Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Gebang Jogja: Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Candi Gebang Jogja

Candi Gebang Jogja Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00-17.30 No. Telepon: - Alamat: Jl Raya Jetis, Widomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55584.

Candi Gebang Jogja - Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisatanya yang sangat lengkap. Kota yang terkenal dengan kota budaya ini memiliki banyak tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, dan wisata budaya yang sangat sayang dilewatkan jika sedang berlibur di jogja. Salah satu wisata candi jogja yang cukup terkenal adalah Candi Gebang.

Candi Gebang merupakan wosata sejarah yang harus anda sambangi ketika sedang berada di jogja. Candi Gebang dibangun pada abad ke-8 masehi oleh seorang raja mataram kuno yang bernama Wangsa Sanjaya. Kawasan candi ini temukan oleh masyarakat sekitar pada tahun 1936 yang sebelumnya ditemukan Ganeseha. Bermula dari penemuan patung Ganesha, selanjutnya arkeolog melakukan penelitian tentang kemungkinan terdapat sebuah bangunan candi tak jauh dari lokasi penemuan.

Setelah dilakukan penelitian, tidak jauh dari penemuan patung ganesha ditemukanlah Candi Gebang yang kemudian dilakukan pemugaran pertama kalinya oleh seorang warga Belanda Bernama Van Romondt pada tahun 1937 sampai 1939 masehi.

Candi Gebang Jogja: Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Gambar Candi Gebang Yogyakarta (Source: Instagram)

Bangunan candi memiliki luas bangunan sekitar 5,25 x 5,25 meter yang berdiri diatas ketinggian 2 meter dan permukaan tanah. Total ketinggian bangnan candi tersebut sekitar 8 meter. Bahan utama pembuatan bangunan candi berasal dari  batu andesit. Candi ini juga memiliki bangunan khas yang tidak ada di bangunan candi lainya yaitu berupa puncak lingga yang berdiri tegak diatas seroja.

Baca Juga: Candi Barong: Sejarah, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Sejarah Candi Gebang Jogja

Candi Gebang Yogyakarta merupakan candi yang bercorak agama Hindu.  Hal ini terbukit karean ditemukanya sebuah benda dengan ciri khas hindusistis antara lain lingga, yoni, dan arca Ganesha.

Gerbang utamanya menghadap ke arah timur, candi ini memiliki bentuk bujur sangakar yang berukuran 5,25 meter dan tinggi bangunan 7,75 meter. Bagian bawah candi gebang jogja terdiri dari kaki, tubuh, dan atap. Bagian tubuh candi terdapat sebuah yoni. Sedangkan dibagian bilik relung terdapat arca yang berisi Nandiswara (kepala arca sudah hilang) dan satunya lagi yang diisi oleh Mahakala sudah tidak ada arcanya.

Bagian atap candi terdapat sebuah lingga yang berfungsi sebagai bantaral seroja, bagian atas lingga berbentuk silinder. Pada bagian atap luar terdapat sebuah relief yang berbentuk kepala manusia yang dibingkai dengan sebuah jendela. Relief tersebut dapat anda jumpai pada Candi Bima yang berada di Dieng, Jawa Tengah.

Baca Juga: Candi Sambisari Jogja, Peninggalan Sejarah yang Sempat Terkubur

Lokasi Candi Gebang

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi wisata candi gebang jogja ini dapat ditempuh dengan motor maupun mobil. Namun untuk menemukan lokasi tepatnya wisatawan harus bertanya kepada warga setempat untuk mempermudah mencari lokasinya.

Alamat Candi Gebang berada di Dusun Gebang, Kelurahan Widomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Gebang

Wisatawan yang akan menuju ke lokasi wisata tidak perlu khawatir karena rutenya mudah dijangkau. Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute berikut ini.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlalu lalu menuju Jl Pangurakan hingga menemukan perempatan lalu ambil arah ke utara menuju Jl Mayor Sutopo kemudian lurus menuju Jl Mataram hingga menemukan pertigaan kemudian ambil arah ke timur menuju Jl Mas Suharto Jambu.

Setelah itu, arahkan kendaraan anda menuju perempatan lalu ke utara menuju Jl Tukangan kemudian ke Jl Yos Sudasro, kemudian menuju pertigaaan dan ambil arah ke utara menuju Jl Suroto, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Jl Cik Di Tiro hingga bundaran. Dari bundaran arahkan kendaraan anda menuju Jl Terban kemudian menuju perempatan ke arah utara menuju Jl Persatuan, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Jl Kaliurang.

