Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukit Klangon Merapi, Wisata dengan Spot Foto Gunung Merapi

Bukit Klangon

Bukit Klagon Kaliurang Harga Tiket: Rp6.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kalitengah LorGlagaharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55583.

Bukit Klangon Merapi - Yogyakarta merupakan daerah yang menyimpan banyak destinasi tempat wisatanya yang sayang untuk dilewatkan jika sedang berlibur di jogja. Daerah yang terkenal dengan juluka kota gudeg ini menyimpan banyak sekali tempat wisata mulai dari wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah hingga wisata alam. Salah satu tempat wisata alam dengan latar belakang pemandangan gunung merapi yaitu Bukit Klangon.

Bukit Klangon atau yang biasa disebut dengan Wisata Alam Bukit Glagahrejo merupakan salah satu wisata yang berada di lereng gunung merapi. Wisata ini pernah mendapatkan donasi dari pengembang wisata dari Riotary International. Wisata ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan belum lama ini, padahal wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2011 lalu.

Bukit Klangon Yogyakarta dahulu dibuka setelah adanya erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu. Wisata Klangon ini dikelola oleh masyarakat sekitar, selain instansi pemerintah sleman juga turut ikut andil dalam pengembangan wisata berupa perluasan lahan parkir dan dibangunya beberapa spot foto yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Bukit Klangon Merapi, Wisata dengan Spot Foto Gunung Merapi
Gambar Bukit Klangon (Source : Instagram)

Bukit Klagon merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di yogyakarta bagian utara tepatnya didaerah Sleman. Bagi anda yang ingin melihat pemandangan gunung merapi dari dekat, wisata yang satu ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Selain itu, wisata ini juga memiliki gardu pandang yang dapat wisatawan gunakan untuk mengamati kemegahan gunung merapi dari dekat.

Gardu Panang di bukit klangon sleman memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter. Selain itu, diarea wisata juga digunakan sebagai tempat downhill. Tempat ini juga dikembangkan sebagai lintasan donwhill oleh beberapa komunitas peseda atas isin pemerintah dan masyarakat setempat. Biasnya dilokasi ini sering diadak event-event bala sepeda tingkat regional hingga nasional.

Baca Juga: The Lost World Castle Tiket, Spot Foto, Lokasi & Rute Terbaru 2021

Lokasi Bukit Klangon

Wisata alam yang satu ini lokasinya mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaran bermotor. Namun, lokasinya yang berada dilereng gunung merapi membuat anda harus melewati jalan menuju bukit klangon cukup berliku dan sedikit terjal. Oleh sebab itu, pastikan kendaraan anda dalam kondisi normal.

Alamat Bukit Klangon Merapi berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


Rute Menuju Bukit Klangon 

Bagi anda yang sedang berada dipusat kota jogja seperti tugu jogja, malioboro dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi wisata. Pertama, arahakan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan hingga menemukan pertigaan lalu belok ke utara menuju Jl Bhayangkara dan lurus hingga melewati Jl Jogonegaran.

Dari Jl Jogonegaran arahakan kendaraan anda hingga menemukan perempatan lalu ke utara menuju Jl Letjen Suprapto lurus, kemudian belok ke kanan menuju Jl Tentara Rakyat lurus teris hingga menuju Jl Magelang. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Bundaran Janti kemudian ambil ke timur menuju Jl Padjajaran hingga menemukan perempatan lalu menuju Jl Kaliurang.

Dari Jl Kaliurang arahkan kendaraan anda menuju Jl Pamungkas hingga menemukan pertigaan lalu ke timur menuju Jl Grogolan lurus hingga menemukan pertigaan lalu ambil arah ke utara menuju Jl Pasar Butuh, ikuti saja jalan tersebut hingga anda sampai di Wisata Bukit Klangon Jogja.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga lokasi wisata sekitar 37 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 20 menit menggunakan kendaraan bermotor. Bagi anda yang kesulitas menemukan lokasinya bisa menggunakan aplikasi goggle maps.

Baca Juga: Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon

Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan gunung merapi dari dekat, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Wisatawan yang akan memasuki bukit klangon akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp15.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Bukit Klangon

Wisata yang berada dilereng gunung merapi ini sudah menyediakan fasilitas yang lengkap untuk wisatawan. Fasilitas yang lengkap membuat wisatawan betah berlama-lama di wisata ini, namun pengunjung harus tetap menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa fasiltias tersebut diantaranya:
  • Kamar mandi
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Warung makan
  • Porter Sepeda
  • Area Downhill
  • Spot foto dengan latar belakang gunung merapi
  • Gazebo
Baca Juga: Museum Ullen Sentalu : Sejarah, Harga Tiket Masuk, Dan Lokasi 2021

Daya Tarik Bukit Klangon

Pemandangan Bukit Klangon

Bukit Klangon ini lokasinya berada di ketinggian kurang lebih 1.100 meter diatas permukaan laut. Kondisi tersebut membuat bukit klangon merapi terasa dingin, oleh sebab itu wisatawan yang akan berkunjung ke bukit klangon sebaiknya menggunakan jaket atau pakian tebal lainya.

