Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul, Wisata dengan Batu Raksasa

Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul bisa di katakan sebagai surganya pantai pasir putih yang berada di jogja. Pasalnya daerah yang berada di sebelah timur kota jogja ini memiliki pantai yang sangat indah. Sebut saja pantai yang sangat terkenal seperti Pantai Jungwok dan Pantai Wediombo yang memiliki pesona pasir putih seperti pantai di bali. Salah satu wisata tersebut adalah Pantai Watu Lumbung.

Pesona yang di dapatkan saat berkunjung ke pantai watu lumbung tidak usah ditanyakan lagi, karena pengunjung dapat melihat pemandangan dua buah batu besar yang berada di antara tengag pantai. Selain itu, objek wisata ini juga hampir mirip dengan Papuma yang terletak di Jember, Jawa Timur. Perbedaanya terletak pada bentuk bebatuanya.

Menurut masyarakat sekitar, penamaan pantai ini karena bentuk dari bebatuanya yang menyerupai lumbung. Pengunjung yang datang akan disambut dengan batu yang cukup besar yang konon menyerupai lumbung (tempat penyimpanan padi). Letak pantai ini sedikit menjorok kelautan, saat air sedang surut wisatawan juga dapat menyebrang dan melihat bebatuan karang dengan dekat.

Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul, Wisata dengan Batu Raksasa
Pemandangan yang sangat eksotis (Source : Ig / danarsibolang_)

Setibanya di pantai, wisatawan dapat melihat tumbuhan hijau dari atas yang menjadikan wisata ini terlihat lebih asri. Saat air sedang surut, wisatawan juga dapat melihat daratan dengan jelas.

Baca Juga: Pantai Wediombo, Tempat Surfing terbaik di Jogja

Lokasi Pantai Watu Lumbung

Wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini tidak perlu panik, karena akses menuju wisata dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Namun letak pantai ini cukup jauh dari pusat kota jogja.

Alamat Pantai Watu Lumbung berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Watu Lumbung

Jalan ke pantai watu lumbung dapat anda lewati saat anda sedang berada di pusat kota jogja. Pertama, arahkan kendaraan anda meuju Jl KH Ahmad Dahlan kemudian menuju Jl Panembahan Senopati, setibanya di perempatan ambil arah selatan menuju Jl Brigjen Katamso kemudian ke timur menuju Jl Kolonel Sugiono.

Sesampainya di Jl Kolonel Sugiono ambil arah ke selatan menuju Jl Sisingamaraja kemudiam ambil ke arah Jl Imogiri Barat. Setibanya di pertigaan ambil arah ke timur menuju Jl Bakulan Imogiri, setibanya di pertigaan ambil arah ke Jl Imogiri Siluk lalu melewati Jl Siluk Panggang, ikuti saja jalan tersebut sampai tiba di Jl Raya Panggang Wonosari.

Setibanya di Jl Raya Panggang Wonosari ambil arah ke selatan menuju Pantai Siung, ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk lokasi menuju Pantai Watu Lumbung Jogja. Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja menuju objek wisata sekitar 83 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam 30 menit dengan lalu lintas normal.

Baca Juga: Pantai Jungwok, Tempat para camping

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lumbung

Pengunjung yang akan menikmati suasana pantai yang indah dan pesona batu karang yang memukau tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lumbung sebesar Rp5.000 per orang, harga tersebut sudah satu tiket masuk dengan wisata pantai gunung kidul lainya.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Pantai Watu Lumbung

Fasilitas yand terdapat di objek wisata pantai ini belum terlalu lengkap, pengunjung dapat menggunakan tempar parkir dan beberapa warung kecil dan kamar mandi yang dapat wisatawan gunakan. Pengunjung harus membawa perbekal sendiri sebelum menyambangi objek wisata ini.

Baca Juga: Pantai Ngrumput, Tempat camping seru

Jam Buka
Kawasan wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun jika anda ingin camping di wisata ini sebaiknya datang pada saat siang atau sore hari. Hal itu karena akses jalan yang masih tanah dan kurangnya lampu penerangan di sekitar wisata.

Daya Tarik Pantai Watu Lumbung

1. Pemandangan Sekitar Pantai
Tidak hanya pasirnya saja yang memilki pesona memukau, melainkan batuan karang yang berada ujung pantai. Wisatawan yang akan mengunjunginya harus melewati bebatuan karang dan hamparan ombak yang cukup kecil. Terlepas dari itu, tetap banyak wisatawan yang ingin menuju ke batu karang yang berukuran raksasa tersebut.

Wisata ini memang cukup menarik dan sedikit berbeda dari pantai pada umumnya. Namun, pesona yang disuguhkan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan khusunya wisatawan yang beradasal dari luar daerah. 

Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul, Wisata dengan Batu Raksasa
Salah satu spot foto incaran wisatawan (Source : Instagram)
2. Pesona dari Puncak Bukit
Bagi wisatawan yang akan menikmati pemandangan dari perbukitan yang berada di sebelah kiri pantai harus mempersiapkan perbekal terlebih dahulu. Wisatawan harus berjalan kurang lebih 30 menit untuk melewati jalanan setapak tanah untuk mencapai puncak bukit.

Setelah berjalan kaki, wisatawan akan sampai di puncak bukit. Dari atas puncak, wisatawan akan di manjakan dengan panorama lautan biru yang sangat eksotis. Tidak hanya itu saja, anda juga dapat melihat bongkahan batu yang memiliki ukuran besar.

Dua batu tersebut menjadi ikon utama pantai watu lumbung gunung kidul. Batu yang berukuran besar merupakan watu lumbung yang bentuknya menyerupai lumbung padi. Sedangkan batu yang berukuran kecil bernama Watu Semar.

3. Berkemah & Menikmati Sunset
Bagi wisatawan yang mempunyai hoby fotografi, tempat ini sangat direkomendasikan untuk di kunjungi. Salah satu pemandangan yang harus anda nikmati saat berkunjung adalah matahari tenggelam atau sunset.

Hamparan batu karang menjadi hal unik tersendiri. Bebatuan yang merupakan hasil erupsi gunung purba batur pada zaman dulu akan nampak lebih cantik saat matahari tenggelam. Di samping itu, wisatawan juga dapat memancing ikan di sekitar batu karang sambil menikmati sunset.

Wisata Dekat Pantai Watu Lumbung
  • Pantai Drini
  • Pantai Ngrumput
  • Pantai Jungwok
  • Pantai Wediombo
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang pantai watu lumbung jogja. Selain itu, terdapat beberapa tempat wisata di gunung kidul selain pantai yang dapat anda kunjungi. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Selamat berlibur!