Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Museum Ullen Sentalu : Sejarah, Harga Tiket Masuk, Dan Lokasi 2021

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu Harga Tiket: Rp35.000 - Rp70.000 Jam Buka: 08.00 - 15.15 No. Telepon: 0274-895161 -Alamat: Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 555882.

Museum Ullen Sentalu - Yogyakarta terkenal dengan destinasi wisatanya yang cukup lengkap. Provinsi yang dijuluki sebagai kota budaya menyimpan banyak tempat wisata yang sangat bagus. Salah satu museum yang cukup terkenal di yogyakarta adalah Museum Ullen Sentalu,

Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang dibangun pada tahun 1994 dan terletak dilereng kaki gunung merapi yang memiliki udara pegunungan yang sejuk. Wisatawan dapat melihat berbagai budaya jawa peninggalaan kerajaan matataram dengan ditemani oleh pemandu wusata. Pemandu wisata akan menjelaskan semua barang hingga tempat yang ada dimuseum.

Di Museum ini anda dapat menikmati sejuknya udara pegunungan dan suasana asri yang damai. Museum ini memiliki bentuk yang cukup unik, dimana bangunanya menyatu dengan alam. Mungkin banyak yang mengira bahwa museum ini tidak terawat karena lokasinya yang berada di rimbunya pepohonan.

Wisatawan yang akan menikmati museum ullen sentalu kaliurang ini dilarang membawa kamera, baik kamera hp maupun kamera digital. Peraturan tersebut dibuat untuk melindungi privasi dari pihak museum, namun anda dapat berfoto di luar ruangan museum misalnya saja digerbang pintu masuk. Di luar museum terdapat berbagai bangunan dan beberapa spot foto yang cukup unik.

Museum Ullen Sentalu : Sejarah, Harga Tiket Masuk, Dan Lokasi 2021
Gerbang Masuk Museum Ullen Sentalu Yogyakarta (Source : Instagram)

Koleksi benda yang berada di Museum Ullen Sentalu Jogja cukup lengkap. Wisatawan dapat melihat ruang seni serta gamelan yang berbagai macam. Tidak hanya itu saja, terdapat ruangan yang bernama Guwo Selo Giri yang menyimpan berbagai lukisan tokoh yang mewakiliki dinasi mataram. Sedangkan diruang kampung kambang terdapat 5 ruangan yang menyimpan berabgai koleksi mulai dari batik, syair, albun anggota kerajaan. Kemudian untuk Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa merupakan bagian luar museum.

Baca Juga: Candi Ratu Boko Jogja: Sejarah, Harga Tiket Masuk & Lokasi.

Lokasi Museum Ullen Sentalu

Wisatawan dapat mengunjungi Museum Ullen Sentalu Yogyakarta kapan saja, namun hal yang harus anda perhatikan jarak museum dari kota jogja cukup jauh. Lokasinya dibawah lereng gunung merapi, sehingga sebelum mengunjungi wisata ini pastikan kendaraan anda dengan kondisi normal.

Letaknya masih satu kawasan dengan Museum Gunung Merapi dan Merapi Park Jogja.

Alamat Museum Ullen Sentalu berada di Jl Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


Rute Menuju Museum Ullen Sentalu

Untuk menuju ke lokasi museum, anda akan melwati berbagai medan jalan seperti menanjak, tikungan dan masih banyak lainya. Jika dari anda sedang berada dipusat kota jogja dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi wisata.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Kaliurang setelah itu ikuti jalan tersebut keutara hingga berada disekitar kawasan lereng gunung merapi. Kemudian belok ke kiri menuju Jl Boyonh, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan museum.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga museum sekitar 22 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 40 menit dengan kondisi lalu-lintas normal.

Baca Juga: Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Wisatawan yang akan menikmati museum dengan nuansa alam yang sangat kental harus merogoh kocek yang sedang. Pasalnya harga tiket masuk museum ini sedikit mahal, akan tetapi harga tersebut akan sebanding yang akan anda dapatkan nantinya.

Wisatawan akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp35.000 per orang untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk turis mancarnegara sebesar Rp55.000 per orang. Untuk harga parkir kendaraan, pengunjung tidak dikenakan biaya karena pengelola wisata menyediakan tempat parkir gratis.

Fasilitas Museum Ullen Sentalu

Wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Pengunjung diminta untuk tetap menjaga kebersihan dan keasrian barang-barang yang berada dimuseum, beberapa fasilitas yand dapat anda gunakan diantaranya/
  • Kamar mandi
  • Tempat parkir
  • Denah museum
  • Restorant
  • Pemandu wisata
  • Papan Informasi
  • Warung makan
  • Spot foto

Sejarah & Daya Tarik Museum Ullen Sentalu

Museum ini berada di lahas seluar 1,2 hektare yang dikembangkan oleh Ndalem Kaswargan, yang memiliki arti rumah surga. Julukan nama surga sendiri karena lokasinya yang berada ditempat tenang, damai, dan asri.

Setibanya digerbang masuk, wisatawan akan melihat ruang pameran berupa restoran dan artshop. Kondisi jalanya berupa kelokan, tanjakan dan labirin yang menambah kesan berada dialam bebas. Disekitar museum juga terdapat gapura, kolam, serta taman yang menambah kesan kerajaan tempoe dulu.

Untuk lebih bagusnya sebaiknya anda ditemani oleh pemandu wisata. Oleh pemandu wisata anda akan diajak berkeliling melihat isi museum mulai dari patung hingga benda bersejarah. Benda-benda tersebut terawat dengan baik, selain itu pada hari tertentu diadakan festival standart internasional.

Pemandu biasnaya dikenal dengan Educator Tour. Pemandu ini bertanggung jawab selama anda memasuki museum seni budaya uleen Sentalu. Selain bisa berbahasa indonesia dan inggris, wisatawan juga dapat mendengar penjelas dari audio yang berada di museum. Audio tersebut juga tersedia dari berbagai bahasa mulai dari bahasa mandarin, belanda hingga bhasa jepang.

Wisata Dekat Museum Ullu Sentalu

  • Merapi Park Jogja
  • Bungker Kaliadem
  • The Lost World Castle
  • Lava Tour Merapi
Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata museum ullu sentalu jogjakarta. Bagi anda yang ingin merasakan wisata alam lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.