Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Museum De Mata Jogja: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Museum De Mata

Museum De Mata Harga Tiket: Rp35.000 - Rp65.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jalan Pandeyan, VeteranUmbulharjo, XT Square, Kota Yogya, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55161.

Museum De Mata- Yogyakarta merupakan daerah yang menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata kuliner dapat anda coba saat berkunjung ke jogja. Salah satu wisata wisata museum di jogja yang menyuguhkan patung-patung adalah Museum De Mata Jogja.

Museum De Arca merupakan salah satu museum pertama yang berada di Indonesia. Museum ini merupakan museum patung yang menyuguhkan berbagai jenis patung dengan tokoh yang berbeda-beda. Patung-patung tersebut dibuat oleh seorang seniman yang bernama Dunadi.

Dunadi sendiri adalah seniman patung, beliau membuat patung figur yang persisi dengan tokoh aslinya. Ia menggunakan bahan resin dan lilin serta tumbuh-tumbuhan. Museum De Mata mengusung konsep yang hampir sama dengan Museum Patung Lilin Madam Tusaaud yang berada di Hongkong.

Museum De Mata Jogja: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Museum De Mata Yogyakarta (Image Source: kartanesia.com)

Beliau menggabungkan konsep patung dengan budaya jogja yang membedan museum ini dengan yang lainya. Keberadaan patung super hero seperti Spiderman dengan baju adat jogja menjadi hal unik serta daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu terdapat beberapa tokoh terkenal dari indonesia dan luar negeri.

Beberapa tokoh yang sudah beliau buat adalah Presiden Soekarno, Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Megawati, Bj Habiebie, Ratu Elizabeth II, hingga presiden amerika saat itu Barack Obama. Selain itu ada juga super hero seperti Captain Amerika, Hulk, Thor, Jackie Chan, Michael Jakson dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Snack Wonderland Jogja: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Museum De Mata Jogja

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi museum de mata dan museum de arca tidak perlu khawatir karena lokasinya berada di pusat kota jojga. Akses jalan menuju lokasi juga sudah sangat mendukung.

Alamat Museum De Mata Jogja berada di Jalan Veteran, Kecamatan Umbulharjo, Gedung XT Square, Yogyakarta.

Rute Menuju Museum De Mata

Bagi wisatawan yang sedang berada di malioboro dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dalan lalu menuju Jl Pangkuran hingga menemukan pertigaan lalu ambil arah ke selatan menuju Jl Batikan,

Dari Jl Batikan arahkan kendaraan anda menuju Jl Babran hingga menemukan perempatan lalu ambil ke selatan menuju Jl Pandeyan. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pertigaan ke timur lalu menuju Jl Veteran, ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di Museum De Mata Jogja.

Jarak yang akan anda tempuh dari malioboro sampai di Museum De Mata Jogja sekitar 4 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 17 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: De Mangol Jogja: Alamat, Rute & Harga Tiket Masuk Terbaru

Harga Tiket Masuk Museum De Mata

Wisatawan yang akan memasuki museum de mata akan dikenakan harga tiket masuk yang berbeda-beda setiap jamnya, daftar harga masuk diantaranya:

Hari Senin - Jumat jam 10.000 - 15.000 : Rp35.000 per orang.
Haru Senin - Jumat jam 15.00 - 22.00    : Rp50.000 per orang.
Hari Senin - Minggu pukul 10.00 - 22.00: Rp60.000 per orang
Anak-Anak dibawah 5 tahun: Gratis.

Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan tiket masuk Museum De Arca Yogyakarta dan D'Walik

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000, Rp5.000 untuk kendaraan mobil, dan Rp15.000 untuk bus.