Dari Jl Kaliurang arahkan kendaraan anda menuju perempatan lalu ke timur menuju Ringroad Utara kemudian ambil arah menuju Jl Nusa Indah, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan jalan menuju Candi Gebang Jogja.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga sampai di lokasi wisata sekitar 12 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Candi Barong: Sejarah, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Harga Tiket Masuk Candi Gebang

Wisatawan yang akan menikmati keindahan candi yang bercorak agama hindu ini harga tiketnya sangat terjangkau. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 baik wisatawan lokal maupun luar negeri.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Candi Gebang

Wisatawan yang akan menikmati keindahan candi dapat menikmati beberapa fasilitas yang sudah disedikan oleh pihak pengelola wisata. Beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Tempat duduk
  • Warung kecil
  • Papan informasi

Daya Tarik Candi Gebang

Pemandangan Sekitar Candi
Siapa sangka ternyata wisata candi yang satu ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Para wisatawan masih jarang mengetahui keberadaan candi ini, karena memang lokasinya yang sedikit berada di pedesaan.

Setibanya dikawasan candi, wisatawan dapat melihat pemandangan candi yang memilki arisitekture yang unik. Tidak hanya itu saja, kawasan candi juga dihiasi dengan taman hijau yang sangat terawat. Hal itu membuktikan bahwa wisata candi yang satu ini benar-benar dikelola dengan serius.

Pemandangan Sunset

Liburang kurang lengkap rasanya jika belum mendapatkan hasil foto yang bagus. Mendapatkan foto matahari tenggalam atau sunset harus mencari lokasi yang tepat juga. Oleh sebab itu, wisata candi gebang sleman ini patut anda coba ketika sedang berlibur dijogja.

Tempat wisata yang satu ini sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang mencari sunset dengan latar candi dan taman yang hijau, lokasi kawasan candi diperbukitan membuat wisatawan dapat melihat matarahari tenggelam atau sunset dengan sangat bagus. Arsitektur bangunan candi yang unik ditambah dengan sinar matahari ke coklatan saat sunset tentu akan menjadi kombinasi yang sangat cantik.

Wisata Dekat Candi Gebang

Embung Tambak Boyo

Embung Tambak Boyo merupakan salah satu embung yang dibangun pada tahun 2003 dan selesai tahun 2008. Embung ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya. Rata-rata mereka mengunjungi embung ini pada saat sore hari. Ramainya embung ini membuat Tambakboyo menjadi salah satu wisata tujuan para wisatawan yang sedang berlibur dijogja.

Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja merupakan salah satu wisata yang cukup unik di jogja. Bahkan wisata ini hanya terdapat satu saja di jogja. Wisata yang satu ini menyuguhkan belasan spot foto dengan kondisi terbail. disini wisatawan bisa seolah-olah sedang berada di atap.

Harga tiket masuk upside down world jogja sebesar Rp60.000 untuk orang dewasa dan Rp40.000 untuk anak-anak.

Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark merupakan salah satu wahana air terbesar di jogja. Wahana ini menawarkan beragam keseruan dengan berbagai permainan air serta wahana yang menarik. Wahana air yang satu ini memiliki luas kurang lebih 11 hektare dan terdapat 19 wahana permainan air.

Hal unik dari wisata yang satu ini adalah didesaign khusus dengan bertemakan Bajak Laut yang bernuansa tropis dengan penuh wahana permainan air yang sangat seru. Wisata ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga saat akhir pekan.

Candi Sambisari

Candi Sambsari merupakan salah satu candi yang cukup unik, karena lokasinya sedikit rendah dari tanah biasnya yaitu sekitar 5 - 6 meter di bawah permukaan tanah. Dengan demikian, wisatawan yang akan menikmati keindahan bangunan sejarah tersebut harus berjalan kaku menuruni beberapa anak tangga yang tersusun rapi menuju kompleks candi.

Candi Sambisari ditemukan oleh seorang petani yang beranama Bapak Karyowinangun pada tahun 1966. Saat itu beliau sedang mengelolah sawah yang berada sekitar, saat mencangkul tiba-tiba cangkulnya mengenai sebuah batu yang berukuran raksasa.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata sejarah candi gebang yogyakarta. Anda juga bisa mencoba salah satu tempat wisata di sleman lainya yang terkenal dengan spot foto instagramble. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat Berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.