Tidak hanya memiliki udara yang sejuk, pengunjung dapat menikmati panorama keindahan pemandangan dengan latar perbukitan hijau milik warga dan pepohonan yang rindang serta latar bekalang gunung merapi yang nampak gagah.

Saat cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat puncak gunung merapi yang menjulang tinggi. Berdiri kokoh dengan segala kehebatanya. Seolah menjadi penguasa alam yang palng disegani diantara wisata alam lainya.

Objek wisata ini dibuka pada tahun 2011 lalu setelah terjadi letusan gunung merapi yang cukup hebat pada tahun 2010. Wisata ini juga memiliki gardu pandang dengan ketinggian 5 meter. Dari atas gardu pandang, wisatawan dapat melihat dengan jelas pemandangan gunung merpai.

Namun jika anda sedang tidak beruntung, pemandangan tersebut akan terhalangi oleh kabut ketika siang hari. Selain itu, juga terdapat spot foto berupa panggung bambu. Dari spot foto tersebut wisatawan dapat melihat lembah yang berada di belakang, sehingga anda akan mendapatkan pemandangan dengan latar belakang yang memukau.

Selain menjadi objek wisata, kawasan wisata bukit klangon juga dijadikan sebagai hutan konservasi. Bahkan hutan ini terdapat sebuah prasasi Hutan Pendidikan Konservasi Koesnadi Hardhasoemantri (HPKKH). HPPKH pernah diresimikan oleh Menteri Kehutanana saat itu Bapak Zulkifli Hasan pada 9 desember 2012 dan diresmikan juga oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Area Downhill

Pengelola wisata bukit klangon juga sudah menyediakan beberapa fasilitas penunjang kegiatan downhill. Disini wisatawan dapat mencoba skill dan ketangkasan bermain sepeda di kawasan hutan dengan trek yang menantang. Di beberapa lokasi juga terdapat trek yang cukup memacu adrenaline, Bahkan tempat ini sering diadakan event berrsepda. 

Bukit Klangon Camping

Tidak hanya mendaki dan bermain sepeda, pengunjung juga dapat menikmati wisata alam sekitar dengan camping di bukit klangon. Diwisata ini juga terdapat lokasi yang cukup landai dan dapat digunakan untuk mendirikan tenda. Bermalam sambil menikmati pemandangan gunung merapi tentu akan menjadi hal yang tak terlupakan.

Bagi pengunjung yang akan mendirikan tenda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp10.000 untuk camping.
Peraturan dan sayarat camping di bukit klangon saat pendemi:
  1. Wajib membawa serta menggunakan maseker.
  2. Setiap satu orang harus memiliki handsanitizer.
  3. Harus tetap menjaga jarak
  4. Camping hanya di bolehkan pada malam sabtu, malam minggu dan saat libur nasional.
  5. Membawa peralatan camping sendiri
  6. Jumlah orang camping hanya dibatasi tidak lebih dari 100 oeang
  7. Tidak boleh melebihi kapasitas tenda.

Wisata Dekat Bukit Klangon

Bungker Kaliadem

Bungker Kaliadem merupakan wisata yang berada di lereng gunung merapi. Wisata ini banyak menyimpan bekas erupsi merapi pada tahun 2006 dan 2010. Bungker kaliadem berada diketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut. Wisatawan dapat melihat dengan dekat kemegahan gunung merapi dari objek wisata yang satu ini.

Museum Gunung Merapi

Musuem Gunung Merapi merupakan salah satu museum yang sangat bersejarah di Yogyakarta. Museum ini menyimpan banyak kisah tentang gunung merapi. Museum ini diresmikan oleh Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiantoro pada tahun 1 Oktober 2009 lalu. Museum ini juga dikenal dengan Merapi Jendela Bumi.

Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang Kaliurang merupakan wisata sejarah peninggal jepang yang berada disebelah selatan gunung merapi. Goa ini dibuat pada kurung waktu 1942 hingga 1945, sebagai tempat untuk berlindung dari tentara sekutu pada masa penjajahan jepang. Goa ini memiliki lorong yang berhubungan dari goa satu dengan lainya.

The Lost World Castle

Sekilas nama wisata The Lost World Castle Jogja memang sedikit menyeramkan, namun pemilihan nama tersebut karena wisata jogja tersebut memiliki desaign bangunan yang cukup unik.Kawasan ini dulunya adalah bekas desa yang hancur akibat letusan gunung merapi. Namun beberapa masyarakat mempunyai inisiatif untuk membangun destinasi wisata.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata bukit klangon kaliurang. Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam selanjutnya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman lainya. Tetap patui protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.