Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Abang: Lokasi, Daya Tarik, Fasilitas & Harga Tiket Masuk Terbaru

Candi Abang

Candi Abang Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 07.00-18.00 No. Telepon: - Alamat: Jogotirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55573.

Candi Abang - Yogyakarta merupakan suatu wilayah yang terkenal dengan destinasi wisatanya yang cukup lengkap. Daerah yang dijuluki sebagai kota budaya ini memliki banyak tempat wisata mulai dari wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah hingga wisata alam yang sayang untuk dilewatkan ketika berlibur dijogja. Salah satu wisata sejarah yang memiliki pemandangan perbukitan rumput hijau adalah Candi Abang.

Candi Abang merupakan salah satu candi peninggalan agama Hindu dan Budha yang berada di jogja. Namun, candi yang satu ini lebih mendekat dengan peninggalan agama hindu karena ditemukanya Yoni yang merupakan simbol tertentu agama Hindu. Berbeda dengan candi pada umumnya, Candi Abang Berbah Yogyakarta lokasinya diperbukitan hijau yang cukup luas.

Tidak hanya itu saja, dilihat dari namanya yaitu "Abang" yang dalam bahasa jawa berarti "Merah" maka wisatawan lokal pasti mengiranya dengan candi yang berwarna merah. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena candi ini sudah berupa reruntuhan yang sudah tidak bisa dipugar seperti candi-candi pada umumnya.

Candi Abang: Lokasi, Daya Tarik, Fasilitas & Harga Tiket Masuk Terbaru
Candi Abang Sunset (Image Source : Instagram)

Gunundukan tanah yang cukup tinggi membentuk layaknya bukit hijau yang kecil karena tertutup oleh rerumputan hijau saat musim hujan. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan layaknya bukit teletubis. Wisatawan juga dapat menaiki bukit hingga puncaknya, dari puncak wisatawan juga dapat melihat pemandangan sawah hijau dan Gunung Merapi yang sangat gagah.

Baca Juga: Candi Banyunibo : Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru 

Lokasi Candi Abang

Lokasi candi ini berada disebelah timur kota yogyakarta serta berada di perbukitan kecil yang ditumbuhi rerumputan hijau yang menyegarkan mata. Akses jalan menuju lokasi sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaaraan bermotor.

Alamat Candi Abang berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Abang

Bagi anda yang sedang berada di pusat kota jogja seperti malioboro dan sekitarnya tidak perlu khawatir. Akses jalan menuju lokasi candi sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan priadi maupun kendaraan bermotor. Anda dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju objek wisata candi abang.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Jogja-Wonosari hingga menemukan pertigaaan piungan lalu belok ke kiri menuju Jl Prambanan-Piyungan. Dari jalan tersebut anda sudah dapat melihat papan penujuk lokasi di persimpangaan Berbah lalu belok ke kiri hingga menemukan bukit kecil dengan jalan yang sedikit menanjak.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga lokasi wisata sekitar 13 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 35 menit dengan menggunakan kendaraan motor.

Baca Juga: Candi Ijo Jogja, Spot Indah Menikmati Sunset dari Ketinggian

Harga Tiket Masuk Candi Abang

Wisatawan yang akan memasuki area lokasi wisata ini harga tiket masuknya cukup terjangkau di kalangan wisatawan. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 oer orang. Harga yang cukup murah bukan, dengan pemandangan perbukitan hijau yang cantik.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau motor.

Fasilitas Candi Abang

Berbicara mengenai fasilitas, pengelola objek wisata candi ini sudah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan. Namun, beberapa fasilitas lainya belum tersedia di objek wisata candi ini. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati wisatawan diantaranya.
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Papan Informasi
  • Warung
Objek wisata candi abang yang satu ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 - 17.00 WIB. Sunset Candi Abang sudah tidak perlu diragukan lagi (Harga tiket masuk dapat berubah-ubah setiap waktu).

