Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Tlogo Muncar, Wisata Air Terjun di Jogja Terbaru

Tlogo Muncar Kaliurang

Tlogo Muncar Harga Tiket: Rp8.000 Jam Buka: 08.00-16.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55882.

Tlogo Muncar Kaliurang - Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak destinasi wisatanya. Tak hayal jika daerah ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan selain bali. Dikota ini wisatawan dapat mencoba berabagai tempat wisata mulai dari wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata alam. Salah satu wisata yang berada di jogja bagian utara yang cukup terkenal yaitu Tlogo Muncar Kaliurang.

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang merupakan salah satu wisata alam air terjun yang berada di Kabupaten Sleman tepatnya berada di lereng Gunung Merapi, hal yang membuat air terjun ini berbeda dengan lainya adalah suasana disekitar air terjun sangat sejuk. Tlogo Muncari memiliki ketinggian kurang lebih 30 hingga 40 meter serta berada diketinggian 878 dibawah permukaan laut. Oleh sebab itu, udara disekitar air terjun tersasa lebih sejuk.

Wisatawan yang akan mencoba destinasi wisata sleman ini tidak perlu ragu untuk mengunjunginya. Sebab air terjun ini memiliki air yang segar dan jernih, sumber air terjun ini berasal dari Bukit Lawangan yang lokasinya tidak jauh dari air terjun. Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata ini adalah saat musim hujan, saat musim kemarau air terjun tidak terlalu deras.

Wisata yang satu ini dapat anda kunjungi bersama, teman, sahabat maupun keluarga. Bagi anda yang sudah mempunyai buah hati, anda juga dapat mengajaknya berlibur di wisata ini ,sebab di area wisata juga sudah disediakan wahana kusus anak-anak. Oleh sebab itu jangan lupa mengabadikan foto dengan latar belakang air terjun dan beberapa monyet liar.

Air Terjun Tlogo Muncar, Wisata Air Terjun di Jogja Terbaru
Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang (Source : Ranselhitam.com)
Selain itu, wisata ini juga menyediakan tempat untuk camping bagi wisatawan yang akan bermalam. Biasanya tempat ini digunakan oleh mahasiswa untuk kegiatan makrab. Dengan berkemah di sekitar air terjun, anda dapat merasakan suasana alam yang sangat asri.

Baca Juga: Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia

Lokasi Air Terjun Tlogo Puncar

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang ini dapat ditemukan dengan mudah lokasinya dengan menggunakan goggle maps. Selain itu, akses menuju lokasinya sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor. Namun, anda harus melewati jalan yang menaik dan beberapa tikungan. Oleh sebab itu, pastikan kendaraan anda dengan kondisi normal dan tidak ada kendala sedikitpun termasuk rem.

Alamat Air Terjun Tlogo Puncar berada di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


Rute Menuju Air Terjun Tlogo Muncar

Wisatawan yang akan berkunjung ke wisata air terjun tlogo muncar ini tidak perlu khawatir karena lokasinya sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun motor. Bagi anda yang sedang berada di pusat kota jogja seperti malioboro dan sekitarnya bisa menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi wisata tlogo muncar.

Pertama, arahkan kendaraan anda ke barat menuju Jl KH Ahmad Dalan hingga menemukan perempatan lalu ambil arah ke utara menuju Jl Letjen Suprapto kemudian lurus hingga melewati bundaran.

Dari bundaran kemudian ambil arah menuju Jl Tentara Pelajar, lurus ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan perempatan lalu belok ka timur menuju Jl Gigo Gatu, sampai diperempatan ambil arah ke utara menuju Jl Griya Taman Sari. Dari griya taman sari lurus kemudian belok kanan hingga menemukan perempatan lalu ke utara menuju Jl Jogja-Turi.

Dari Jl Jogja-Turi lurus hingga menemukan perempatan lalu ambil jalan menuju Jl Turi hingga menemukan perempatan lalu ambil arah ke utara menuju Jl Boyonh, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Lokasi Wisata Air Terjun Tlogo Muncar.

