Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Ratu Boko Jogja: Sejarah, Harga Tiket Masuk & Lokasi.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko Harga Tiket: Rp20.000 - Rp75.000 Jam Buka: 09.00 - 17.00 No. Telepon:0274-496510 Alamat: Jl. Raya Piyungan - Prambanan No KM 2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55562.

Candi Ratu Boko  - Berbicara tentang jogja tidak asing lagi dengan tempat wisatanya yang sangat terkenal.Kota yang dijuluki dengan kota budaya ini memiliki banyak destinasi wisata seperti wisata budaya, wisata alam hingga wisata kuliner. Salah satu tempat wisata yang memiliki banyak sejarahnya yaitu Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko merupakan salah satu kawasan kerajaan yang biasa disebut dengan Kraton Ratu Boko. Candi ini terletak diatas perbukitan setinggi 195,97 meter. Jika diliat dari arsitekture bangunan, candi ini merupakan salah satu peradaban kerajaan yang maju pada zamanya. Hal ini dibuktikan dari bentuk bangunan candi.

Kawasan Candi Ratu Boko lokasinya tidak jauh dari Candi Prambanan yang berada disebelah utara. Dengan jarak kurang lebih 3 kilometer, kedua candi ini memiliki hubungan yang cukup kuat. Menurut sejarah, Candi Ratu Boko merupakan isatana yang dimiliki oleh ayah Ratu Roro Jongrang. Menurut penilitian arkeolog, situs candi ini dibangun pada sekitar abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra.

Candi Ratu Boko Jogja: Sejarah, Harga Tiket Masuk & Lokasi.
Gerbang masuk menuju candi (Source : Instagram)

Dibalik misteri dan sejarah candi ratu boko, wisata ini memiliki daya tarik tersendiri dari beberapa candi yang berada di jogja. Saat tiba diobjek wisata, wisatawan akan disambut dengan gerbang masuk yang cukup unik serta hamparan rumput hijau yang sangat indah. Tidak hanya itu saja, beberapa tempat seperti paseban, goa, bekas pendopo dapat anda jumpai diobjek wisata ini.

Kompleks Candi Ratu Boko sendiri memiliki luas kurang lebih 25 hektare. Untuk mencapai gapura, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu meniaiki tangga. Tempat ini menjadi salah satu spot foto yang banyak diincar oleh wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah berupa hamparan rumput hijau dan sebuah pohon besar yang cukup eksotis. Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata ini adalah saat sore hari, selain teduh pemandangan sunset di ratu boko sangat cantik.

Baca Juga: Candi Ijo Jogja, Spot Indah Menikmati Sunset dari Ketinggian

Lokasi Candi Ratu Boko

Wisatawan dapat menemukan objek wisata ini, selain itu akses menuju lokasinya sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi, namun beberapa jalan dengan trek yang sedikit menanjak harus anda lalui. Tidak hanya itu saja, objek wisata ini masih satu kawasan dengan candi prambanan.

Alamat Candi Ratu Boko berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Ratu Boko

Bagi anda yang sedang berada dipusat kota jogja, arahkan kendaraan anda menuju Jl Laksada Adisucipto kemudian menuju Jl Raya Solo-Yogya ke arah timur. Setibanya di perempatan Pasar Prambanan arahkan kendaraan anda ke selatan menuju Jl Prambanan - Piyungan.

Setelah berjalan kurang lebih 3 kilometer dari perempatan, anda dapat menuju ke arah lokasi objek wisata yang terletak di perbukitan sebelah kiri. Jarak dari pusat kota jogja menuju lokasi wisata sekitar 16 kilometer dan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 35 menit dengan kondisi lalu-lintas normal.

Baca Juga: Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Untuk memasuki kawasan candi, wisatawan harus merogoh kocek yang cukup dalam. Wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp40.000 per orang untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan asing akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp440.000 atau sekitar 25 USD. Harga tiket masuk tersebut sama dengan htm Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp10.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil. Untuk parkir mobil anda harus memparkirkan kendaraan anda di Candi Plaosan.

