Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Banyunibo : Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Candi Banyunibo 

Candi Banyunibo Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 06.00 - 17.30 No. Telepon: - Alamat: Cepit,  Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55572.

Candi Banyunibo - Yogyakara merupakan provinsi yang terkenal dengan julukan sebgai kota pelajar. Daerah yang memiliki 4 kabupaten ini menyimpan banyak destinasi wisata mulai dari wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata alam. Berkunjung ke jogja kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata candinya yang sangat terkenal. Salah satu candi yang letaknya tidak jauh dari Candi Ratu Boko adalah Candi Banyunibo.

Candi Banyunibo Sleman merupakan salah satu candi yang bercorak agama Budha, letaknya tidak jauh dari Candi Ijo. Candi Banyunibo didirikan oleh pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9 masehi. Bangunan atas candi terdapat sebuah setupa yang merupakan stupa khas dari candi bercorak budha.

Candi ini masih satu kawasan dengan Candi Ratu Boko, Candi Barong dan Candi Ijo. Selain itu, terdapat bebatuan candi yang berserakan dikawasan tersebut. Candi ini pertama kali saat ditemukan dalam kondisi rusak berat, namun di rekontruksi kembali pada tahun 1940an.

Candi Banyunibo : Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Gambar Candi Banyunibo Sleman (Source : Instagram)

Nama candi tersebut berasal dari sebuah air yang jatuh. Candi ini juga memiliki berabagai hiasan atau ornamen yang dapat anda lihat disetiap sudut bangunan. Pahatan relief yang sangat unik dan anda lihat diberbagai bidang, bidang tersebut terbuat dari pahatan kemudian dihiasi dengan menggunakan berabgai tumbuhan pot. Candu utama menghadapat ke barat dan lokasinya diantara persawaahan dan ladang tebu. Kawasan ini juga memiliki 6 buah candi perwira.

Terdapat 2 relief yang berada di Candi Banyunibo yang mengambarkan keberadaan Dewi Hariti, Beliau merupakan dewi kesuburan dalam ajaran agama Budha dan Vaisrvana yang merupakan suami dari Dewi Hariti. Banyak ilmuan yang berspekulasi bahawa letak candi yang berada di sekitar persawahan sengaja dibangun untuk melihat pemandangan sekitar yang sangat sejuk.

Baca Juga: Curug Banyunibo Bantul, Segarnya Mata Air Alami

Lokasi Candi Banyunibo

Bagi wisatawan yang akan melihat dengan lebih jelas bangunan candi ini tidak perlu khawatir mengenai lokasinya. Candi ini berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko. WIsatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor untuk menjangkau candi ini.

Alamat Candi Banyunibo berada di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Banyunibo

Candi ini lokasinya sangat mudah ditemukan, bagi anda yang berada malioboro atau pusat kota jogja bisa menggunakan rute berikut ini untuk menuju candi. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Raya Jogja hingga menemukan perempatan lalu ambil arah ke utara hingga menemukan pertigaan lalu belok ke timur menuju Jl Laksada Adisucipto.

Lanjutkan perjalanan dari Jl Laksada Adusucipto hingga menemukan Jl Opak Raya hingga menemukan perempatan. Dari perempatan ambil arah ke kiri menuju Jl Opak VIII hingga menemukan perempatan lalu belok ke kiri sampai di pertigaan.

Dari pertigaaan ambil arah ke timur menuju Jl Ratu Boko, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Wisata Candi Banyunibo. Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga candi banyunibo sekitar 18 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Candi Plaosan: Sejarah, Harga Tiket Masuk, Rute dan Lokasi.

Harga Tiket Masuk Cand Banyunibo

Bagi anda yang ingin belajar lebih jelas tentang sejarah candi, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Sebab wisatawan yang akan memasuki Candi Banyunibo akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Candi Banyunibo

Wisatawan tidak perlu khawatir lagi mengenai fasilitas, sebab pengelola wisata candi sudah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan. Mereka berharap supaya wisatawan tetap menjaga kelestarian candi dengan tidak merusak atau membawa batu dari candi, beberapa fasiltias tersebut diantaranya:

  • Toilet umum
  • Papan inofrmasi
  • Tempat duduk atau bersantai
  • Warung makan
  • Tempar parkir
Baca Juga: Candi Ratu Boko Jogja: Sejarah, Harga Tiket Masuk & Lokasi.

Daya Tarik Candi Banyunibo

1. Bangunan Candi

Candi Banyunibo merupakan kompleks candi yang berlatar belakang agama Budhha. Candi ini menghadapat ke barat dan memiliki enam candi perwara yang berjajar, tiga candi perwara disebelah selatan dan tiganya perada disebelah timur.

Candi ini memiliki ukuran 15,325 x 14,25 meter dan tinggi bangunan 14,25 meter. Ukuran masing-masing stupa sebesar 4,8 x 4,8 meter. Selain itu disetiap sudut kaki candi dibagian tengah terdapat sebuah hiasan Jladwara yang dipasang di kaki candi yang berfungsi sebagai saluran air hujan (Sumber : kebudayaan.kemdikbut.go.id) 

2. Pemandangan Sunset

Siapa sangka candi yang berada di antara persawaan ini memiliki pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang sangat cantik. Biasanya saat sore hari banyak wisatawan yang berkunjung ke candi ini, apalagi saat akhir pekan. Selain lebih teduh, mereka ingin mendapatkan foto sunset yang sangat menawan.

3. Bersantai

Objek wisata yang satu ini juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai. Pasalnya bangunan yang berada dipersawahaan ini memiliki udara yang sejuk karena lokasinya berada diperbukitan dengan tinggi 375 meter di atas permukaan laut. Biasanya para pesepeda mengunjungi candi ini saat akhir pekan dan libur panjang.

Wisata Dekat Candi Banyunibo

  • Tebing Banyunibo

Tebing Banyunibo merupakan sebuah wisata berupa perbukitan kapur yang cukup indah. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah diatas bukit yang dulunya sebagai area pertambangan kapur. Tempat ini juga menjadi tujuan favorit para pesepeda, mereka hampir setiap minggu mampir untuk menikmati aneka ragam makanan mulai dari soto, nasi pecel, mie ayam dan masih banyak lagi.

  • Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan wisata yang sangat terkenal di jogja, wisata ini menyuguhkan pahatan batu kapur yang diukir dengan sangat teliti. Tidak hanya itu saja, diwisata ini juga dibangun sebuah Tlatar Seneng yaitu sebuah amphitheater atau panggung terbuka yang biasanya digunakan saat event-event tertentu.

  • Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi yang bercorak agama hindu. Candi ini menjadi candi hindu terbesar di Asia Tenggara. Candi Prambanan memiliki tinggi bangunan sekitar 27 meter atau lebih tinggi 5 meter dari candi borobudur. Candi Prambanan menjadi salah satu wisata favorit di jogja untuk saat ini selain heha sky view.

  • Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau yang biasa disebut dengan Istana Ratu Boko merupakan sebuah bangunan yang cukup mewah yang dibangun pada pemerintahan Rakai Panangkuran yang merupakan keturunan dari Wangsa Syailendra. Dulunya bangunan ini bernama Abhayagiri Vihara yang berarti bukit yang penuh kedamaian.

Penutup
Berikut diatas merupakan ulasan dari yanacircle.com tentang wisata sejarah candi banyunibo. Bagi anda yang ingin menikmati wisata selain candi, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata sleman lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.