Fasilitas Museum De Mata

Berbicara fasilitas, wisatawan tidak perlu khawatir sebab objek wisata museum jogja ini memilik fasilitas yang sangat lengkap serta dapat pengunjung gunakan. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya sebagai berikut.
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Kantin
  • Spot foto
  • Snack Counter
  • Merchandise store
  • Costume dan properti

Daya Tarik Museum De Mata

Berbagai Patung

Bagi anda yang gemar menonton film action holywood tentu sudah tidak asing dengan tokoh Avatar dan Wolverine. Di Museum De Arca, wisatawan juga dapat berfoto dengan beberapa tokoh action dengan tinggi kurang lebih 3 meter. Biasanya pengunjung berfoto dengan tangan pisau milik Wolvrine yang sangat keren.

Ruangan D'Walik

Selain memiliki patung dengan tokoh-tokoh terkenal, museum de mata ini juga memiliki tempat yang memiliki konsep ruangan 3D. Beberapa ruangan tersebut seperti baby room, bengkel, studio musik, angkringan dan masih banyak lainya. Wisatawa bebas berfoto sesuka hati di tempat tersebut.

Semua barang-barang diruangan tersebut ditempatkan terbaik seolah-olah anda sedang berada di atap. Ruangan ini juga mengingatkan kita terhadap wisata Upside Down World Jogja yang juga memiliki konsep benda terbalik.

Ruangan Anti-Gravity

Tidak cukup itu saja, terdapat sebuah rungan yang memiliki anti gravitasi, ruang barber dan sudut 90 derajat. Terdapat juga ruang disko hingga ruang angkringan. Ruangan tersebut dibuat dengan sangat mirip dengan aslinya sehingga menjadi pengalaman sendiri bagi wisatawan.

D'Walik Green Screen Technology

Bagi anda yang sering menonton youtube tentu sudah tidak asing lagi dengan teknologi Green Screen. Pengunjung dapat menemukan teknologi tersebut di wahana De Mata 2.

De Mata Studio sendiri memiliki tema yang berbeda. Pengunjung seolah-olah merasakan hasil editing foto yang menarik seperti difoto oleh fotografer profesional.

Wisata Dekat Museum De Mata

Situs Warung Broto

Situs Warung Broto merupakan salah satu wisata jogja yang berada di pusat kota jogja. Wisata ini merpukan peninggalan sejarah yang dibangun oleh keluarga Keraton Yogyakarta. Tempat ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan karena terkenal dengan spot foto yang instagramable.

Harga tiket masuk situs warung broto gratis dan buka mulai dari pukul 08.00 - 17.00.

Taman Sari Jogja

Taman Sari Yogyakarta merupakan situs peninggalan keraton Yogyakarta. Dahulu tempat ini digunakan sebagai tempat pemandian keluarga kraton jogja. Bangunan ini pernah digunakan dari tahun 1765 sampai 1812, setelah itu bangunan ini sudah tidak lagi utuh seperti sedia kala.

Harga tiket masuk taman sari jogja sebesar Rp5.000 - Rp15.000 per orang dan buka mulai dari pukul 09.00 - 15.00.

Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo merupakan wisata kebun binatang yang berada di jogja. Wisata ini selalu ramai setiap harinya. Pengunjung bisa melihat dan berintraski langsung dengan berabgai macam satwa. Pada tahun 2019, kebun binatang ini menambah wahan baru yang bernama Zona Cakar.

Harga tiket masuk gembira loka zoo sebesar Rp60.000 - Rp75.000 per orang.

Benteng Vederburg

Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu museum bersejarah yang berada di Jogja. Bangunan ini berdiri sejak tahun 1765 dan menjadi salah satu cagar budaya yang berada di Yogyakarta. Dahulu benteng ini gunakan sebagai tembok pertahanan saat perang melawan Belanda. Kemudian pada tahun 1985 Benteng Vredeburg beralih fungsi menjadi museum.

Harga tiket masuk benteng vredeburg sebesar Rp3.000 per orang dan buka mulai dari pukul 07.30 sampai 16.00.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata museum de mata jogja. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di jogja lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.