Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Sundak Gunung Kidul, Pantai Oase di Jogja

Pantai Sundak Gunung Kidul 

Pantai Sudak Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.
Pantai Sundak - Gunung Kidul merupakan daerah yang berada di sebelah timur kota jogja. Daerah ini memiliki banyak wisata yang sayang untuk dilewati jika sedang berlibur di jogja. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan air yang cukup jernih dan ombak yang menenangkan. Wisata tersebut adalah Pantai Sundak.

Pantai Sundak merupakan pantai yang memiliki pasir putih dan ombak yang cukup besar, wisatawan yang akan berenang maupun bermain air harus tetap berhati-hati. Selain bermain air, wisatawan juga dapat berjalan-jalan menikmati suasana keindahan pantai yang eksotis. Hal yang akan anda dapatkan ketika berkunjung ke pantai ini adalah keberadaan batu-batu karang kecil. Batu tersebut juga menjadi tempat persembunyian ikan kecil dan hewan laut lainya.
Pantai Sundak Gunung Kidul, Pantai Oase di Jogja
Keindahan pantai dari perbukitan karang (Source : Instagram)
Tak jauh dari Pantai Sundak Jogja juga terdapat perbukitan batu karang dan batu karang yang memiliki ketinggian kurang lebih 12 meter. Keberadaan bukit tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Selain menikmati pemandangan dari puncak bukit, pengunjung juga dapat mencoba menyusuri lorong atau goa.

Baca Juga: Pantai Siung, Panorama Pasir Putih dan Tebing Raksasa

Sejarah Pantai Sundak

Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar pantai, pada tahun 1930 terdapat goa yang masih terendam oleh air laut. Bahkan, air laut tersebut sampai menyentuh masjid yang berada didekat pantai. Semakin berjalanya waktu, terjadi perubahan geologi pantai selatan yang membuat permukaan laut dan airnya menyusut.

Hal uniknya lagi, ketika memasuki musim hujan volume air di sekiar pantai meluap. Oleh sebab itu, pantai ini seolah-olah memiliki daratan yang terbelah dan membentuk sebuah sungai. Masyarakat juga memberi nama sebutan Pantai Wedi Bedah.

Lokasi Pantai Sundak

Wisatawan yang akan mengunjungi pantai ini tidak perlu khawatir. Akses jalan menuju pantai sudah beraspal, sehingga memudahkan wisatawan untuk mengunjungi objek wisata ini. Hal yang harus anda waspadai adalah medan menuju pantai berupa tanjakan dan belokan yang cukup terjal. Oleh sebab itu, pastikan kendaraan anda tidak terdapat kendala sedikitpun.

Alamat Pantai Sundak berada di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan bermotor untuk menuju objek wisata ini.

Rute Menuju Pantai Sundak

Bagi anda yang sedang berada di malioboro bisa menggunakan rute ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Mayor Suryotomo kemudian melewati Jl Brigjen Katamso lalu menuju ke Jl Kolonel Sugiono. Setibanya di pertigaan, ambil arah menuju Jl Sisingamaraja kemudian ke Jl Imogiri Barat.

Sesampainya di Jl Imogiri Barat ambil pertigaan ke timur menuju Jl Bakulan Imogiri lalu menuju Jl Imogiri Siluk. Setelah itu, ambil arah menuju Jl Siluk Panggang - Jl Pantai Selatan Jawa, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan lokasi objek wisata.

Perjalanan dari pusat kota jogja hingga objek wisata menempuh jarak sejauh 66 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 50 menit dengan lalu lintas normal.

Baca Juga: Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Wisata Bernuansa Bali di Jogja

Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

Wisatawan yang akan menikmati suasana pantai yang bersih dan indah tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang (hari biasa) dan Rp6.000 (Wekkend). Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Wisata ini juga menyedian tempat santai berupa gazebo, anda dapat menyewanya dengan harga Rp10.000 - Rp20.000 per gazebo.

Fasilitas Pantai Sundak

Bila anda ingin mengunjungi pantai ini tidak perlu khawatir mengenai fasilitas. Pengelola wisata sudah membangun bebrapa fasilitas yang dapat anda gunakan, pengelola hanya berpesan untuk menjaga serta merawat  dan tidak membuang sampah sembarangan, beberapa fasiltias di antaranya:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Warung makan
  • Penginapan
  • Oleh-oleh

Daya Tarik Pantai Sundak

1. Penginapan Pantai Sundak
Menikmati suasana pantai terkedang membuat kita lupa wakti. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba penginapan di sekitar pantai yang terkesan nyaman dan murah. Anda tidak perlu jauh-jauh karena di sekitar pantai sudah disediakan penginapan khusus wisatawan yang berasal dari luar daerah.

Penginapan yang cukup terkenal adalah Omah Sundak. Penginapan ini hanya berjarak kurang lebih 350 meter dari pantai. Fasilitas yang disediakan pun sudah lengkap berupa kamar mandi dan lingkungan yang sangat bersih. Harga kamar permalamnya pun beraneka ragam mulai dari 250 ribuu hingga 1 juta permalam.

Selain penginapan, wisatawan juga dapat camping disekitar pantai. Kondisi sekitar pantai yang bersih dan rapi serta menyatu dengan alam menjadi daya tarik tersendiri bagi traveller. Menikmati malam ditemani dengan api unggun tentu menjadi hal yang tak terlupakan.

2. Kuliner Laut
Setelah puas bermain air, pasti badan anda akan terasa capek. Oleh karena itu, anda bisa mencoba berbagai kuliner di warung makan yang berrada disekitar pantai. Menunya pun beraneka ragam mulai dari ikan, udang, lobster dan masih banyak kalinya.

Bagi anda yang tidak menyukai hidangan laut bisa mencoba hidangan air tawar mulai dari ikan gurame, nila dan ayam bakar. Menariknya lagi pengunjung bebas memilih ikan apa saja yang akan dipesan.

Pantai Sundak Wonosari sangat cocok buat mengisi liburan akhir pekan anda bersama teman, sahabat dan keluarga. Selain memiliki pemandangan yang indah, ombak disekitar pantainya pun cukup kecil. Jadi jangan sampai anda lewatkan suasana pantai yang sangat indah ini ketika berkunjung ke jogja.

Wisata Dekat Pantai Sundak
  • Pantai Siung
  • Pantai Ngobaran
  • Pantai Pok Tunggal
  • Pantai Baron
Penutup
Berikit di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai sundak gunung kidul. Bagi anda yang ingin menikmati suasana wisata selain pantai, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat berlibur!
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.