Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lava Bantal : Lokasi, Rute, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Terbaru 2021

Lava Bantal

Lava Bantal  Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 09.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl Berbah-Prambanan, Jragunung, Kalitrto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55573.
Lava Bantal - Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan destinasi tempat wisata alamnya yang cukup terkenal. Salah satu wisata alam yang sering dikunujungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah adalah Lava Bantal. Wisata ini merupakan objek wisata yang terbentuk secara alami oleh suatu kejadian alam.

Dalam proses pembentukanya, terkait dengan meletusnya gunung api bawah laut dan dengan lahar beku berbentuk menyerupao bantal yang langsung bereraaksi secara langsung oleh air laut. Menurut penelitian, Lava Bantal sudah terbentuk sejak 60 juta tahun lalu. Wisata alam yang satu ini juga masih sering diteliti oleh beberapa tim unviersitas di indonesia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Objek wisata alam yang satu ini sudah dibuka sejak tahun 2016 lalu oleh masyarakat setempat, lokasinya memang tidak seramai tempat wisata jogja yang lainya. Namun, akhir-akhir ini mulai banyak wisatawan yang penasaran akan wisata yang satu ini.

Lava Bantal : Lokasi, Rute, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Terbaru 2021
Gambar Lava Bantal Jogja (Source : Instagram)
Lava Bantal merupakan suatu bantara sungai yang memiliki air cukup deras dan disepanjang sungai terdapat bebatuan yang memiliki berbagai warna yang beragam. Batuan ini terbentuk akibat bantal yang menempuk, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Baca Juga: Candi Bubrah, Destinasi Wisata Candi di Jogja Terbaru

Sejarah Lava Bantal

Sesuai dengan kondisi tempat wisatanya, wisata ini menyuguhkan batuan yang berasal dari lava pijar dari gunung api purba bawah laut yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Terhampar dari Sungai Opak, batuan tersebut menjadi pemandangan yang unik karena bentuknya yang menyerupai bantal, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Konon keberadaan batuan bantal tersebut menjadi salah satu kontribusi yang cukup bersar terbentuknya Pulai Jawa. Fenomena alam yang terjadi di Lava Bantal jarang terjadi di beberapa tempat. Di Pulau Jawa tersendiri fenomena alam yang ada seperti ini hanya dapat anda temui dibeberapa tempat seperti Karangsambung (Kebumen), Ciletuh (Jawa Barat), dan Berbah (Sleman, Jogja).

Baca Juga: Blue Lagoon Jogja, Wisata Pemandian Alami di Jogja

Lokasi Lava Bantal

Wisatawan yang penasaran dan ingin menyusuri lava bantal jogja dapat menuju langsung ke lokasi. Akses jalan menuju objek wisata alam dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor.

Alamat Lava Bantal berada di Jl Berbah-Prambanan, Karangan, Kalitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Lava Bantal

Bagi wisatawan yang sedang berada di sekitaran bandara udara Adisucipto dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi. Pertama, arahkan kendaraan nada menuju Jl Janti kemudian menuju Blok O Komplek TNI AU. Kemudian ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Akademi Angkatan Udara, ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di Jl Berbah-Prambanan.

Jarak yang anda tempuh dari Bandara Udara Adisucipto hingga ke lokasi wisata sekitar 14 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 25 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Bagi wisatawan yang kesulitan untuk menemukan lokasinya bisa menggunakan goggle maps.

Harga Tiket Masuk Lava Bantal

Wisatawan yang akan memasuki wisata lava bantal berbah yogyakarta yang satu ini tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Pihak pengelola wisata juga sudah membangun wisata ini dengan cukup profesional.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp10.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Faslitas Lava Bantal

Pihak pengelola wisata sudah membangun beberap fasilitas yang cukup lengkap, wisatawan bebeas menikmati fasilitas yang sudah disediakan. Namun merkea menghimbau wisatawan untuk tidak merusak atau membuang sampah disekitar lokasi. Beberapa fasiltias tersebut diantaranya.
  • Wahana Cave Tubing
  • Gazebo
  • Warung Makan
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi

Daya Tarik Lava Bantal

Pemandangan Sungai Opak

Nama Lava Bantal sendiri diberikan oleh masyarakat setempat karena disepanjang aliran sungai terdapat bebatuan yang menyerupai bantal yang berserakan. Dahulu tempat yang dijadikan sebagai objek penelitian, sekarang wisatawan sudah dapat menikmati keindahan bebatuan yang memiliki bentuk unik.

Karena merupakan objek yang cukup potensial, masyarakat sekitar mulai menggarap wisata ini dengan serius. Beberapa fasilitas yang sudah dibangun cukup lengkap mulai dari parkiran, kamar mandi, mushola, pendopo, dan beberapa gazebo sudah tersedia.

River Tubing

Tak hanya melihat bebatuan geologi yang unik, wisatawan juga dapat menikmati sensai tubing diatas aliran sungai kali opak. Cave tubing sendiri merupakan wahana air dibmana terdapat sebuah ban yang berukuran besar yang digunakan sebagai kendaraanya.

Diobjek wisata alam ini, wisatawan yang akan mencoba wahana tubing akan dikenakan biaya sebesar Rp55.000 per orang. Dengan harga yang cukup murah, wisatawan sudah dapat mengarungi Sungai Opak sejauh kurang lebih 2 kilometer selama kurang lebih satu setengah jam.

Bagi wisatawan yang tidak ingin berlama-lama, anda juga dapat menggunakan opsi kedua yaitu dengan tarif Rp30.000 per orang. Dengan harga segitu, wisatawan sudah dapat menikmati tubing di Sungai Opak dengan jarak kurang lebih 200 meter.

Spot Foto yang Menarik

Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata ini adalah saat sore hari. Saat sore hari tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk mendapatkan foto dengan latar belakang pemandangan senja. Apalagi ketika anda mengunjunginya saat musim kemarau, dengan begitu pemandangan matahari tenggelam akan tampak lebih jelas.

Wisata Dekat Lava Bantal

Embung Tegal Tirto Candirejo

Embung Tegal Tirto merupakan salah satu wisata alam yang berada di sleman yang menarik untuk anda kunjungi ketika sedang berlibur di jogja. Sebuah embung yang merupakan kolan raksasa ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Sleman di daerah Berbah. Embung ini berada di tepi aliran Sungai Opak yang memiliki fungsi utama sebagai konservasi air bersih saat kritis.

Candi Abang

Candi Abang merupakan salah satu peningaalan candi yang bercorak agama hindu dan budha. Objek wisata yang satu ini memiliki ukuran yang beragam, mulai dari yang terkencil hingga ukuran besar. Salah satu hal unik di Candi Abang adalah terdapat sebuah Yoni yang merupakan salah satu simbol dari agama hindu. Tidak hanya itu saja, letaknya yang berada diperbukitan hijau membuat kesan alaminya masih terjaga.

Goa Sentono

Goa Sentono merupakan salah satu goa yang terletak di Dusun Sentonorejo, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Situs ini lokasinya tidak jauh dari Candi Abang. Situs Goa Sentono merupakan goa buatan dengan tiga veruk yang dibangun pada masa pemerintahan Mataram Kuni. Cerak pertama terdapat sebuah lingga dan yoni serta relief Durga dan Resi Agastya.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata lava bantal sleman yang harus anda kunjungi. Bagi anda yang ingin merasakan sensasi wisata alam lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat Berlibur.

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.