Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Alien Merapi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Batu Alien Harga Tiket: Rp50.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55583.
Batu Alien Merapi - Yogyakarta merupakan salah satu tujuan favorit para wisatawan setelah Bali terutama di kawasan wisata kaliurang. Salah satu tempat wisata di sleman yang cukup terkenal akibat letusan gunung merapi adalah Batu Alien Cangkringan.

Batu Alien Merapi salah satu saksi bisu letusan Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010 lalu. Batu yang berukuran cukup besar ini terserah akibat banjir lahar panas yang menyebabkan bentuk batu tersebut menyerupai wajah alien.  

Batu Alien Merapi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gambar Batu Alien Merapi (Source : Instagram)
Destinasi wisata batu alien kaliadem menyuguhkan pemandangan berupa wajah batu serta rumah-rumah bekas yang terkena dampak gunung merapi. Selain itu, para wisatawan juga dapat berkeliling di sekitar objek wisata batu alien dengan menggunakan paket wisata lava tour merapi jogja.
Baca Juga: Bukit Klangon Merapi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Batu Alien Merapi

Alamat Batu Alien berada di Jambu, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Batu Alien

Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota dan ingin menuju ke lokasi wisata kaliurang yang satu ini dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Mayor Suryotomo kemudian menuju ke barat dan belok ke kanan menuju Jl Mas Suharo Jembul. 

Setelah sampai di Jl Raya Kepuharjo-Cangkringan kemudian lurus mengikuti jalan tersebut hingga menemukan Jl Petung Merapi dan lurus lagi kemudian belok ke kanan di pertigaan yang bercabang lalu belok ke kiri menuju Jl Kaliadem Raya. Setelah itu kamu dapat menggunakan Google Maps.
Baca Juga: The Lost World Castle Tiket: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Batu Alien

Bagi anda yang ingin melihat penampakan batu yang menyerupai wajah bentuk alien tidak perlu khawatir. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

TIKET MASUK BATU ALIEN
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Biaya Camping Rp 10.000
Wahana Paralayang Rp 300.000 - Rp 400.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

NB: Batu Alien Merapi buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam. 

Fasilitas Batu Alien

Batu Alien Merapi menawarkan pemandangan Gunung Merapi dari dekat ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Pengelola wisata dan pemerintah terkait sudah membangun beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh wisatawan, beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Warung makan
  • Spot foto gunung merapi
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Gazebo
Baca Juga: Merapi Park Jogja: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Daya Tarik Batu Alien Merapi

Sejarah batu alien sendiri di berikan oleh masyarakat setempat karena memang jika dilihat dengan lebih jelas batu tersebut menyerupai wajah alien.

Nama batu tersebut memiliki arti tersendiri, Alien dalam bahasa jawa yang berarti Alihan, yang dimana batu besar tersebut bisa berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainya akibat terseret banjir lahar panas atau dingin dari gunung merapi.

Banyak tempat-tempat yang unik yang terbentuk akibat letusan Gunung Merapi, sehingga banyak warga setempat yang menjadikanya sebagai tempat wisata yang unik seperti The Lost World Castle dan Bunker Kaliadem. Kedua wisata tersebut merupakan salah satu contoh wisata yang terbentuk akibat letusan gunung merapi pada tahun 2010 silam.

Keindahan Alam

Batu Alien Merapi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Objek wisata batu alien (Image Source: Instagram)
Wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata yang satu ini tidak perlu khawatir lagi mengenai pemandanganya. Sebab wisatawan akan disuguhkan pemandangan berupa Gunung Merapi yang nampak gagah yang terlihat dari dekat. 

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga dapat merasakan udara khas pegunungan yang sangat sejuk dan rerumputan hijau yang sangat menyegarkan mata.

Ukuran Batu 

Batu yang berukuran besar memang sudah umum kita jumpai, tetapi batu yang satu ini memiliki bentuk yang cukup langka. Jika dilihat dari kedekatan batu ini menyerupai bentuk wajah alien yang sangat mirip.

Bukan dari fisiknya saja, batu ini juga memiliki sejarah yang sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat setempat. Agar tetapi menjadi wisata tujuan, pengelola wisata benar-benar merawat batu yang satu ini agar tetap alami.

Spot Foto Instagramable

Batu Alien Merapi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Lava tour batu alien (Image Source: Instagram)

Wisatawan yang akan mengunjungi Batu Alien Jogja ini tidak perlu khawatir, karena anda dapat menggunakan paket wisata lava tour merapi jeep untuk mengelilingi daerah wisata merapi. 

Namun bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak dapat menggunakan kendaraan bermotor maupun pribadi untuk menjangkau Batu Alien wisata merapi satu ini.

Di sekitar lokasi wisata juga terdapat spot foto berupa hamparan hutan yang luas tinggi sejauh mata memandang. Spot foto yang satu terbuat dari beberapa kayu yang cukup kuat. Wisatawan yang berkunjung ke batu alien kaliurang biasanya sering foto di tempat yang satu ini.

Kuliner Wisata

Liburan kurang lengkap rasanya jika belum merasakan masakan khas wisata setempat. Objek wisata yang satu ini wisatawan juga dapat bersantai sambil mencoba kuliner setempat, berbagai menu mulai dari kopi merapi, nasi telur hingga kuliner tradisional lainya. 

Bersantai sambil menikmati kuliner merupakan perpaduan yang cukup lengkap apalagi dengan latar belakang gunung merapi.

Wisata Dekat Batu Alien

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum yang memiliki konsep yang cukup unik, sebab letak museum ini berada di antara pepohonan hijau yang rindang. Koleksi benda yang berada di Museum Ullen Sentalu Jogja cukup lengkap. 

The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan salah satu wisata yang dekat dengan gunung merapi. Dahulu tempat ini merupakan desa yang terkena aliran lahar gunung merapi yang sudah rata dengan tanah. Kemudian masyarakat setempat memiliki inisiatif untuk membangun tempat wisata di tempat tersebut.

Stonehenge Merapi

Stonehenge Cangkringan atau yang biasa di sebut Stonehenge Merapi merupakan salah wisata dekat gunung merapi. Menurut cerita yang beredar, batu tersebut berasal dari erupsi gunung merapi kemudian disusun oleh masyarakat menyerupai dengan stonehenge di london.

The World Landmark Merapi Park

Merapi Park bisa juga disebut dengan The World Landmark karena objek wisata ini merupakan menyuguhkan beberapa landmark dunia seperti Menara Eiffel, Menara Pisa, hingga patung Liberty,  Telepon umum London, Menara Big Ben, Kotak Pos London dan masih banyak lainya.

Penutup

Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata batu alien yang berada di dekat bunker kaliadem. Bagi anda yang ingin mencoba wisata kaliurang lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.