Fasilitas Candi Ratu Boko

Selain memiliki panorama yang indah, objek wisata ini juga memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Pengelola wisata sudah menyediakan fasilitas yang dapat pengunjung gunakan, mereka berharap supaya wisatawan tetap menjaga fasilitas yang sudah ada. Beberapa fasilitas di antaranya
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Tempat parkir
  • Restoran
  • Gazebo
  • Toko oleh-oleh
  • Souvenir shop
  • Papan informasi

Sejarah Candi Ratu Boko

Candi ini merupakan peninggalan dari agama Hindu-Budha. Menurut peniliti terdapat Rakai Panangkaran yang dikonon dikaitan dengan agama Budha. Selain itu terdapat juga sebuah Arca Dyani Budha.

Tetapi banyak peniliti yang berangapan bahwa situs ratu boko merupakan situs agama hindu. Hal tersebut dibuktikan dari beberapa arca agama hindu yaitu Ganesha, Durga dan juga Yoni, sehingga candi tersebut merupakan peninggalan dari agama hindu-budha.

Candi ini dulunya ditemukan oleh bangsa eora yang sedang berkunjung ke pulau jawa. Setelah tiba dijawa, mereka tidak bermaksud untuk menemukan candi ini melainkan hanya untuk ekpedisi. Selanjut beberapa orang eropa yang penasaran tentang keberadaan situs ini menceritakan kepada H. De Graff yang merupakan bangsawan Belanda. Akhirnya dilakukan penelitian oleh FD Bosch.

Setelah melakukan penelitian, ditemukanlah Parasasti Abhayagiri Wihara yang merupakan prasasti pada tahun 792 Masehi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa situs ratu boko jogja merupakan penangkaran menugunduran diri dari kerajaam mataram lama. Cerita tersebut bermula dari Ayah dari Ratu Roro Jongrang, dimana kraton ratu boko digunakan pada masa dinasti Syailendra.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Daya Tarik Candi Ratu Boko

Panorama Candi

Candi yang berada diketinggian 200 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini dulunya merupakan keraton kerajaan mataram lama. Kompleks candi boko juga memiliki beberapa bangunan yang terdiri dari gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, hingga pemandian yang dikhusukan oleh keluarga kerajaan.

Setibanya di gerbang masuk, anda dapat melihat hamparan sawah dan rumput hijau yang sangat indah. Pada jam-jam tertentu juga terdapat kereta api yang sedang melintas. Lokasinya yang berada di perbukitan membuat kawasan ini memiliki udara yang cukup sejuk.

Menikmati pemandangan sekitar dengan santai digazevo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola membuat liburan semakin seru. Tidak hanya itu saja, saat sore hari anda dapat melihat pemandangan matahari tenggelam atau sunset. Pemandangan sunset dikawasan wisata ini sangat cantik dan sangat sayang jika dilewatkan.

Candi Pembokaran

Hanya berjarak sekitar 37 meter dari gerbang utama, terdapat sebuah candi yang bernama Candi Pembokaran. Bangunan ini memiliki bentuk teras dengan tinggi 3 meter dan luas 26 meter persegi. Titik tengah teras terdapat sebuah sumur dengan ukuran 4x4 meter, dimana sumur itu dulunya digunakan sebagai tempat pembokoran mayat.

Teras kedua memiliki luas sedikit lebih sempit. Di sekitar pelataran teras terdapat rumput hijau yang menambah suasana semakin asri. Sedangkan dibagian barat terdapat batu yangga yang sudah dilengkapi dengan peganganya.

Goa Lanang dan Goa Wadon

Disekitar kawasan candi ratu boko sleman juga terdapat goa yang bernama Goa Lanang dan Goa Wadon. Goa tersebut memiliki bentuk persegi dengan lorong yang cukup panjang. Sedangkan Goa Wadon terdapat sebuah relung menyerupai bilik dengan dinding yang terbuat dari pahatan figura yang memanjang.

Wisata Dekat Candi Ratu Boko

  • Candi Prambanan
  • Candi Sambisari
  • Candi Ijo
  • Tebing Breksi
  • The Lost World Castle
  • Museum Gunung Merapi

Penutup

Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata candi ratu boko jogja. Bagi anda yang ingin menikmati suasana baru, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat Berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.