Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puri Mataram Sleman: Alamat, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Puri Mataram Yogyakarta

Puri Mataram Harga Tiket: Rp20.000-Rp50.000 Jam Buka: 08.00-21.00 No. Telepon: - Alamat: Drono, Tridadi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55511.
Puri Mataram Sleman - Beribcara tentang wisata jogja tentu tidak akan habisnya, sebab daerah ini memiliki banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata budaya yang bisa anda sambangi. Salah satu wisata baru yang banyak dikunjungi oleh wisatawan akhir-akhir ini yaitu bernama Puri Mataram Sleman Yogyakarta.

Puri Mataram merupakan wisata yang di buka pada September 2018 dan dikelola oleh Bumdes atau Badan Usaha Milik Desa Tridadi Makmkur, Sleman. Wisata ini mengusung konsep seperti Kerajaan Mataram dengan perbaduan alam serta budaya adat jawa yang masih terjaga.

Saat pertama kali tiba di puri mataram kampung flory, wisatawan akan disambut dengan bangunan yang berbentuk rumah adat jawa atau Joglo. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat atau bermain wahana air kolam yang memang dibuat untuk wisatawan.

Puri Mataram Sleman: Alamat, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Puri Mataram Denggung Sleman (Source: Instagram)
Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat melihat hamparan persawahan hijau yang menyejukan mata. Terdapat juga sebuah jembatan bambu yang dapat wisatawan gunakan untuk berfoto.

Baca Juga: Snack Wonderland Jogja: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Puri Mataram 

Wisata outdoor yang satu ini lokasinya sangat mudah ditemukan dan dijangkau. Akses jalan menuju objek wisata sudah sangat bagus berupa jalan aspal halus. Oleh sebab itu, anda dapat menggunakan kendaraan mobil atau motor untuk menuju ke lokasi

Alamat Puri Mataram berada di Drono, Kecamatan Tridadi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Puri Mataram

Bagi wisatawan yang akan menuju ke lokasi wisata dan sedang berada di pusat kota jogja seperti malioboro dan nol kilometer dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Ayarrta Hotel Malioboro kemudian belok ke kanan menuju Jl Letjen Suprapto, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Jl Tentara Rakyat Marat.

Perjalanan dilanjutkan hingga menemukan buderan lalu menuju Jl Tentara Pelajar, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai diperempatan Jl Magelang, lurus aja mengikuti jalan besar hingga tiba di Bundaran. 

Dari Bundaran ambil jalur kedua menuju Jl Semarang-Yogyakarta, ikuti saja jalan tersebut lalu belok kiri menuju Jl PJAK dan lokasi Puri Mataram tidak jauh dari jalan tersebut.

Baca Juga: Upside Down World Jogja: Harga Tiket Masuk, Alamat, dan Rute. 

Harga Tiket Masuk Puri Mataram

Wisatawan yang akan menikmati suana alam pedesaan dan budaya jawa yang sangat kental tidak perlu khawatir mengenai harga tiket. Wisatawan yang akan memasuki puri mataram sleman tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, wisatawan yang akan bermain wahan air akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 dan menyebrang jembatan gantung Rp5.000 per orang.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Puri Mataram

Wisatawan yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas, beberapa diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Restoran
  • Wahana air
  • Spot foto
  • Gazebo
  • Mushola

Jam Buka Puri Mataram

Wisata ini beroprasi setiap hari senin-minggu dan buka dari pukul 08.00 pagi dan tutup pada jam 06.00 sore. Sedangkan untuk Restoran Puri Mataram buka mulai pukul 08.00 pagi dan tutup 09.00 malam.
                                Jam Operasional
Wahana (Senin – Minggu)     08.00 – 18.00 WIB
Restoran (Senin – Minggu)     08.00 – 16.00 WIB
Cafe     16.00 – 22.00 WIB

Daya Tarik Puri Mataram

Bernuansa Jogja

Siapa sangka, wisata puri mataram sleman terkenal dengan nuansa jogja yang masih sangat kental. Memang, objek wisata ini sengaja dibuat dengan konsep Kerajaan Mataram pada zaman dulu. Uniknya lagi, wisata yang seperti ini hanya terdapat satu saja di jogja.

