Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puncak Sosok Bawuran: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Puncak Sosok Bawuran

Puncak Sosok Harga Tiket: Sukarela Jam Buka: 15.00-24.00 No. Telepon: - Alamat: Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55791.

Puncak Sosok Bawuran - Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang cukup terkenal. Memang, wisata alam yang berada di jogja tidak pernah habisnya. Daerah yang terkenal dengan julukan Kota Gudeng ternyata menyimpan salah satu wisata alam yang banyak digemari oleh wisatawan, salah satunya adalah Puncak Sosok Bawuran Pleret Bantul.

Tempat ini dulunya merupakan bukit biasa yang berada disekitar perumahan warga. Namun, karena sering dikunjungi oleh wisatawan khusunya para pesepeda, tempat ini menjadi ramai. 

Bahkan pengunjung yang datang sering mengabadikan foto dan menggungahnya dibeberapa media sosial, sehingga tempat ini menjadi terkenal seperti sekarang ini.

Puncak Sosok Bawuran: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Puncak Sosok Bawuran Pleret Bantul (Source: Instagram)

Awal mula pembangunan objek wisata ini adalah ide dari pemuda Karang Taruna. Hal tersebut karena di puncak ini memiliki potensi wisata yang sangat menjajaikan seperti di Kawasan Mangunan.

Baca Juga: Puncak Becici Jogja, Wisata yang cocok bagi Penikmat Senja 

Lokasi Puncak Sosok Bawuran

Wisatawan yang akan mencoba menikmati keindahan dari puncak ini tidak perlu khawatir lagi karena lokasinya sangat mudah ditemukan. Namun, anda harus melewati trek yang cukup menanjak sebelum tiba dipuncak.

Alamat Puncak Sosok Bawuran berada di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kawasan perbukitan ini berjarak kurang lebih 16 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi atau motor.

Jalan Menuju Puncak Sosok 

Jalan menuju Puncak Sosok dapat anda jangkau dengan mudah. Jika anda sedang berada di pusat kota jogja seperti malioboro dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini. 

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Brigjen Katamso lalu menuju Jl Mentri Supeno - Jl Imogiri - Jl Jejeran Pleret - Jl Segoroyoso - Jl Bawuran - Jl Dapap Kulon  - Puncak Sosok.

Jarak yang akan anda lalui dari pusat kota jogja hingga lokasi wisata sekitar 18 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Hutan Pinus Mangunan Jogja, Wisata Alam yang Mempesona

Harga Tiket Masuk Puncak Sosok

Untuk menikmati objek wisata alam puncak sosok, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk secara sukarela. Artinya, anda bebas mau membayar berapapun untuk memasuki wisata ini dan tidak dipatok tarif tertentu
.
HARGA TIKET PUNCAK SOSOK BAWURAN
Harga Tiket Masuk (HTM) Sukarela
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Puncak Sosok 

Wisatawan yang akan berkunjung ke wisata alam yang satu ini tidak perlu khawatir, sebab wisata ini dikelola dengan baik, pihak pengelola wisata sudah membangun beberapa fasiltias penunjang yang dapat wisatawan gunakan. beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung makan
  • Spot foto

Jam Buka Puncak Sosok

Pengunjung dapat mengunjungi objek wisata ini kapan saja, namun waktu yang tepat untuk berkunjung ke wisata ini adalah saat pagi hingga tenah malam. Biasanya wisatawan mulai ramai pada saat sore hari hingga tengah malam. Wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 15.00 sore dan tutup pukul 24.00 malam

Daya Tarik Puncak Sosok

Puncak Sosok merupakan wisata baru yang di buka pada tahun 2018 lalu. Nama sosok sendiri digunakan karena tempat ini terkenal dengan pangilan Sosok. Hal lainya adalah letaknya yang berada di puncak yang membuat nama tersebut menjadi Puncak Sosok Jogja.

