Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kedung Pengilon Bantul, Wisata Air Terjun Terdekat di Jogja

Kedung Pengilon Bantul

Kedung Pengilon Bantul Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Bangunjiwo, Kasihan, Bantuk, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55751.

Kedung Pengilon Bantul - Berlibur ke jogja kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisatanya. Daerah yang dijuluki dengan kota gudeng ini menyimpan banyak destinasi wisata mulai dari wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata alam. Salah satu wisata yang memiliki suasan alam dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan adalah Kedung Pengilon.

Wisatawan yang berkunjung ke wisata air terjun kedung pengilon bantul dapat merasakan sejuknya udara alam ditambah dengan keberadaan kedung yang memiliki iar sangat jernih hingga bisa bercermin. 

Penamaan Kedung Pengilon berasal dari "Kedung" yang berarti kolam, dan "Pengilon" yang berati bercermin. Penamaan tersebut tak lain karena air terjun pengilon ini dapat pengunjung gunakan untuk bercermin, mungkin karena airnya sangat jernih.

Kedung Pengilon Bantul, Wisata Air Terjun Terdekat di Jogja
Kedung Pengilon Jogja (Source : Instagram)

Lokasi Air Terjun Pengilon tidak jauh dari perkampungan warga, hanya berjarak 200 meter saja. Selain itu, akses menuju perkampungan sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor.

Baca Juga: Curug Pulosari, Wisata Air Terjun Tersembunyi di Jogja

Lokasi Kedung Pengilon

Wisatawan yang ingin menuju ke lokasi air terjun akan menempuh perjalanan yang cukup jauh. Lokasinya yang berada dipedesaan membuat suasana yang akan dapatkan sangat sahdu karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Alamat Kedung Pengilon berada di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Kedung Pengilon

Wisatawan yang akan menuju ke air terjun pengilon jogja dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Pabrik Gula Madikismo Bantul yang berada di Jl Ringroad Selatan. Kemudian dari pabri gula ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di persimpangan besar dengan belok kiri menuju arah Kasongan.

Dari Kasongan lurus saja ikuti jalan tersebut hingga sampai di Desa Krebet Pajangan, dari situ lanjutkan perjalanan menuju Desa Bangunjuwo. Dari Desa Bangun Jiwo lurus hingga menemukan Tugu Gentong, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan sebuah tugu yang berukuran lebih kecil atau yang biasa disebut dengan Tugu Desa Petung.

Dari Desa Petung lanjutkan perjalanan melewati jalan yang sudah dicor semen dan melewati pemukiman penduduk. Tidak jauh dari pemukitan penduduk wisata kedung pengilon pajangan bantul sudah dapat anda lihat. Wisatawan bisa menitipkan kendaraan di pemukiman milik warga, namun harus izin terlebih dahulu.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan oleh warga. Setelah berjalan kaki selama 10 menit anda sudah sampai dilokasi wisata air terjun.

Jarak yang akan anda tempuh jika dari pusat kota jogja sejauh 23 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 40 menit dengan kondisi lalu-lintas normal.

Baca Juga: Bukit Pengilon Gunung Kidul, Spot Menikmati Pantai Selatan 

Harga Tiket Masuk Kedung Pengilon Bantul

Untuk menikmati kesegaran air terjun ini, wisatawan yang berkunjung tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi.

Penglola wisata juga menyediakan ban yang dapat anda gunakan untuk bermain air, tarifnya sebesar Rp3.000 per ban. Dengan menggunakan ban air tentu akan membuat liburan anda semakin seru.

Fasilitas Kedung Pengilon Bantul

Wisatawan yang akan menuju ke lokasi wisata tidak perlu khawatir mengenai fasilitas. Beberapa fasilitas sudah dibangun oleh warga setempat supaya wisatawan bisa merasakan liburan yang seru tanpa memikirkan fasilitas. Beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan diantaranya.
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Penyewaan ban
  • Mushola
  • Gazebo

Daya Tarik Air Terjun Pengilon

Untuk sampai ke lokasi air terjun, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu dengan melewati jalan setapak sejauh 200 meter. Kedung Pengilon memiliki ketinggian air terjun sekitar 10 meter dan bagian bawah berupa kolam yang dapat digunakan untuk berenang. Kedalaman kolam tersebut diperkirakan sedalam 8 hingga 10 meter.

Warga setempat juga memperbolehkan wisatawan untuk mandi dikolam tersebut namun dengan syarat harus bisa berenang. Larangan berenang juga dapat anda liat disekitar kedung. Menurut penuturan warga setempah, dulu pernah ada orang yang meninggal dikolam bawah air terjun tanpa sepengetahuan warga.

Air yang mengalir di air terjun sangat jernih sehingga kolam yang berada dibawahnya akan nampak berwarna biru-kehijauan. Selain memiliki air yang jernih, warna air juga sangat cantik karena dibawah kolam merupakan batuan kapur yang berwarna putih.

Meloncat dari tebing yang berada disekitar air terjun tentu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan dan bisa anda lakukan untuk mengetes adrinelain serta dapat menikmati kesegaran air terjun. Bagi anda yang takut tenggelam bisa menyewa ban pelampung dengan tarif Rp3.000 per-banya.

Wisata Dekat Kedung Pengilon Bantul

Curug Banyunibo

Curug Banyunibo merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di bantul. Wisata yang mulai ramai pada tahun 2013 lalu ternyata menyimpan banyak keindahan yang belum sepenuhnya terkenal. Biasanya saat akhir pekan maupun musim liburan, banyak wisatawan yang mengunjungi wisata air terjun ini.

Curug Banyunibo memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter, airnya masih sangat jernih dan debitnya cukup kecil. Wisatawan juga dapat bermain air disekitar air terjun. Bagi anda yang tidak ingin berbsah-basahan juga dapat bersantai digazebo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Alamat Curug Banyunibo berada di Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi untuk menjangkau lokasi ini.

Curug Pulosari

Curug Pulosari Bantul merupakan wisata air terjun selanjutnya. Wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung karena pemandangan yang ditawarkan sangat indah. Air Terjun yang berada di bawah jurang ini memliki ketinggian 5 hingga 10 meter. Walaupun begitu, pengelola wisata juga mempersilahkan wisatawan yang akan bermain air disekitar air terjun.

Pada saat musim hujan tiba, debit air yang mengalir cukup deras sedangkan saat musim kemarau air sedikit mengalir namun tidak sederas pada musim hujan. Penamaan air terjun ini berasal dari Curuh yang berarti air terjun mini dan Pulosari merupakan nama desa air terjun ini berada.

Alamat Curug Pulosari berada di Njrung, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan bermotor untuk menjangkau wisata ini.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata kedung pengilon bantul. Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam selanjutnya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata bantul. Tetap jaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencucui tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.