Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curug Tegalrejo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Curug Tegalrejo

Curug Tegalrejo Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Tegalrejo, Gedangsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Curug Tegalrejo - Yogyakarta memang terkenal dengan tempat wisatanya yang eksotis. Kota yang dijuluki sebagai kota pelajar ini ternyata menyimpan banyak sekali wisata alam yang belum ke explor semuanya. Salah satu wisata alam yang baru-baru ini ditemukan yaitu Curug Tegalrejo.

Curug Tegalrejo merupakan wisata air terjun yang sangat potensial, sebab wisata ini berhasil memikat banyak wisatawan. Setiap harinya ada saja wisatawan yang mengunjungi, bahkan saat akhir pekan atau libur panjang, banyak wisatawan yang memadati objek wisata ini.

Salah satu hal yang cukup menarik dari Curug Tegalrejo adalah kondisi air terjunya yang bertingkat. Masing-masing tingkat memiliki ketinggian yang berbeda. Terdapat juga kolam yang berawa di bawahnya yang biasanya digunakan untuk bermain air.

Curug Tegalrejo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Curug Tegalrejo Gunung Kidul (Image Source: alodiatour.com)

Sedangkan untuk debit air terjunya selalu berubah tergantung musimnya. Saat musim kemarau debit relatif kecil, namun saat musim penghujan debit airnya cukup besar. Pengunjung bisa bermian air dengan meloncat diantara bebatuan tebing yang berada disebelah air terjun. Tempatnya yang masih asri dan tenang tentu akan membuat liburan anda semakin terasa.

Baca Juga: Curug Siluwok Kulon Progo, Wisata Tersembunyi di Samigaluh

Lokasi Curug Tegalrejo

Wisata curug ini lokasinya sedikit berada di pedesaan, Namun anda tidak perlu khawatir sebab akses dan rute menuju lokasi curug sudah bagus dengan jalan yang sudah beraspal. Setibanya di tempat parkir, wisatawan harus berjalan kaki sejauh 15 meter sebelum tiba di lokasi.

Alamat Curug Tegalrejo berada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Curug Tegalrejo

Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke curug tegalrejo. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan lalu menuju Jl Pangkuran kemudian lurus menuju Jl Kusumanegara.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke arah Jl Majapahit kemudian lurus hingga sampai di Perempatan Janti. Dari Janti arahkan kendaraan anda ke timur menuju Jl Laksada Adusucipto kemudian menuju Jl Raha Solo - Yogyakarta. Setibanya diperempatan ambil arah ke selatan menuju Jl Asia-Afrika Jogonalan hingga sampai di perempatan.

Dari perempatan arahkan kendaraan anda menuju pertiggaan lalu menuju Jl Srowot kemudian lurus hingga sampai di Jl Sultan Agunung kemudian menuju perempatan ke arah timur menuju Jl Wedi - Bayat, lurus saja menuju Jl Pandanaran hingga Jl Raya Bayat. Setelah itu ambil arah ke selatan menuju Jl Curug Indah.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga ke lokasi wisata sekitar 40 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam 40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Curug Pulosari, Wisata Air Terjun Tersembunyi di Jogja

Harga Tiket Masuk Curug Tegalrejo

Untuk saat ini wisata tersebut masih dikelola oleh masyarakat setempat dan beberapa pemuda dari karang taruna. Untuk memasuki curug ini wisatawan tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Namun wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan bermobil.

Fasilitas Curug Tegalejo

Karena masih dikelola oleh masyarakat sekitar, objek wisata ini belum memiliki fasilitas yang cukup memadai. Namun pihak warga sudah membangun beberapa fasilitas seperti tempat untuk duduk pengunjung. Beberapa fasiltias lainya diantaranya.
  • Kamar mandi
  • Tempat parkir
  • Tempat duduk
  • Gazebo
  • Warung kecil

Daya Tarik Curug Tegalrejo

Suasana Pedesaan

Berlibur dengan mengunjungi tempat-tempat yang berbau alam tentu merupakan hal yang sangat didambakan oleh wisatawan yang bekerja di perkotaan. Oleh sebab itu, tak salah jika anda mengunjungi curug tegalrejo. Sebab lokasinya berada di pedesaan yang masih alami tentunya.

Keindahan Air Terjun

Tidak hanya terkenal dengan lokasinya yang masih asri, wisata ini juga memiliki air terjun yang cukup indah. Saat berkunjung, wisatawan dapat menyaksikan keindahan air terjun setinggi 8 meter. Tidak hanya itu saja, anda juga dapat menjadikan air terjun tersebut sebagai latar belakang saat berfoto.

Kesegaran Air Terjun

Bermain ke air terjun kurang lengkap rasanya jika belum menikmati kesegaran air nya. Wisatawan yang datang di objek wisata curug tegalrejo dapat bermain air dan berenang. Curug ini memiliki kedalaman kurang lebih 2 - 3 meter. Wisatawan juga dapat meloncat dari tebing yang berada disebelah kanan curug. Tentu akan memuat liburan anda semakin seru.

Wisata Dekat Curug Tegalrejo

Green Village Gedansari

Wisata Green Village Gedangsari mempunyai salah satu wahana Flying Fox terpanjang di Asia Tenggara. Saat berada di ketinggian, wisatawan dapat melihat pemandangan beberapa derah jogja, Klaten sampai kota Solo. Bahkan jika cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat gunung merapi dengan jelas.

Harga tiket masuk green village gedansari gratis dan beroprasi setiap hari 24 jam.

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan salah satu embung yang berada di puncak gunung kidul. Wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan ketika sedang berkunjung ke gunung kidul. 

Embung ini diresmikan pada tanggal 17 maret oleh gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X

Harga tiket masuk embung batara sriten sebesar Rp3.000 per orang.

Puncak Wono Sumilir

Wisata puncak Wono Sumilir merupakan wisata yang memiliki pemandangan yang memukau. Banyak kalangan muda yang mengunjungi objek wisata ini karena menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Pengunjung akan terhipnotis dengan view yang dimiliki oleh puncak Wono Sumilir ini.

Harga tiket masuk puncak wono sumilir tidak dipungut biaya alias gratis.

Air Terjun Luweng Sampang

Sejarah Arti Terjun Luweng Sampang sendiri di ambil dari bahasa jawa yang berarti Luweng artinya lubang dan sampang yang berarti lokasi wisata. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 5 meter dengan air yang mengucur dengan deras setiap tahunya.

Harga tiket masuk air terjun luweng sampang tidak dipungut biaya alias gratis.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata curug tegalrejo gunung kidul. Bagi anda yang ingin menikmai suasana lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul selanjutnya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.