Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Plaosan: Sejarah, Harga Tiket Masuk, Rute dan Lokasi.

Candi Plaosan

Candi Plaosan Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 09.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57454.

Candi Plaosan - Berkunjung kejogja kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata candinya yang sangat terkenal. Provinsi yang dijuluki dengan kota gudeg ini menyimpan banyak destinasi wisata candi yang tersebar dibeberapa tempat khusunya didaerah Sleman bagian timur. Beberapa candi tersebut adalah Candi Prambanan, Candi Sambisari dan Candi Kalasan. 

Candi Plaosan Jogja ini berada diantara perbatasan provinsi jogja dan kabupaten klaten. Secara administrasi candi ini terletak di Kabupaten Klaten. Bagi anda yang sedang berlibur kejogja tidak perlu khawatir karena jarak wisata candi dengan malioboro cukup dekat, lokasinya yang berdekatan dengan candi prambanan.

Candi Plaosan: Sejarah, Harga Tiket Masuk, Rute dan Lokasi.
Sunset di Candi Plaosan (Source : Instgaram)

Baca Juga: Candi Ratu Boko Jogja: Sejarah, Harga Tiket Masuk & Lokasi.

Lokasi Candi Plaosan

Wisatawan yang ingin melihat keindahan bangunan candi bisa menuju ke arah klaten. Akses menuju objek wisatanya sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor.

Alamat Candi Plaosan Lor berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

Rute Menuju Candi Plaosan

Bagi wisatawan yang akan menuju ke objek wisata candi dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Laksada Adusucipto kemudian menuju Jl Raya Solo - Yogya ke arah timur. Dari persimpangan pasar prambanan arahkan kendaraan anda ke timur hingga menemukan dua rambu lalu-lintas hingga perempatan Stasiun Brambanan.

Dari Stasiun Brambanan arahkan kendaraan anda ke kiri sejauh kurang lebih 2 kilometer kemudian belok ke kanan sejauh 800 meter. Tak jauh dari jalan tersebut, wisatawan sudah dapat melihat keindahan alam sekitar candi berupa hamparan sawah hijau.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga ke lokasi wisata sejauh 19 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 40 menit dengan kondisi lalu-lintas normal. 

Baca Juga: Candi Sambisari Jogja, Peninggalan Sejarah yang Sempat Terkubur

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan

Bagi wisatawan yang akan menikmati keindahan candi yang bercorak agama Hindu-Budhha ini tidak perlu pergi jauh-jauh hingga ke bali. Untuk memasuki kawasan candi, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000 per orang. Nominal yang sangat kecil bukan dan sebanding dengan pemandangan yang akan kita dapatkan nantinya.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraa bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Candi Plaosan

Pengunjung yang akan menikmati keindahan kawasan candi tidak perlu khawatir mengenai fasilitas. Beberapa fasilitas sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Mereka berharap supaya wisatawan untuk tetap menjaga kebersihan serta tidak merusak benda apapun. Beberapa fasilitas diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Spot Foto
  • Warung makan
  • Toilet
  • Papan Informasi
Jam Buka
Candi Plaosan buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 pagi dan tutup jam 05.00 sore.

Sejarah Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan candi dengan corak agama Hindu dan Budhha dalam kerajaan Mataram Kuno abad ke 8 hingga 10 masehi. Selain candi Borobudur dan Prambanan. Candi ini berada di Desa Bugisan, Prambnan, Klaten, Jawa Tengah.

Jarak Candi Plaosan dari Candi Prambanan sekitar 1,5 kilometer disebelah timur. Candi terbagi menjadi dua yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul yang hanya dipisahkan dengan persawahan dan jalan raya. 

Menurut sebuah dokumentasi dari Kemendikbud, candi ini merupakan dua candi besar yang berada di kawasan Plaosan Lor dan Kidul. Dua bangunan candi tersebut memiliki bentuk dan aristektur yang sama. Selain itu, bangunan tersebut juga memiliki kesamaan dari segi pahatan dengan Candi Borobudur, Candi Sewu dan Candi Sari.

Sejarah Toleransi di Candi Plaosan

Pada sekitar tahun 2003, disekitar kawasan candi ditemukan beberapa prasasti peninggalan pada abad ke-9 masehi, atau pada sama Kerajaan Mataram Kuno yang berpusat didaerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Penemuan Prasasiti di kawasan Jogja dan Klaten berupa kompleks candi seperti yang dikenal saat ini yaitu Candi Plaosan Kidul.

Seperti di lansir oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Prasasti ini memiliki ukuran 18,5 X 2,2 cm dengan bahasa Sanskerta yang bertuliskan aksara jawa kuno. Menurut pakar arkeolog dari Universitas Gajah Mada (UGM) Bapak Tjahjono Pasdojo, prasasti yang berada di candi sebelah kidul merupakan tanda masa berdirinya pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno.

Penilitian situs Plaosan juga pernah dilakukan oleh arkeolog yang berasal dari Belanda, Johanes Gijsbertus de Casparis. Beliau mengungkapan bahwa candi plaosan dibangun pada masa Sri Kahuluan (Maharatu Pramodhawardani) yang merupakan pimpin kerajaan mataram pada masa itu.

Pramdawardhani merupakan putri dari Rakai Garung alias Samaratungga dari Dinasi Syailendra yang berpegangan teguh pada ajaran Buddha-Mahayana, sedangkan Rakai Pikatan berasal dari Wangsa Sanjaya yang memeluk agama Hindu-Syiwa.

Mereka berdua yaitu Ratu Pikatan dan Maharatu Pramoddhowardhani bersama-sama menjadi pemerintah Kerajaan Mataram Kuno pada 840 - 856 Masehi dan berhasil membangun beberapa candi diyogyakarta, termasuk candi ini.

Candi ini memang tidak sepopuler seperti beberapa candi yang berada di jogja-klaten. Namun keindahan candi ini tidak perlu diragukan lagi, selain mememiliki bentuk bangunan yang bagus, lokasi sekitar candi juga masih sepi. Oleh sebab itu, tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin mendapatkan foto bernuansa candi dengan kondisi wisatawan yang sepi.

Wisata Dekat Candi Plaosan

Candi Prambanan

Candi yang memiliki ketinggian 47 meter ini merupakan salah satu candi tertinggi di Indonesia. Memiliki bentuk yang meruncing ke atas membuat siapa saja yang sedang melintas di Jln Jogja - Solo dapat melihatnya. Candi ini memiliki 3 bagian utara yaitu bangunan candi, reruntuhan candi, dan Ukuran relief Ramayana

Candi Sewu Jogja

Candi Sewu merupakan salah satu sandi yang terletak di kawasan dengan candi prambanan. Meski masih satu kompleks, Cnadi Sewu adalah candi yang bercorak agama Budha. Bahkan candi ini menjadi salah satu candi budha terbesar kedua di Indonesia setelah Candi Borobudur.

Candi Sojiwan

Candi Sojiwan merupakan candi bekas peninggalan matram kuno pada abad ke-8 sampai abad ke-10. Berdasarkan hasil penelitian di temukan beberapa prasasi yang di museumkan. Candi Sojiwan dibangun pada tahun 842 masehi hingga 850 masehi. Candi Sojiwan terletak di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Berikut diatas merupakan ulasan dari yanacircle.com tentang wisata candi plaosan yang berada diperbatasan jogja-klaten. Bagi wisatawan yang ingin menikamti suasana liburan baru, bisa menggunjungi salah satu tempat wisata di sleman. Teteap menjaga protokol kesehatan denganm menggunakan masker, menjaga jaraak, dan mencuci tangan. Selamat Berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.