Kuliner Tradisional

Puncak Sosok Bawuran: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pemandangan Puncak Sosok (Image Source: Instagram)
Wisata Puncak Sosok Jogja menyediakan berbagai menu yang dapat anda coba. Disini sudah disediakan pondok-pondok yang menjual berbagai makanan tradisonal. 

Pondok tersebut cukup unik karena terbuat dari bambu dengan atap jerami. Memang pembuatan pondok tersebut sengaja dibuat dengan menggunakan tema pedesaan.

Selain itu, wisatawan dapat mencoba beberapa menu makanan dan minum. Beberapa makanan yang dapat anda coba yaitu bakso tusuk, sempol atam, cilok krispy, sate gajih, jagung bakan. Sedangkan minumnya yaitu teh, jeruk, kopi, jahe dan masih banyak lagi.

Di depan warung juga sudah disediakan tempat untuk makan. Pengunjung dapat menyantap makanan sambil menikmati suasana perbukitan yang indah. Bagi anda yang tidak kebagian tempat duduk, anda juga bisa menyewa tikar dan menggelarnya sambil menikmati keindahan kota jogja dari ketinggian.

Berbagai Spot Foto

Wisatawan yang berkunjung akan disuguhkan dengan pemandangan kota jogja yang indah dari perbukitan. Pemandangan saat malam hari menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawa. Pengelola wisata juga sudah menyediakan beberapa spot foto yang instagramble.

Salah satu spot foto yang sering digunakan oleh pengunjung adalah spot foto jembaran kayu yang berada disebelah barat. Hal tersebut karena, letak jembatan yang berada ditengah-tengah dengan latar pemandangan kota jogja yang sangat cantik.

Selain itu, terdapat lagi spot foto dengan latar belakang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan. Ketika malam hari, tumpukan sampah yang menjulang tinggi akan terlihat seperti perbukitan.

Pertunjukan Akustik

Selain dapat bersantai sambil menikmati kuliner tradisonal, pengunjung juga dapat menikmati akustik sambil melihat pemandangan lampu kota jogja yang cantik. Pertunjukan musik akustik biasanya diadakan setiap akhir pekan saat cuaca cerah. Pertunjukan ini di mulai dari sore hingga malam hari.

Wisata Dekat Puncak Sosok

Puncak Gebang

Puncak Gebang merupakan salah satu puncak yang berada di daerah Pleret, Bantul. Dulunya wisata ini hanya jalan biasa yang menuju ke pemukiram warga yang kebetulan melwati perbukitan. Namun, karena memiliki pemandangan yang indah, banyak wisatawan khusunya dari pesepeda yang sering mengunjungi tempat ini dan akhirnya dijakan tempat tempat wisata.

Alamat Puncak Gebang berada di Jalan Dadap Kulon, Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul, Yogyakarta.

Puncak Bucu

Puncak Bucu merupakan perbukitan biasa yang berada didaerah Piyungan. Wisata ini bisa menjadi alternatif selain Bukit Bintang dan Watu Amben Pandeyan. Objek wisata ini masih dalam pengembangan oleh masyarakat setempat.

Biasanya tempat ini dijadikan tempat untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam saat sore hari. Namun, saat akhir pekan beberapa wisatawan juga cering camping disekitar puncak.

Alamat Puncak Bucu berada di Dusun Ngelosari, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul.

Bukit Cinomati

Bukit Cinomati merupakan perbukitan yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi ketika sedang berada dibantul. Wisata ini menawarkan pemandangan dengan konsep pesona alam dengan spot foto yang cukup menarik.

Alamat Bukit Cinomati berada di Jl Pleret - Pathuk, Kebo Kuning, Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Wisata Alam Watu Lawang

Watu Lawang Mangunan merupakan sebuah perbukitan yang berada di Mangunan. Bukit ini masih dalam pengembangan menjadi objek wisata bersama dengan pengembangan desa wisata mangunan.

Alamat Watu Lawang Mangunan berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata puncak sosok bantul. Bagi anda yang ingin mencoba hal baru, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata bantul lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat Berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.