbaik di Jogja

Lokasi Pantai Siung

Lokasi wisata ini dapat anda temukan dengan mudah, bisa mungganakan goggle maps atau bahkan bertanya orang ketika di jalan. Selain itu, akses jalan menuju tempat wisata sudah bagus berupa jalan aspal yang cukup luas. Alamat Pantai Siung berada di Duwet, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Pantai Siung

1. Kota Jogja
Rute menuju pantai ini sangatlah mudah, karena wisatawan akan melewati jalan aspal yang naik turun, tetapi jalanya sudah bagus. Bagi anda yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju ke lokasi pantai. Pertama, arahakan kendaraan anda menuju Jl Raya Jogja kemudian melewati Jl Kusumanegara. Setibanya di situ, arahakan kendaraan anda menuju perempatan melewati Jl Gedong Kunung.

Setibanya di Jl Gedong Kuning arahkan kendaraan anda ke timur menuju Jl Wonosari lalu lurus sampai menemukan perempatan menuju Jl Kyai Legi kemudian ke Jl Terpus selanjutnya menuju JL Pantai Selatan Jawa. Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk lokasi menuju wisata pantai siung.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja sekitar 73 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam 10 menit. Cepat lambatnya waktu tergantung dengan kondisi lalu lintas. Biasanya saat musim liburan tiba, waktu akan lebih lama karena di beberapa titik terdapat kemacetan.

2. Dari Jawa Tengah
Bila anda sedang berada di jawa tengah terutama Klaten bisa menggunakan rute ini untuk menuju ke lokasi wisata. Pertama, ambil arah menuju Jl Semanu kemduian ke Giripanggang. Selanjutnya, lanjutkan perjalanan menuju Sumberwungu  - Klayu - Gude dan Blekonang sampai ke Winangun. Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk lokasi menuju pintu masuk Pantai Siung.

3. Dari Solo
Bagi anda yang berada di Solo juga dapat mengunjungi ini dengan rute yang cepat dan tidak perlu memutar melewati jogja. Pertama dari Praci langsung menuju ke Rangkop atau Baran kemudian ambil arah menuju Nglinudur.

Ikuti saja jalan ke arah selatan sampai menemukan pertigaan Pasar Ngrancah lalu belok ke kanan sampai menemukan Pasar Jepitu. Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan pertigaan Winangun, kemudian belok ke kiri sampai menemukan lokasi pantai.

Pantai Siung, Panorama Pasir Putih dan Tebing Raksasa
Pemandangan pasir putih yang cantik (Picture Ig / apriyanto.58)

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Pengunjung yang ingin bermain pasir putih tidak perlu khawatir karena harga tiket masuknya masih terjangkau. Harga Tiket Masuk Pantai Siung sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan retribusi Pantai Jogan dan Pantai Nglambor.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 per motor, sedangkan untuk kendaraan pribadi sebesar Rp5.000 dan Rp10.000 untuk kendaraan bus.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Fasilitas Pantai Siung

Wisatawan yang berkunjung ke wisata ini dapat menggunakan beberapa fasilitas, fasilitas di sini cukup lengkap. anda harus menjaga serta merawat dan tidak membuang sampah sembarang di lokasi wisata.Beberapa fasilitas yang dapat di gunakan pengunjung di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Rumah makan
  • Penyewaan penginapan
  • Mushola
  • Warung
  • Pendopo
  • Gazebo
  • Kamar mandi
Jam Buka Pantai Siung beroprasi selama 24 jam, di sini juga menyedikan tempat untuk berkemah. Anda dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset sekaligus.

Daya Tarik Pantai Siung

Pantai ini juga memiliki banyak pesona yang sayang untuk anda lewatkan. Terdapat juga beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan saat berada di pantai ini, beberapa di antaranya:


1. Camping
Camping identik dengan mendaki gunung. Tetapi aktivitas ini dapat anda lakukan di pantai gunung kidul ini. Pengunjung juga di perbolehkan untuk bermalam di pinggiran pantai oleh pihak pengelola asalkan tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung lainya.

Bagi anda yang ingin camping harus mempersiapkan perbekalan yang cukup karena warung-warung di pinggiran tidak buka saat malam hari, Selain itu, anda harus membawa perlatan camping sendiri ya guys dari rumah.

Pantai Siung, Panorama Pasir Putih dan Tebing Raksasa
Bukit Pantai Siung (Picture Ig / tenarrr)
2. Panjat Tebing
Salah satu aktivitas yang sering di lakukan di pantai siung adalah olahraga panjat tebing. Hal itu di pilih karena pantai ini memiliki bebatuan karang yang pendek dan cukup tinggi sehingga memungkinkan untuk di panjat. Aktivitas panjat tebing sudah di lakukan sejak tahun 1989 di mana para pecinta alam jepang yang memulainya.

Sampai saat ini, aktivitas panjat tebing masih di lakukan oleh beberapa komunitas pecinta alam maupun komunitas panjat tebing Yogyakarta. Jika anda tertarik, anda juga dapat mencobanya.

Hal yang mengejutkan lagi adalah pantai ini pernah menyelenggarakan event ASEAN Climbing Gathering. Di mana saat itu terdapat peserta 250an orang dari berbagai negera di dunia. Tak heran pantai siung di juluki dengan The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

3. Pemandangan Bukit Karang
Aktivitas yang dapat anda lakukan selanjutnya dalah mencoba menaiki perbukitan karang yang berada di sebelah timur pantai. Setibanya di puncak, anda dapat melihat persawaahan hijau miliki warga dan birunya air lautan. Jalan menuju puncak bukit sudah bagus jadi anda tidak perlu takut lagi.

Meskipun begitu, pengunjung harus tetap berhati-hati karena di sekitar perjalanan terdapat tebing yang cukup curam. Demi keamanan lebih baik menggunakan sandal gunung atau sepatu saat melakukan pendakian. Sebab sandal tersebut bisa terhindar dari jalan yang licin.

Setibanya di puncak bukit, pengunjung dapat melihat panorama sawah hijau dan hamparan lautan biru yang cantik. Selain itu, terdapat spot foto yang bisa anda gunakan untuk menikmati sunset maupun untuk bersantai.

Wisata Dekat Pantai Siung

  • Pantai Nglambor
  • Pantai Jungwok
  • Pantai Ngrenehan
  • Bukit Pengilon
  • Pantai Timang
  • Pantai Wediombo
Penutup
Berikut di atas artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai siung gunung kidul. Bagi anda yang sedang berlibur ke jogja bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya yang terkenal dengan pantai pasir putihnya.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.