Jarak yang akan anda tempuh dari malioboro hingga Air Terjun Tlogo Muncar wisata sekitar 30 kilometer dan membutuhakan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: The Lost World Castle Tiket, Spot Foto, Lokasi & Rute Terbaru 2021

Harga Tiket Masuk Air Tlogo Muncar

Wisatawan yang akan menikmati keindahan air terjun yang tinggi dan indah tidak perlu merogoh kocek terllau dalam. Sebab pengunjung yang akan memasuki Air Tlogo Muncar Kaliurang ini akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp8.000 per orang. Harga tersebut cukup murah bukan, dan sebanding dengan pemandangan yang akan didapatkan nantinya.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Air Terjun Tlogo Muncar

Pihak pengelola wisata Tlogo Muncar sudah menyediakan beberapa fasilitas penunjang yang dapat wisatawan gunakan. Mereka berpesan supaya tetap menjaga keasrian dan tidak merusak fasilitas yang sudah ada. Beberapa fasilitas tersebut diantarnya
  • Tempar parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung makan dan minum
  • Penginapan disekitar air terjun

Daya Tarik Air Terjun Tlogo Muncar

  • Keindahan Air Terjun

Lokasi air terjun tlogo muncar yang berada diketinggian 875 mdpl membuat wisatawan yang berkunjung akan merasakan udara sejuk khas pegunungan. Selain itu, air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 hingga 40 meter. Dengan ketinggian yang cukup bagus, wisata air terjun tlogo muncar ini sangat cocok buat anda yang ingin mendapatkan foto dengan latar belakang air terjun.

  • Suasana Alami

Berada di pedesaan yang cukup dalam, membuat suasana yang akan anda dapatkan nampak asri dan hening. Namun, dengan suasana yang begitu nyaman tentu akan menghilangkan stress anda akibat bekerja perkotaan yang sangat bising. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin mencari wisata alami, wisata tlogo muncar sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi.

  • Keberadaan Monyet Liar

Lokasinya yang sangat asri, membuat binatang hutan seperti monyet nyaman tinggal ditempat tersebut. Jika anda sedang beruntung, anda dapat melihat monyet liar yang bergelantungan disekitar air terjun. Biasanya mereka muncul saat cuaca sedang cerah. Bagi anda yang takut dengan monyet tersebut tidak perlu khawatir, sebab mereka sudah terbiasa dengan kehadiran wisatawan.

  • Tempat Bersantai

Berkunjung ke wisata air terjun jogja tentu identik dengan aktivitas bermain air seperti berendam dan berenang. Namun bagi wisatawan yang tidak ingin basah-basahan juga dapat bersantai digazebo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Bersantai digazebo sambil menikmati makanan yang dapat anda beli diwarung tentu akan membuat liburan anda semakin mengasikyan.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Wisata Dekat Air Terjun Tlogo Putri

1. Taman Wisata Kaliurang

Taman wisata kaliurang merupakan wisata yang sangat cocok bagi anda yang sudah mempunyai keluarga. Pemandangan diwisata ini sangat indah, anda dapat melihat berbagai pepohonan yang menjulang tinggi ditambah dengan pemandangan gunung merapi yang nampak sangat gagah.

Banyak diantara mereka bersantai bersama keluarga sambil duduk disekitar taman. Udara yang sejuk tentu akan membuat liburan semakin mengasyikan. Alamat Taman Wisata Kaliurang berada di Jl Siaga Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

2. Wisata Kaliurang Merapi Park

Merapi Park merupakan taman yang menyuguhkan The World Landmark, wisata ini menyediakan berbagai monumen terkenal didunia seperti Menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty, telepon umum London, Big Ben dan masih banyak lagi.

Minatur landmark ini juga dikelilingi dengan taman bunga yang sangat cantik, wisata ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin mendapatkan foto yang bagus dengan background yang beragam. Alamat Merapi Park berada di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

3. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang dibangun pada tahun 1994 dan terletak dilereng kaki gunung merapi yang memiliki udara pegunungan yang sejuk. Wisatawan dapat melihat berbagai budaya jawa peninggalaan kerajaan matataram dengan ditemani oleh pemandu wusata. Pemandu wisata akan menjelaskan semua barang hingga tempat yang ada dimuseum.

4. Spot Riyadi

Spot Riyadi Jogja menjadi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan khusunya wisata lokal, pengunjung dapat melihat pemandangan alam dari puncak tebing. Spot Riyadi Sleman merupakan wisata yang letaknya berada pekarangan milik warga yang bernapa Bapak Riyadi. Oleh sebab itu untuk mempermudah menemukan lokasinya, nama wisata tersebut diberi nama Riyadi.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata alam air terjun tlogo muncar. Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam sleman lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.