Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Wohkudu, Tempat Camping Terbaik di Gunung Kidul

Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Pantai Wohkudu - Berkunjung ke jogja kurang lengkap rasanya bila belum mengunjungi tempat wisatanya yang terkenal. Dikota pelajar ini wisatawan dapat menemukan berbaga jenis wisata mulai dari wisata pantai, wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner. Salah satu wisata pantai yang terkenal di gunung kidul adalah Pantai Wohkudu.

Pantai Wohkudu merupakan salah satu diantara banyak pantai yang berada di pantai selatan yogyakarta. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat wisata ini masih belum terkenal. Suasana hening dan sepi membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi Pantai Wohkudu Gunung Kidul.

Berada di antara perbukitan karang membuat pantai wohkudu jogja memiliki hamparan pasir yang cukup luas. Jika di bandingkan dengan Pantai Jungwok, Pantai Wohkudu sedikit lebih kecil dan tidak terlalu luas hamparan pasirnya. Namun hal ini tidak akan membuat wisatawan yang berkunjung kecewa, karena di objek wisata terdapat hamparan rumput hijau yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda.

Pantai Wohkudu, Tempat Camping Terbaik di Gunung Kidul
Camping di Pantai Wohkudu Yogyakarta, Gunung Kidul (Source Instagram : Jogja.istimewa)
Karena letaknya yang berada di sebelah barat jogja, membuat wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Setibanya diparkiran, wisatawan harus berjalanan kaki terlebih dahulu menyusuri perbukitan yang memiliki medan cukup terjal. Sepanjang perjalnan, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan hijau yang menjulang tinggi, jika sedang beruntung anda juga dapat melihat kera liar yang berada disekitar pepohonan.

Baca Juga: Pantai Siung, Panorama Pasir Putih dan Tebing Raksasa

Lokasi Pantai Wohkudu

Wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata ini tidak perlu khawatir mengenai tempatnya, lokasinya dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Hal yang harus anda perhatikan adalah jalan menuju pantai yang hanya muat satu mobil saja, apabila anda berpapasan dengan pengendara mobil lainya, salah satu harus menggalah.

Alamat Pantai Wohkudu berada di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Wohkudu

Bagi wisatawan yang sedang berada dikota jogja bisa menggunakan Terminal Giwangan sebagai titik utama. Pertama, ambil arah ke selatan menuju Jl Imogiri Timur lalu menuju Jl Imogiri dan diteruskan menuju Jl Selopaimiro  - Panggang. 

Setibanya di Panggang, ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan pertiggan dengan pohon beringin raksasa. Di sebelah pohon terdapat papan penunjuk menuju Pantai Gesing. Ikuti saja papan penunjuk tersebut hingga menemukan perempatan, kemudian belok ke kanan dan ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan gang dengan papan penunjuk menuju Papan Kesirat.

Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk menuju pantai Wohkudu dengan tempat parkir yang satu tempat dengan warung kecil. Disitulah anda akan menaruh kendaraan anda sebelum trekking menuruni perbukitan batu karang.

Baca Juga: Pantai Jungwok, Surga Tersembunyi Bagi Pecinta Camping

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu 

Objek wisata ini masih di kelola oleh masyarakat sekitar, sehingga bagi anda yang ingin masuk harus membayar retribusi terlebih dahulu. Wisatawan akan membayar tiket diportal desa terakhir sebelum masuk ke wilayah Pantai Wohkudu dan Pantai Kesiran. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp3.000 per orang. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Wohkudu

Pantai ini belum sepenuhnya di kelola oleh pemerintah terkait. Namun wisatawan dapat menikmati fasilitas yang sudah di bangun oleh warga sekitar. Beberapa fasilitas yang dapat digunakan wisatawan di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Warung makan
  • Tempat camping
  • Warung kecil
  • Kamar mandi
  • Api unggun
Jam Oprasional
Objek wisata ini tidak menerapkan jam oprasional, artinya wisatawan dapat berkunjung kapan saja, pengunjung juga dapat camping diobjek wisata pantai ini.

