Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Sari : Sejarah, Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Lokasi

Candi Sari

Candi Sari Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 15.00 No. Telepon: - Alamat: Dusun Bendan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55571.

Candi Sari  - Candi sari merupakan salah satu bangunan yang didirikan pada abad ke-8 masehi pada saat zaman kerajaan mataram kuno. Pada saat itu raja mataram yang bernama Rakai Pikatan Penangkaran membangun dua candi sekaligus yaitu candi kalasan dan candi sari, tak hayal jika kedua bangunan tersebut mempunyai kemiripan dari segi arsitektur. Kedua candi tersebut diterangkan dalam sebuah Prasasi Kalasan pada tahun 778 Masehi atau 700 saka.

Dalam Prasasti Kalasan tersebut dijelaskan bahwa penasehat agama dari kerajaan yang bernama Wangsa Syailendra telah memberi saran kepada Maharaja Tejapurnama Panangkara untuk membangun tempat suci untuk memujua Dewi Tara dan dibangunlah sebuah biara sebagai tempat beribadah pendeta yang beragama Budha. 

Candi Kalasan sendiri dibangun sebagai tempat pemujaan Dewi Tara, Sedangkan Candi Sari dibangun untuk biara para pendeta. Saat berkunjung ke lokasi candi anda dapat melihat 9 setupa yang mirip dengan stupa Candi Borobudur yang tersusun dalam 3 deretan yang sejajar.

Bangunan tersebut merupakan candi yang diperuntukan sebagai tempat ibadah. Candi Sari sendiri memiliki ketinggian 17 meter dan panjang 17,3 meter serta lebar bangunan 10 meter. Candi ini menghadap ke timur. Sepanjang candi dihiasi dengan Vjralepa di mana terdapat patung Bodhisattva. Patung ini memiliki 36 buah yang tersebar dibeberapa lokasi, delapan di utara, delapan di timur, delapan di selatan dan 12 di sebelah barat.

Candi Sari : Sejarah, Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Lokasi
Foto Candi Sari (Source : Instagram)

Para Arca tersebut digambarkan dengan sikap yang memagang bunga teratai yang berwarna biru dan merah. Sedangkan yang dulunya kayu sekarang sudah hilang. Saat berkunjung ke candi, wisatawan dapat melihat batu-batu yang menyangga tangga yang terbuat dari kayu. Candi ini memiliki 3 buah sekaligus yang tersebar di berbagai sisi.

Baca Juga: Candi Ratu Boko Jogja: Sejarah, Harga Tiket Masuk & Lokasi.

Lokasi Candi Sari

Wisatawan yang ingin melihat pesona candi ini tidak perlu khawatir mengenai aksesnya. Jalan menuju lokasi sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor. Tetapi jaraknya sedikit jauh dari pusat kota jogja.

Alamat Candi Sari berada di Dusun Bendan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Sari

Bagi wisatawan yang berada dipusat kota jogja dan akan menuju ke objek wisata dapat menggunakan rute ini. Pertama, arahkan kendaraan anda meuju Jl KH Ahmad Dahlan menuju Jl Pangurukan, kemudian arahkan kendaraan anda menuju Jl Kusumanegara.Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan perempatan lalu menuju ke arah Jl Ringroad Timur.

Dari arah Ringroad arahkan kendaraan nada menuju Jl Laksada Adisucipto, ikuti saja jalan tersebut hinggaa menemukan lokasi candi. Jarak yang akan tempuh dari pusat kota jogja sekitar 15 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan 30 menit dengan kondisi lalu-lintas normal.

Baca Juga: Candi Ijo Jogja, Spot Indah Menikmati Sunset dari Ketinggian

Harga Tiket Masuk Candi Sari

Bagi wisatawan yang akan menikmati wisata sejarah ini dapat langsung menuju lokasi. Sedangkan untuk harga tiket, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga yang cukup murah bukan untuk menikmati wisata candi.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 sedangkan untuk kendaraan pribadi atau mobil sebesar Rp3.000. Tempat parkir wisata ini juga dapat menampuh bus-bus besar.

Faslitas Candi Sari

Wisatawan yang berkunjung ke candi ini dapat menikmati berbagai fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak penglola. Namun yang harus anda pathui adalah wisatawan dilarang merusak, membawa barang yang berada di kawasan candi. Beberapa fasilitas diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Penginapan
  • Warung makan
  • Tempat oleh-oleh
  • Mushola

Daya Tarik Candi Sari

Wisata Sejarah

Candi yang berada dijogja ini menyimpan banyak cerita dan legenda dibalik kemegahan bangunan candi. Dalam setiap pahatan dan desaign bentuknya menyimpan banyak kisah yang sama pada candi budha pada umumnya. Candi yang dibangun pada abad ke-8 masehi ini berjenis candi budha. Candi ini pertama kali dipugar pada tahun 1929 dan selesai pada tahun 1930. Secara bentuk arsitekturnya, candi ini hampir sama dengan Candi Plaosan.

Tempat Berburu Foto

Setiap tempat wisata menyimpan keindahanya masing-masing, sama halnya dengan Candi Sari. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini juga dapat melihat keindahan candi berupa pahatan arcanya. Tempat yang dikelilingi dengan hamparan rumput yang hijau dan taman yang cantik membuat pengunjung betah berlama-lama diwisata ini. Bagi wisatawan yang akan mengunjungi tempat ini sebaiknya tetap menjaga peraturan yang sudah ada dengan begitu suasana liburan akan terasa lebih menyenangkan apalagi sambil berfoto ria dengan latar belakang candi.

Bersantai 

Bagi anda yang memiliki hobby bersepeda, anda juga dapat bekeliling candi menggunakan sepeda. Lokasinya yang berdekatan dengan candi sambisari, candi kalasan dan candi prambanan membuat anda sekaligus mampir kecandi-candi tersebut. Selain dapat menikmati pesona bangunan jaman dulu yang indah anda juga sekalian berolahraga.

Saat berada disekitar candi, anda dapat bercengkrama dengan warga sekitar. Karea itu jangan sungkan untuk bertanya mengenai sejarah candi yang berada disekitar mereka. Selain menambah pengetahuan, anda dapat mengenal orang baru di jogja.

Wisata Dekat Candi Asri

  • Candi Prambanan
  • Candi Kalasan
  • Candi Sambisari
  • Candi Ijo
  • Blue Lagoon Jogja
  • Candi Plaosan
Penutup
Berikut diatas merupakan ulasan dari yanacircle.com tentang wisata candi asri jogja. Bagi wisatawan yang ingin melihat destinasi wisata lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata sleman. Tetap jaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat Berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.