Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Barong: Sejarah, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Candi Barong

Candi Barong Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.0-17.00 No. Telepon: (021) 5703303 - Alamat: Candisari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55572.

Candi Barong - Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak peninggalan sejarah seperti bangun-bangun candi bekas kerajaan terdahulu. Kota yang dikenal dengan kota gudeg ini memiliki candi yang cukup terkenal seperti Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Candi Prambanan sendiri memiliki bentuk bangunan berarsitekture dan ornamaen agama Hindu. Salah satu candi yang memiliki keindahan bangunan yang cukup bagus adalah Candi Barong.

Candi Barong merupakan salah satu candi peninggalan agama hindu. Nama Barong sendiri berasal dari hewan Barong atau Singa. Candi ini juga memiliki nama lain yaitu Candi Sari Suragudeg. 

Hal tersebut bermula dari penemuaan sebuah prasasti dikawasan Candi Ratu Boko yang menceritakan tentang kawasan bangunan yang berkaitan dengan Candi Barong Jogja. Pada prasasti tersebut menceritakan bahawa Sri Kalasoibhava atau Sri Kumbaja akan membangun tiga lingga pada tahun 856 masehi.

Candi Barong: Sejarah, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Gambar Candi Barong

Nama ketiga lingga tersebut adalah Kristiwasalingga, Triyarbakalingga dan yang terakhir Haralingga yang merupakan sosok pendamping Dewsi Sri, Dewi Suralaksmi, dan Dewi Mahalakasmi.

Baca Juga: Candi Banyunibo : Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru 

Lokasi Candi Barong

Kawasan wisata sejarah yang satu ini lokasinya sangat mudah digunakan. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor untuk menuju ke objek wisata.

Letak Candi Barong berada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Barong

Wisatawan yang akan menuju kawasan candi akan melalui jalan pedesaan yang sedikit menyusahkan. Jika anda sedang berada di pusat kota jogja seperti malioboro dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini.

Pertama, arahkan kendaan anda menuju Jl Panembahan Senopati lalu lurus menuju Jl Kusumanegara. Kemudian arahakan kendaraan anda menuju perempatan lalu ke utara menuju Jl Janti, dari jalan tersebut arahkan kendaraan anda ke kanan hingga menemukan perempatan lalu ambil arah ke utara hingga menemukan pertigaan lalu belok ke timur menuju Jl Raya Solo.

Dari Jl Raya Solo arahkan kendaraan anda menuju Jl Raya Piyungan-Prambanan, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di lokasi kawasan wisata candi barong sleman. Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga lokasi candi sektiar 20,4 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 40 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Candi Ijo Jogja, Spot Indah Menikmati Sunset dari Ketinggian

Harga Tiket Masuk Candi Barong

Wisatawan yang akan memasuki kawasan Candi Barong akan dikenakan biaya masuk sebebesar Rp5.000 per orang. Dengan harga yang cukup murah, wisatawan sudah dapat menikmati keindahan kawasan candi dengan leluasa.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Candi Barong

Pengelola wisata candi sudah menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap supaya wisatawan yang berkunjung merasa nyaman. Beberapa fasilitas yang sudah dibangun oleh pihak pengelola candi diantaranya:

  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Papan Informasi

Daya Tarik Candi Barong

Berada di atas perbukitan

Siapa sangka bahwa kawasan candi barong sleman lokasinya berada diperbukitan. Hal ini cukup wajar karena beberapa candi memang sengaja dibangun ditempat yang cukup tinggi dari pada biasanya. Misalnya saja candi ratu boko dan candi abang yang lokasinya berada diperbukitan. 

Letaknya yang berada diatas perbukitan membuat wisatawan dapat melihat pemandangan yang cukup bagus. Tidak hanya itu saja, kawasan perbukitan tentu akan memiliki udara yang lebih sejuk dari pada biasanya, oleh sebab itu wisata candi yang satu ini patut anda coba saat sedang berada di jogja.

Menikmati Sunset

Mendapatkan hasil foto yang bagus tentu harus anda lakukan ketika sedang liburan. Mendapatkan foto matahari tenggalam atau sunset harus mencari lokasi yang tepat juga. Oleh sebab itu, wisata candi ini patut anda coba ketika sedang berlibur dijogja.

Tempat yang satu ini sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang mencari sunset di candi barong patut anda coba, lokasi kawasan candi diperbukitan membuat wisatawan dapat melihat matarahari tenggelam atau sunset dengan sangat bagus. Arsitektur bangunan candi yang unik ditambah dengan sinar matahari ke coklatan saat sunset tentu akan menjadi kombinasi yang sangat cantik.

Wisata Dekat Candi Barong

Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan salah satu candi yang cukup unik dan berbeda dengan yang lainya. Perbedaan tersebut terletak pada lokasi candi yang berada 6,5 meter dibawah permukaan tanah pada umumnya. Atas keunikan tersebut membuat candi sambsari menjadi tujuan wisata di yogyakarta.

Alamat candi sambisari berada di Jl Candi Sambisari, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Akses menuju lokasi candi dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor.

Tebing Breksi

Tebig Breksi merupakan salah satu wisata yang letaknya berada di sebelah selatan Candi Prambanan dan delat dengan Candi Ijo. Wisata yang satu ini menjadi salah satu tujuan favorit wisata jogja karena memiliki tempat yang unik serta pemandangan sunset nya yang menawan.

Tebing Breksi dulunya merupakan tempat bekas tambang kapur yang memilki banyak spot foto instagrambale. Wisatawan dapat melihat aneka ragam ukiran serta pahatan batu kapur yang sangat indah, apalagi dihiasi dengan lampu sorot yang menambah kecantikan.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau yang biasa dikenal dengan Situs Ratu Boko merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di Yogyakarta yang memiliki keindahan bangunanya hingga pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang cantik.

Wisatawan yang akan menghabiskan liburan di yogyakarta, wisata ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Sebab, anda dapat melihat bangunan bersejarah yang sudah ada sejak zaman kerajaan mataram lama.

Candi Plaosan Lor

Candi Plaosan merupakan salah satu candi yang berada di yogyakarta pada umumnya. Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini merupakan yang paling tepat untuk mengisi liburan anda bersama keluarga, teman, dan sahabat anda.

Candi ini di bangun pada pemerintahan Mataram Kuno oleh seorang Raja yang bernama Sri Kahuluan dan Raja Rakai Pikatan. Pembangunan candi terdapat 2 lokasi yaitu candi plaosan lor dan candi plaosan kidul yang hanya berbatasan dengan sawah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata candi barong yogyakarta. Bagi anda yang ingin berliburan dengan nuansa alam, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan.

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.