Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Goa Jepang Bantul : Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Terbaru 2021

Goa Jepang Bantul

Goa Jepang Bantul Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Seloharjo, Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55771.

Goa Jepang Bantul - Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang berada di tengah-tengah provinsi Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan sebutan kota budaya ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang sayang jika anda lewatkan jika sedang berlibur di jogja. 

Daerah ini menjadi tujuan para wisatawan setelah kota bali. Siapa sangka, ternyata jogja memiliki banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata sejarah. Salah satu wisata sejarah peninggalan zaman penjajahan adalah Goa Jepang Bantul.

Goa Jepang Jogja merupakan salah satu goa yang berada diketinggian 400 hingga 500 meter diatas permuakan laut. Goa ini terbentuk dari bahan beton yang tersusun rapi yang berdiri kokoh.

Goa Jepang Bantul : Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Terbaru 2021
Puncak Kayangan Surocolo (Source : Instagram)

Goa ini berada di Bukit Pundong, oleh sebab itu banyak wisatawan yang menyebutnya dengan Goa Jepang Pundong. Dari atas goa ini, wisatawan juga dapat melihat pemandangan Pantai Parangtritis yang sangat indah. Suasana disekitar goa cukup sejuk dengan pepohonan hijau yang rimbun dan angin alam yang sepoi-sepoi.

Dahulu goa ini dijadikan sebagai tempat persembunyian tentara jepang pada saat zaman penjajahan. Apalagi menjelang jatuhnya Belanda ke tangan Jerman. Jepang akhirnya menawarkan bantuan kepada indonesia dengan alih ingin menguasi bumi nusantara ini.

Baca Juga: Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul, Wisata dengan Batu Raksasa

Lokasi Goa Jepang Bantul

Wisata sejarah yang satu ini lokasina sangat mudah untuk ditempukan. Namun beberapa hal yang harus anda ketahui adalah jalan menuju lokasi wisata cukup terjal. Wisatawan harus melewati tanjakan dan tikungan yang cukup curam. Oleh sebab itu, pastikan kendaraan anda dalam kondisi normal tidak ada kendala sedikipun terutama bagian rem.

Alamat Goa Jepang Bantul berada di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Goa Jepang

Bagi wisatawan yang ingin menuju lokasi wisata sejarah yang satu ini, akses jalan sudah dapat dilalu menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Namun beberapa hal yang harus anda ketahui bahwa jalan menuju lokasi cukup terjal, anda akan melewati beberapa tikungan serta tanjakan yang cukup berbahaya.

Jika anda sedang berada di pusat kota jogja seperti malioboro dan sekitarnya bisa menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Panembahan Senopati kemudian menuju perempatan lalu belok ke selatan menuju Jl Brigjen Katamso, lurus aja hingga melewati Jl Parangtritis kemudian menuju pertigaaan belok ke kiri menuju Jl Mangun Negoro. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Jl Raya Pundong, kemudian perempatan belok ke barat menuju Jl Kretek Siluk hingga menemukan pertigaan ke selatan melewati menuju lokasi wisata, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai ke objek wisata.

Jarak yang akan anda lalui dari pusat kota jogja menuju lokasi wisata sekitar 24 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Harga Tiket Masuk Goa Jepang Bantul

Wisatawan yang akan memasuki goa jepang jogja tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Oleh sebab itu, wisatawan dapat leluasa menikmati wisata sejarah yang satu ini dengan lulasa. Namun wisatawan yang akan berofoto akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Goa Jepang Bantul

Untuk saat ini fasilitas yang berada di goa jepang parangtritis belum cukup memadai. Namun beberapa fasilitas sudah mulai dibangun oleh pihak pengelola wisata. Beberapa fasilitas yang dapat wisata gunakan diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Gazebo 
  • Spot Foto

Wisata Dekat Goa Jepang

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal dikalangan wisatawan, pantai yang satu ini memiliki legenda yang cukup terkenal yaitu Nyi Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan. Keindahan pantai jogja yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, pasalnya wisatawan dapat mengelilingi pantai dengan menggunakan kuda maupun atv.

Harga Tiket masuk pantai parangtritis Rp5.000 per orang, sedankan jam buka mulai dari senin-minggu selama 24 jam.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

Puncak Kayangan Surocolo

Puncak Kayangan merupakan salah satu wisata yang lokasinya satu kawasan dengan goa jepang pundong. Wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang memukai dari atas bukit dengan latar belakang pantai selatan. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alamnya saja, di sini juga terdapat spot foto yang berupa bunga yang dapat wisatawan gunakan untuk berofoto ria.

Alamat Puncak Kayangan berada di Dusun Ngreco, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul, Yogyakarta.

Pantai Watu Lumbung

Pesona yang di dapatkan saat berkunjung ke pantai watu lumbung tidak usah ditanyakan lagi, karena pengunjung dapat melihat pemandangan dua buah batu besar yang berada di antara tengag pantai. Selain itu, objek wisata ini juga hampir mirip dengan Papuma yang terletak di Jember, Jawa Timur. Perbedaanya terletak pada bentuk bebatuanya.

Sejarah Goa Jepang Bantul

Menurut penuturan dari sumber yaitu bapak Yatno yang merupakan warga setempat, menceritakan bahwa goa ini merupakan salah satu peningalan tentara Jepang saat di Yogyakarta. Menurut cerita dari kedua orang tua bapak Yatno, goa ini dulunya digunakan sebagai tempat perlindungan dan titik kumpul para tentara jepang saat berada di Yogyakarta.

Kawasan goa ini memiliki luas kurnag lebih 12 hektare serta lokasinya berada di dua desa sekaligus, yaitu Desa Ngreco dan Desa Poyohan. Goa ini memliki 18 lubang dengan bahan utama goa terbuat dari beton bertulang dengan pintu yang terbuat dari kayu. Ukuranya sekitar 150 x 150 cm. Sedangkan untuk ketebalan dinding 30 hingga 60 cm.

Satu pendapat dengan Yatno, Mbah Darmo yang juga merupakan Seloharjo menciritahan bahwa goa ini dulunya menjadi marka tentara jepang. Bukan hanya menjadi tempat perkumpulan saja, namun digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata perang. (sumber: Merahputih.com)

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata goa jepang bantul. Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam selanjutnya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata bantul lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencucui tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.