Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Slili Gunung Kidul, Pesona Pasir Putih yang Menawan

Pantai Slili Gunung Kidul

Pantai Slili - Gunung Kidul memiliki banyak tempat wisata yang menarik, Salah satu wisata pantai yang cukup terkenal di daerah ini adalah Pantai Slili. Pantai ini tak jauh dari Pantai Sandranan dan Pantai Krakal yang di pisahkan oleh dua bukit. Wisata ini memiliki luas sekitar 100 meter persegi, wisata ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan setiap harinya apalagi saat musim libur.

Pantai ini menjadi salah satu tujuan bagi wisatawan yang menyukai kegiatan Snorkling. Pengunjung juga dapat menyewa peralatanya di jasa penyewaan yang sudah ada di sekitar pantai. Harga penyewaan alat snorkeling pun cukup bersahabat, anda dapat melihat keindahan bawah laut selama 30 menit.

Pantai Slili juga memiliki nama lain yaitu Pantai Watu Lawang dan Slili Love. Pemberian nama tersebut karena terdapat sebuah pulau kecil atau yang biasa di sebut dengan bukit karang dan pada bagian bawahnya terdapat lubang yang menyerupai bentuk pintu.

Sedangkan untuk nama Slili Love di berikan karena terdapat hiasan yang menyerupai bentuk hati dengan bahan dasar bunga plastik yang melambangkan cinta terdapat tulisan cinta di bagian tengahnya bertuliskan Slili Beach. Tempat ini menjadi salah satu spot foto yang sering di gunakan para wisatawan.

Pantai Slili Gunung Kidul, Pesona Pasir Putih yang Menawan
Pemandangan Pasir putih dan air laut biru yang cantik (Picture Ig / exploerealamjogja)

Nama Pantai Slili berasal dari kata Mili yang berati Mengalir dalam bahasa jawa. Menurut cerita sekitar, dahulu pantai ini di temukan di sebuah goa yang terdapat di dinding batu karang. Nama goa tersebut adalah Lawang Watu yang memiliki arti Pintu Batu, goa tersebut memiliki sumber mata air di dalamnya.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Lokasi Pantai Slili

Pantai ini sangat mudah di jangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor karena jalan menuju lokasi sudah bagus. Lokasi Pantai Slili berada di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Slili

Bagi anda yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju ke pantai slili gunung kidul. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Panembahan Senopat lalu perempatan ambil arah ke selatan menuju Jl Brigjen Katamso kemudian menuju Jl Kolonel Sugiono. Sesampainya di pertigaan ambil arah ke selatan menuju Jl Sisingamaraja.

Setibanya di Jl Sisingamaraja ambil arah menuju Jl Imogiri Barat lalu ambil arah ke timur menuju Jl Bakulan Imogiri. Setibanya di pertigaan ambil arah ke barat menuju Jl Imogiri Siluk lalu menuju Jl Siluk Panggang. Ikuti jalan tersebut samapai menemukan pertigaan dan ambil arah ke timur menuju Jl Raya Panggang Wonosari. Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan Jl Pantai Selatan Jawa, lokasi pantai tidak jauh dari jalan tersebut.

Jarak yang akan anda tempuh untuk menuju lokasi wisata sekitar 65 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 50 menit tergantung dengan kondisi lalu lintas sekitar.

Harga Tiket Masuk Pantai Slili

Wisatawan yang akan menikmati suasana pantai yang cantik tidak perlu khawatir mengenai harga tiket. Harga Tiket Masuk Pantai Slili sebesar Rp10.000 per orang, harga tersebut sudah termasuk dengan wisata pantai yang berada sekitarnya. Bagi wisawatan yang menggunakan kendaraan pribadi akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp10.000 dan Rp2.000 untuk motor serta Rp15.000 untuk bus.

Jam Buka Pantai Slili

Bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah tidak perlu khawatir, karena Pantai Slili terbaru beroprasi selama 24 jam. Anda juga bisa menyewa penginapan yang berada di sekitar pantai. Banyak wisatawan yang memadati wisata ini setiap akhir pekan, apalagi pada saat musim libur wisatawan berbondong-bondong.

Fasilitas Pantai Slili

Pengunjung yang datang langsung ke wisata pantai gunung kidul ini dapat menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia. Wisatawan ingin menikmati pesona pantai pasir putih harus tetap menjaga fasilitas dan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembanrangan, beberapa fasilitas di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung Makan
  • Penyewaan alat snorkling
  • Penginapan
  • Spot Foto

Daya Tarik Pantai Slili

1. Keberadaan Pantai Perantara
Salah satu hal yang cukup populer dari wisata pantai slisi adalah letaknya yang di ampit oleh dua perbukitan sekaligus. Keberadaan dua bukit yang mengampit seolah-olah pantai menyerupai teluk yang berukuran mini.

Banyak pengunjung yang menjadikan pantai ini menjadi destinasi tujuan karena suasana wisata ini jarang di dapatkan di tempat lainya. Tak jauh dari lokasi terdapat beberapa gazebo yang dapat pengunjung gunakan untuk bersantai-santai di cafe slili sambil mengamati deburan ombak biru yang memukau.
Pantai Slili Gunung Kidul, Pesona Pasir Putih yang Menawan
Rumput hijau yang berada di bibir pantai menjadi daya tarik (Picture Ig/ jogja.istimewa)
2. Batu Karang
Selain memiliki pasir putih yang cantik, pantai ini juga memiliki panorama bebatuan karang yang menjadi nilai tambah tersendiri bagi pengunjung. Ukuran batu yang beraneka ragam dapat anda gunakan untuk berfoto maupun sebagai pijakan.

Tah hanya itu saja, pengunjung juga bisa menyusuri perbukitan yang lokasinya tak jauh dari pantai. Wisatawan dapat menikmati pemandangan dari ketinggian sampai bisa melihat Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Bukit ini juga menjadi salah satu tempat spot foto yang cukup menarik. Pengunjung dapat melihat matahari tenggelam atau sunset dengan sangat jelas.

3. Snorkeling
Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemadangan bawah laut pantai slili beach bisa mencoba salah satu wahana Snorkeling. Banyak tumbuhan maupun hewan laut yang dapat anda temui saat snorkeling. Bagi pengunjung yang ingin mencoba wahana ini bisa menyewa peralataan di pengelola wisata pantai yang berada di sekitar pantai.

Wisata Dekat Pantai Slili 

  • Pantai Drini
  • Pantai Wediombo
  • Pantai Sadraban
  • Pantai Wohkudu
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang pantai slili gunung kidul. Bagi anda yang ingin menikmati wisata gunung kidul selain pantai bisa mencoba berbagai tempat wisata di gunung kidul lainya yang tak kalah seru.