Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Telaga Biru Semin Gunung Kidul, Wisata Waduk Jogja

Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Telaga Biru Semin - Berlibur ke gunung kidul anda dapat menemukan sebuah lubang bekas galian yang kini menjadi wisata yang cukup poluler di kalangan wisatawan. Tak hanya Wonosari yang yang terkenal dengan tempat wisatanya, Wisata Telaga Biru Semin juga tak kalah populer dengan wisata bukit bintang yang berada di wonosari.

Telaga Biru Jogja ini terletak di kecamatan semin. Telaga ini tidak hanya satu saja, melainkan beberapa telaga yang memiliki warna yang berbeda dan letaknya yang saling berdekatan satu dengan lainya. Jika mengamati dengan sekilas, wisata ini hampir mirip dengan Danau Kelimutu yang berada di Nusa Tenggara Timur.

Telaga Biru Semin Gunung Kidul, Wisata Waduk Jogja
Pemandangan telaga biru semin dari perbukitan kapur (Picture Ig / jalanjalandijawa)

Telaga biru ini terbentuk karena bekas penambang yang di tinggalkan oleh penambangaanya dahulu kala. Bekas tambang ini kemudian tergenang air hujan dan tergenang seperti danau hingga saat ini. Wisatawan dapat melihat kindahan telaga yang berwarna biru cerah dan beberapa warna lainya di sekitaran tambang.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo 

Lokasi Telaga Biru Semin

Wisatawan dapat menemukan dengan mudah objek wisata ini. Telaga yang memiliki pemandangan cantik ini sangat cocok untuk mengisi liburan anda bersama teman, sahabat bahkan keluarga.

Lokasi Telaga Biru Semin Gunung Kidul sendiri beralamat di Dusun Ngemplak, Desa Candi Rejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor untuk menuju ke objek wisata ini.

Rute Menuju Telaga Biru Semin

1. Jalur Utara
Wisatawan dapat melewati jalur utara jika sedang berada di pusat kota jogja. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Solo kemudian ambil arah menuju Cawas hingga di Prambanan. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju arah Sukoharjo dan melewati perbatasan antara Sukoharjo dan Gunung Kidul. Setelah itu, ikuti jalan cor blok saja kemudian anda kan sampai di telaga biru semin jogja.

Jogja - Jalan Solo - Prambanan - Cawas - arah Sukoharjo - Tugu perbatasan Sukoharjo & Gunung Kidul - Candirejo - Ngentak - Telaga Biru.

2. Jalur Selatan
Jalur selatan juga bisa anda lalui. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Wonosari kemudian ambil arah menuju Piyungan dan Bukit Bitang. Setelah itu, lanjutkan perjalanan anda menuju Sambipitu, pertigaan Lanud TNI AU Gading ke kanan menuju Jl Siyono.

Setibanya di Jl Siyono ambil arah menuju Wonosari kemudian menuju Selang. Selanjutnya arahkan kendaraan anda menuju Wiladeg dan menuju Perempatan Pasar Karangmojo ke utara.

Jogja - Jalan Wonosari - Jalan Piyungan - Wisata Bukit Bintang - Sambipitu - Lanud TNI AU Gading - Siyono - Wonosari - Selang - Wiladeg - Pasar Karangmojo - Semin - Pasar Semin - Jalan Waru Semin - Ngentak - Candirejo - Telaga Biru.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Semin

Bagi pengunjung yang ingin menikmati telaga yang berwarna cantik ini anda tidak perlu merogoh uang sepeserpun, alias gratis. Namun wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribati atau mobil.

Jam Buka Telaga Biru Gunung Kidul
Wisata ini beroprasi selama 24 jam, akan tetapi waktu yang bagus untuk menikmati pemandangan telaga adalah saat siang hari.

Fasilitas Telaga Biru Jogja Semin

Sebagai wisata yang memiliki pemandangan berupa air yang berwarna, pengunjung juga bisa bermain air di sekitar telaga atau sekdar berfoto ria. Pengelola wisata juga menyedian fasilitas pelampung bagi pengunjung yang akan berenang, harga sewa pelampung sekitar Rp10.000 per orang. Beberapa fasiltias di antaranya:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung makan
  • Penyewaan pelampung

Daya Tarik Telaga Biru Semin

1. Pemandangan dari puncak
Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan wisata semin gunung kidul dari atas puncak bukit. Untuk sampai di puncak bukit tersendiri anda harus berjalan kaki menyusuri beberapa anak tangga. Sepanjang perjalanan anda kan menjumpai pepohonan dan semak-semak yang berada di kiri-kanan jalan.

Seribanya di puncak, pengunjung dapat melihat dengan jelas telaga yang berbagai macam warna sejauh mata memandang. Banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai spot foto. Jika mengunjungi wisata ini sangat rugi bila tidak mengambil foto dari puncak bukit.
Telaga Biru Semin Gunung Kidul, Wisata Waduk Jogja
Foto dari perbukitan kapur (Picture Ig / infojogja)
2. Tebing yang Indah 
Hampir sama dengan wisata Watu Girig, Telaga biru gunung kidul terbentuk akibat kegiatan pertambangan. Kawasan yang dulu merupakan tambang batu kapur mulai di tinggalkan oleh para penambanganya akibat harga jual yang tidak sepadan dengan jeri payah.

Bekas galian kegiatan pertambangan, menjadikan tebing-tebing yang berada di sekitarnya nampak berwarna putih. Hal ini karena keberadaan pepohonan dan semuak-semak yang berada di sekitar tambang membuat tempat ini menjadi lebih eksotis.

3. Bermain Air
Setibanya di objek wisata, pengunjung juga dapat berbagai aktivitas seperti berenang. Pengelola wisata juga sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang mulai dari pelampung dan balon. Anda harus menyewa terlebih dahulu dengan harga Rp10.000 per pelampung.

Berwisata di objek wisata ini akan lebih seru jika anda mengajak teman, sahabat atau keluarga. Wisata sangat di rekomendasikan untuk anda kunjungi ketika sedang berlibur di jogja.

Wisata Dekat Telaga Biru Gunung Kidul
  • Embung Nglanggeran
  • Embung Batra Sriten
  • Puncak Watu Puyung
  • Watu Lumbung
  • Gunung Gambar
Penutup
Berikut di atas artikel dari yanacircle.com tentang wisata telaga biru semin gunung kidul. Anda juga bisa mencoba salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya seperti wisata pantai. Tetap jaga prokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. Selamat berlibur!