Daya Tarik Pantai Wohkudu

1. Pemandangan Pantai
Pantai ini memiliki pasir putih dengan birunya air laut. Pemandangan dipantai  adalah pepohonan dan rumput hijau yang berada disekitar pantai. Seperti yang ada dipantai ini, rerumputan hijau biasanya digunakan untuk camping.

Pantai ini memiliki lebar kurang lebih 25 meter, deretan pasir putih dan bebatuan karang yang sangat cantik membuat suasana pantai menjadi lebih hidup. Tidak hanya itu saja, pemandangan perbukitan karang yang ditumbuhi tetumbuhan hijau membuat suasana pantai makin asri.

2. Keberadaan bebatuan Karang
Pantai wohkudu jogja ini dipenuhi dengan bebatuan karang yang berada disetiap sudunya. Meski begitu, batuan karang ini tidak akan menggangu wisatawan yang akan menikmati keindahan baharari dipesisir pantai. Justru keberadaan bebatuan karang mempercantik pemandangan disekitar pantai.

Beberapa bebatuan karang ada yang membentuk seperti cekungan gaa, biasanya wisatawan memanfaatkan tempat tersebut untuk berfoto maupun sebagai tempat berteduh saat terik sinar matahari.

3. Aktivitas Camping
Jika anda mencari tempat untuk camping, pantai wohkudu gunung kidul tempat yang sangat direkomendasikan. Pantai ini memiliki tempat yang dikhususkan bagi wisatawan yang akan mendirikan tenda. Tempat tersebut berada di area rerumputan, hal ini juga memberi keuntungan bagi wisatawan karena lokasinya yang bersih dan asri. Selain itu, rerumputan juga dapat anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana pantai.

Tidak hanya itu saja, pengelola pantai ini juga menyediakan tempat untuk membuat api unggun. Lokasinya pun cukup strategis karena berada ditengah-tengah.

Hal unik lainya yaitu keberadaan tebing-tebing yang berada di sebelah kanan-kiri. Pada saat musim hujan, tebing ini juga dapat menghalau tenda dari guyuran air hujan, sehingga pengunjung akan lebih tenang. Tempat ini belum menyediakan persewaan alat tenda, sehingga anda harus membawa sendiri dari rumah.

Karena lokasnya yang berada cukup terpencil dan minimnya lampu penerangan, bagi wisatawan yang akan berwisata sebaiknya mengunjungi pada saat pagi hari atau siang hari. Anda bisa menyewa penginapan di pantai wohkudu terdekat.

4. Memancing
Selain dijadikan tempat untuk camping, pantai gunung kidul ini juga menjadikan tujuan para pemancing lokal maupun luar daerah. Berbagai macam ikan dapat anda dapatkan seperti ikan tuna, tongkol dan bandeng.

Biasnya para pemancing lebih mengincar lobser. Karena lokasinya berupa bebatuan karang, membuat lobster banyak singgah. Namun anda harus berhati-hati saat memancing karena bebatuan karang sediki licin ketika dipijak. 

Di tepi pantai juga terdapat gubuk-gubuk kecil yang terbuat dari kayu yang bisa anda gunakan untuk mempersiapkan alat pancing. Bahkan wisatawan atau pemancing, menaruh barang-barang mereka di gubuk kecil. Dari gubuk ini juga, wisatawan juga dapat bersantai-santai sambil menikmati deburan ombak yang sangat cantik.

Wisata Dekat Pantai Wohkudu
  • Pantai Kesirat
  • Pantai Drini
  • Pantai Wediombo
  • Pantai Ngrenehan
Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai wohkudu gunung kidul yang cukup terkenal. Bagi anda yang ingin menikmati wisata selain pantai bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. Selamat berlibur!
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.