Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Kalasan : Sejarah, Rute, Lokasi & Wisata Candi di Jogja 2021

Candi Kalasan 

Candi Kalasan Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl Raya Jogja-Solo, Suryamatjan, Danurejan, Glondong, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55571.

Candi Kalasan - Yogyakarta merupakan daerah yang banyak menyimpan tempat wisata yang sayang untuk anda lewatkan ketika sedang berlibur dikota ini. Kota yang terkenal dengan julukan kota gudeg ini memiliki banyak tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan wisata sejarah. Salah satu wisata sejarah jogja yang sayang untuk dilewatkan adalah Candi Kalasan.

Candi Kalasan Sleman merupakan candi yang memiliki banyak daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di candi ini terdapat sebuah patung dewa yang berdiri tegak serta membawa bunga teratai. Sehingga tempat tersebut menjadi salah satu spot foto yang diminati banyak wisatawan.

Candi Kalasan : Sejarah, Rute, Lokasi & Wisata Candi di Jogja
Gambar Candi Kalasan (Source : Instagram)

Candi yang memiliki dua tingkat dan berbentuk persegi delapan memiliki arca yang berbentuk manusia budha. Sedangkan ditingkat kedua terdapat sebuah arca Dhayani Budha yang terdapat di bebera stupa sekitar banguanan candi.

Wisata sejarah ini menjadi wisata favorit para wisatawan. Candi Kalasan Jogja juga memiliki lapisan penutup candi yang diberina nama Bajralepa. Bajralepa sendiri merupakan plesteran diukiran batu. Bajralepa juga menjadi salah satu ciri khas candi sari.

Baca Juga: Candi Sari : Sejarah, Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Lokasi 

Sejarah Candi Kalasan

Candi Kalasan berocrak agama Budhha, candi ini dipersambahkan untuk Dewi Tara yang didingin bagian luarnya terbuar dari lapisan semen kuno. Candi Kalasan Jogja menjadi candi tertua di Yogyakarta yang dibangun oleh Rakai Panangkaran yang merupakan raja dari Dinasi Syailendra yang juga turut ikut andil dalam pembangunan  Candi Borobudur.

Banyak wisatawan yang menyebut bahwa candi Boborobudur merupakan bangunan candi yang bercorak Budhha.

Pada masa kerjaan dulu kala, raja atau seorang pemimpin biasanya membangun candi yang bertujuan sebagai pusat pemerintahan atau sebagai tempat beribadah dan penyebaran suatu agama sebagai tempat tinggal para biarawan.

Sejarah pembangunan Candi Kalasan juga dapat anda temukan dalam sebuah parasasti Kalasan yang ditemukan tidak juah dari kompleks candi. Prasasi tersebut ditulis di tahun 700 saka atau sekitar 778 masehi. Prasasti tersebut ditulis menggunakan bahasa Sanskerta dan huruf pranagari. Dalam prasasti tersebut menyebutkan bahwa awal mula pembangunan cand berasal dari nasehat soerang pemuka agama pada zaman wangsa Syailendra.

Pada masa itu, pemuka agama menasehati Maharaja Tejapurnama Panangkaran untuk mendirikan bangunan tempat suci sebagai tempat pemujian Dewi Tara dan biara untuk para pendeta agama budha. Maharaja Tejapurnama Panangkarang yang dimaksudkan dalam sebuah prasasti adalah Rakai Panangkaran. Rakai Panangkaran sendiri merupakan putra seorang raja raja yang bernama Raja Sanjaya dari Kerajaan Hindu Matarat. Hal tersebut dicertiakan dalam prasasti Raja Balitung pada tahun 907 masehi.  Dari prasasti Kalasan, kita mengetahui bahawa Candi Kalasan dibangun pada tahun 778 masehi.

Baca Juga: Candi Ratu Boko Jogja: Sejarah, Harga Tiket Masuk & Lokasi.

Lokasi Candi Kalasan

Wisata sejarah yang satu ini lokasinya sangat mudah untuk dijangkau menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Lokasinya pun juga tidak jauh dari wisata candi jogja lainya.

