Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Watu Lawang Gunung Kidul, Keindahan yang Tersembunyi

Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang - Gunung Kidul terkenal dengan tempat wisata pantainya yang cukup terkenal, tak hayal banyak wisatawan yang menyamakan daerah ini dengan pantai yang berada di Bali. Deretan pantai yang membentang mulai dari Pantai Siung, Pantai Indrayanti maupun Pantai Pok Tunggal yang terkenal dengan pasir putihnya. Baru - baru ini terdapat sebuah pantai yang tak kalah bagus, nama tempat tersebut adalah Pantai Watu Lawang.

Pantai Watu Lawang merupakan diampit oleh dua wisata sekaligus yaitu Pantai Indrayanti yang berada di barat dan Pantai Pok Tunggal yang berada di sebelah timur. Objek wisata ini terkenal dengan keindahan bebatuan karang dan pasir putih yang berada di sekitar objek wisata.

Nama pantai watu lawang sendiri berasal dari gua batu yang sering di gunakan oleh masyarakat untuk upucara adat sadranan, masyarakat jawa menyebutnya dengan upacara nyadran. Upacara adat ini dilakukan setiap bulan Sya'ban dalam kalender hijirah. Kata watu di ambil dalam bahasa jawa yang berarti Batu, jadi kepanjang dari watu lawang adalah batu yang mirip dengan pintu.

Pantai Watu Lawang Gunung Kidul, Keindahan yang Tersembunyi
Pemandangan Pasir putih yang indah (Picture Ig / explorealamjogja)

Menurut sesepuh sekitar, Dalam goa tersebut terdapat bekas kaki dari Prabu Brawijaya VI. Objek wisata ini juga terbagi menjadi dua tempat sekaligus, yaitu di sebelah barat goa dan di sebelah timur goa. Pantai gunung kidul ini memiliki bebatuan karang yang tersebar di beberapa tempat, selain itu terdapat cekungan yang biasanya di gunakan untuk rumah ikan-ikan kecil.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat wisata di Kulon Progo

Lokasi Pantai Watu Lawang

Objek wisata ini dapat kalian jangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Akses menuju lokasinya pun sudah sangat mendukung dengan jalan yang sudah beraspal. Hal yang menjadi kendala adalah lokasinya yang jauh dari pusat kota jogja.

Alamat Pantai Watu Lumbung berada di Girisubo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. 


Rute Menuju Pantai Watu Lawang

Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju objek wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan lalu menuju Jl Panembahan Senopati. Setibanya di perempatan ambil arah ke selatan menuju Jl Brigjen Katamso lalu menuju ke arah timur melewati Jl Kolonel Sugiono.

Perjalanan di lanjutkan dengan melewati Jl Sisingamaraja, kemudian ambil arah menuju Jl Imogiri Barat. Setibanya di pertigaaan ambil arah ke tumur menuju Jl Bakulan Imogiri, kemudian pertigaan ke barat menuju Jl Imogiri Siluk dan menuju Jl Siluk Panggang. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Jl Raya Panggang Wonosari lalu menuju Jl Pantai Selatan. 

Ikuti saja jalan tersebut ke arah timur sampai melewati Jl Trenggele Watulawang hingga menemukan objek wisata. Jarak pantai watu lumbung dari jogja kota sekitar 67 kilometer dan membutukan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam dengan lalu lintas normal.

Baca Juga: Pantai Siung, Panorama Pasir Putih dan Tebing Raksasa

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang

Wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai gunung kidul yang asri tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu banyak. Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang sebesar Rp10.000 per orang, Harga tersebut sudah satu retribusi dengan tiket masuk Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Kukup.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 per motor dan Rp10.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Pantai Watu Lawang Gunung Kidul, Keindahan yang Tersembunyi
Salah satu spot foto  pantai watu lawang yang keren (Picture Ig / aldy.jpg)
Jam Buka
Jam buka pantai watu lawang sendiri selama 24 jam. Pengunjung dapat datang kapanpun untuk menikmati suasana pantai yang sepi dan memiliki pesona memukau.

Baca Juga: Pantai Wediombo, Tempat Surfing Terbaik di Jogja

Fasilitas Pantai Watu Lawang

Selain memiliki pesona pantai yang indah, pengelola wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang dapat di gunakan. Wisatawan yang berkunjung di harapkan untuk ikut serta merawat dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa fasilitas di antaranya:
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Tempat parkir
  • Gazebo
  • Penginapan
  • Penginapan
  • Papan informasi

Daya Tarik Pantai Watu Lawang

1. Pemandangan Sekitar Pantai
Membahas pantai yang indah di gunung kidul tidak ada gunanya, pasalnya objek wisata ini memiliki daya tarik masing-masing mulai dari perbukitan baru karang hingga tempat snorkeling yang indah.

Nama watu lawang sendiri sudah tidak asing di telinga masyarakat gunung kidul. penamaan memiliki arti sendiri yaitu watu berarti baru dan lawang yang berarti pintu.

Meski di ampit oleh dua pantai sekaligus, pantai watu lawang masih terlalu asing di telinga wisatawan. Padahal pantai ini memiliki pesona yang tak kalah bagus dengan Pantai Indrayanti maupun Pantai Pok Tunggal. Di kelilingi oleh perbukitan karang dan goa membuat pantai yang menyerupa dengan pintu raksasa. Keberadaan goa tersebut membuat lebih cantik.

Pantai Watu Lawang Gunung Kidul, Keindahan yang Tersembunyi
Wisata pantai bernuansa Bali (Picture Ig / galang.rmdhn)
2. Bebatuan Karang
Berjalan kurang lebih 300 meter dari pantai indrayanti membuat wisata ini kalah pamor dan minim pengunjung, namun saat anda tiba di kaki pantai watu lawang jogja anda akan melihat pemandangan yang jarang di temui, yaitu berupa terowongan batu raksasa yang terbentuk secara alami.

Setelah melewati terowongan tersebut, anda akan menikmati udara pesisir laut yang sangat khas. Mata akan di manjakan dengan pemandangan hamparan pasir putih yang sangat bersih. Samudra hindia akan nampak sejauh mata memandang, karena tidak memiliki batu karang yang berada di tengah-tengah, ombak di sekitar pantai cukup besar.

3. Bersantai di pesisir
setibanya di lokasi wisata, anda akan di sambut dengan deburan ombak yang cukup deras. Kondisi badan yang cukup capek akibat perjalanan yang cukup jauh, anda dapat bersantai di gazebo pinggir pantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Menikmati angin yang sepoi-sepoi di tambah dengan kelapa muda akan membuat liburan anda terasa nikmat. Apalagi suasana sekitar yang masih sepi karena lokasi pantai yang tersembunyi.

Area pantainya yang cukup luas, wisatawan juga dapat bermain ombak maupun mendirikan menara pasir. Bagi anda yang gemar foto, tempat ini memiliki tempat unik di setiap sudutnya. Di sebelah timur terdapat perbukitan batu karang, anda bisa naik di atas bukit untuk mengabadikan foto.

Wisata Dekat Pantai Watu Lawang
  • Pantai Wediombo
  • Pantai Pok Tunggal
  • Pantai Kesirat
  • Pantai Siung
  • Pantai Sedahan
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai watu lawang. Bagi anda yang bosen dengan wisata pantai, bisa menggunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya seperti bukit bintang, heha ocean view, maupun heha view sky. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.