Daya Tarik Candi Abang

Berada di Perbukitan

Berbeda dengan lokasi candi pada umumnya, Candi Abang lokasinya berada di sebuah perbukitan yang lumayan. Dari puncak bukit pengunjung dapat menikmati keindahan kota yogyakarta. jika cuaca sedang cerah, Gunung Merapi akan terlihat sangat gagah.

Keberadaan Batu Merah

Sesuai dengan namanya, candi abang berbah yogyakarata merupakan bangunan candi yang dibangun dengan bahan utamanya berupa batu bata merah. Selain itu, objek wisata yang satu ini menyimpan banyak certia mitos salah satunya adalah penunggu candi yang berjaga di kawasan candi agar aman dari berbagai ancaman.

Sang penunggu candi dikenal dengan nama Kyai Jegal. Konon penunggu tersebut memiliki badan dengan ukuran yang besar serta berambut panjang. Menurut beberapa saksi, direruntuhan batu terdapat sebuah bongkahan emas. Namun dari mereka belum berani untuk membuktikanya.

Hamparan Rumput Hijau

Siapa sanga, bahwa wisata yang satu ini menjadi salah satu tujuan para fotografer. Sebab saat musim penghujan, perbukitan ini akan berubah yang semula kering menjadi rerumputan hijau yang sangat menyegarkan mata. Hal itu terjadi karena guyuran air hujan.

Setiap akhir pekan banyak wisatawan yang beradatangan diobjek wisata ini, mulai dari komunitas pesepeda hingga wisatawan dari luar daerah. Tentu, pemandangan perbukitan dengan rumput hijau menjadi daya tarik tersendiri dan jarang ditemukan diobjek wisata candi pada umumnya.

Wisata Dekat Candi Abang

Candi Banyunibo

Candi Banyunibo merupakan salah satu candi yang bercorak agama budha yang berada di jogja. Candi ini pertama kali ditemukan dalam keadaan rusak dan mulai dibangun kembali pada tahun 1940an. Nama banyunibo sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu air jatuh dan menetes.

Candi ini memiliki hiasan yang terdiri dari bidang yang diisi dengan beberapa pahatan yang dihiasi aneka ornamen tumbuhan dan pot. Pada bagian bangunan candi utama menghadapat barat dan lokasinya berada diantara ladang tebu dan persawahan.

Harga tiket masuk candi banyunibo sebesar Rp5.000 per orang dan buka mulai dari pukul 06.0-170 WIB.

Candi Miri

Candi Miri memiliku luas bangunan 16,5 x 15 meter persegi. Lokasi candi ini berada di atas bukit yang berada ditengah hutan belantara. Kawasan situs Candi Miri hampir sama dengan Candi Ijo, Candi Dawangsari dan Candi Ratu Boko yang lokasinya berada di perbukitan.

Terdapat dua buah Yoni tanpa lingga dengan baha utamanya berupa batu andesit. Tiga arca diidentifikasi sebagai arca mahakala yang berada didekat reruntuhan bangunan.

Candi Barong

Candi Barong merupakan salah satu candi peninggalan agama hindu selanjutnya. Penamaan barong karena disekitar candi terdapat sebuah bangunan yang menyerupai Barong atau Singa. 

Candi ini juga memiliki nama lain yaitu Candi Sari Suragudeg. Hal ini karena ditemukan sebuah Prasasti dikawasan Situs Ratu Boko yang berkaitan dengan Candi Barong. Diprasasti tersebut disebukan bahwa Sri Kalasoibhava yang membangun tiga lingga pada tahun 856 masehi.

Candi Ijo

Candi Ijo merupakan objek wisata yang terletak diperbukitan, lokasinya berada di sebelah timur kota jogja dan memiliki ketinggian kurang lebih 375 meter dari atas permukaan laut. Objek wisata ini merupakan wisata candi di jogja yang banyak memikat wisatawan lokal maupun luar daerah.

Penutup

Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata candi abang berbah yogyakarta. Bagi wisatawan yang akan menikmati wisata selanjutnya, bisa mengunjungi tempat wisata sleman lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.