Alamat Candi Kalasan berada di Jl Raya-Solo, Suryatmajan, Danurejan, Glongdong, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Kalasan

Bagi wisatawan yang sedang berada dipusat kota jogja seperti malioboro dan sekitarnya dapat menggunakan rute ini untuk menuju lokasi candi . Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Mas Suharto Jambu kemudian menuju Jl Tukangan lalu ke timur dan melewati Jl Kusbini Utara.

Sesudah melewati perempatan ambil arah menuju Jl Laksada Adisucipto kemudian lurus ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan lokasi candi. Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja sekitar 14 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Bagi anda yang kesulitan untuk menemukan lokasinya bisa menggunakan goggle maps.

Harga TIket Masuk Candi Kalasan

Wisatawan yang ingin memasuki kawasan candi akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup murah, Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang dan Rp10.000 per orang untuk wisatawan asing.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000, Rp5.000 untuk kendaraan mobil dan Rp20.000 untuk kendaraan bus.

Fasilitas Candi Kalasan

Fasilitas di Candi Kalasan Jogja cukup memadai, namun terdapat beberapa fasilitas yang tidak cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang dapat digunakaan oleh wisatawan diantaranya.
  • Parkir Bus
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Papan Informasi

Daya Tarik Candi Kalasan

Arsitekture Candi

Dilihat dengan lebih dekat, Candi Kalasan ini memiliki bangunan yang berbentuk 4 persegi panjang dengan ukuran 34 x 45 meter. Bangunan utamanya berbentuk bujur sangkar dengan beberapa bilik yang menjorok ke luar di bagian tengahnya.

Sedangkan bentuk dindingnya terbuat dari lapisoan hiasan pahatan motif kumuda. Kumuda sendiri merupakan daun kalpataru yang berbentuk bulat. Candi ini memiliki tinggi bangunan 34 meter.

Sementara itu candi ini memiliki empat pintu yang berada di keempat sisinya. di pintu bagian barat dan timur dilengkap dengan tangga untuk menjangkau pintu dan hanya pintu disebelah timur saya yang bisa mengantarkan pengunjung ke bagian ruang utama yang berada di tengah candi.

Bentuk Candi

Dibagian atas pintu utama cekungan, wisatawan dapat melihat pahatan dengan motif kala sedangkan dibawahnya terdapat sebuah hiasan kecil yang berbentuk wanita sedang bersila dengan memegang benda di kedua tanganya. Disebalah kanan dan kiri candi juga terdapat sosok dewa yang sedang berdiri sambil memegang bunga teratai.

Bagian atas candi, wisatawan juga dapat melihat cirikhas dari bangungan yaitu berpua sebuah kubus yang menyuguhkan Puncak Meru. Puncak ini dikelilingi oleh 52 setupa yang memiliki ketinggian sekitar 4,5 meter. Sedangkan dibagian utara wisatawan juga dapat melihat sosok mahkluk kecil yang bernama Gana.

Bagian atap candi juga memiliki bentuk segi delapan dengan dua tingkat sekaligus. Ditingkat pertama, terdapat sebuah relung yang bersisikan arca Manusia Budha. Sementara itu, di tingkat dua terdapat sebuah relung dengan arca Dhayani Budha.

Wisata Dekat Candi Kalasan

Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan salah satu kompleks candi yang berada di Purwomartani, Sleman. Dahulu candi ini sempat terkubur berabad-abad dan kemudian ditemukan oleh seorang petani ketika sedang mencangkul. Uniknya candi ini lokasinya berada lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya. Hal tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau yang biasa disebut dengan Situs Ratu Booko merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang berada dikota jogja. Ratu Boko sendiri merupakan reruntuhan dari sebuah istana yang bangunanya dulunya menyerupai candi. Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk menikmati matahari tengelam atau sunset.

Candi Sari

Candi Sari merupakan bangunan candi yang dibangun pada abad ke-9 masehi dan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno pada masa pemerintahan Rakai Pikatan Panangkaran. Candi ini juga dibangun bersamaan dengan Candi Kalasan. Kedua candi tersebut memiliki banyak kemiripan dari segi arsitekture dan bentuk reliefnya.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata candi kalasan jogja. Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata sejarah lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencucui tangan. Selamat berlibur
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.