Objek wisata ini di bangun oleh masyarakat dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tridadi. Oleh sebab itu, masyarakat juga dilibatkan dalam pengelolanya.

Setibanya diobjek wisata, wisatawan akan disambut dengan bangunan rumah joglo yang merupakan restoran. Selain itu, terdapat juga wahana permainan air dan kolam buatan. Wisatawan juga dapat mencoba wahana permainan air dengan membayar 10 ribu rupiah per orang.

Terdapat sebuah spot foto berupa Jembatan Bambu yang berada diatas persawahaan. Jembatan ini dapat anda gunakan sebagai spot foto dengan latar belakang persawahan hijau yang sangat indah.

Berbagai Kuliner Tradisional

Sesampainya di lokasi, wisatawan akan melihat sebuah bangunan Joglo yang merupakan bangunan utama dari Puri Mataram Resto. Tempat ini menyediakan berabgai macam menu tradisional seperti tahu bacem, sayur lodeh, tempe goreng, mendoan, dan berabgai menu tradisonal lainya.

Hatga yang ditawarkanpun sangat murah yaitu berkisar Rp7.000 hingga Rp20.000. Menikmati pemandangan sekitar sambil mecoba kuliner tradisonal tentu akan menambah liburan anda semakin berkesan, apalagi jika anda mengunjungi wisata tersebut bersama keluarga.

Wahana Permainan Air

Tak jauh dari restoran, terdapat sebuah wahana permainan air yang dapat anda coba. Beberapa wahana air diantaranya becak air, sepeda air yang berbentuk hewan. Anda dapat menyewa wahana tersebut untuk mengelilingi kolam bersama keluarga tercinta.

Taman Bunga

Wisatawa juga dapat melihat taman bunga yang berada disebelah utara joglo, wisatawan harus melewati jembatan bambu terlebih dahulu sebelum tiba di taman. Setibanya di taman bunga, wisatawan dapat melihat bunga yang memiliki berbagai warna.Selain itu, terdapat sebuah replika Tugu Jojga yang dapat anda menggunakan tempat ini sebagai latar belakang foto.

Tak jauh dari taman bunga terdapat sebuah taman kelinci puri mataram, tempat ini cukup banyak diminati oleh anak-anak karena mereka dapat berintraksi dengan kelinci dengan cara memegang, menggondong hingga memberi makan yang sudah disediakan.

Selepas menikmati taman dan bermain kelinci, pengunjung juga dapat mencoba jajanan tempo dulu seperti klepon, cenil, pisang goreng, jenang. Uniknya, pasar ndelok mengharuskan wisatawan untuk membayar dengan pandel. Pandel sendiri merupakan mata uang kayu yang digunakan oleh pedagang pasar ndelok. Satu pandel bernilai Rp1.000, yang dapat anda tukar sebelum memasuki pasar.

Wisata Dekat Puri Mataram

Kampung Flory Jogja

Kampung Flory Jogja merupakan wisata argtowisata yang dikemas dalam wisata desa. Wisatawan dapat menikmati berabgai wahana agrowisata sekaligus mempraktekan secara langsung. Konsep wisata edukasi yang satu ini sukses menarik wisatawan, tak heran setiap harinya banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Harga tiket masuk kampung flory jogja Rp15.000 per orang.

Taman Pelangi

Wisata Taman Pelangi Jogja merupakan wisata keluarga di jogja. Pemandangan lampion saat malam hari menjadi daya tarikn, pengunjung dapat melihat berbagai spot foto yang terbuat dari lampu lampion.

Harga tiket masuk taman pelangi sebesar Rp15.000 (Senin-Kamis) dan Rp20.000 (Jumat-Minggu dan Hari libur).

Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja merupakan salah satu wisata indoor yang memiliki tata ruang yang cukup unik. Wisata ini terbagi menjadi dua lantai dan dibuka pada tahun 2016 yang mengusung tentang tema dunia terbailik (Upside Down).

Harga tiket masuk Upside Down World Jogja sebesa Rp80.000 per orang untuk dewasa dan Rp40.000 untuk pelajar dan Rp25.000 anak-anak.

Snack Wonderland

Snack Wonderland merupakan wisata indoor yang memiliki konsep fotografi. Wisata ini dibuka pada 19 Oktober 2018 lalu. Meskipun tergolong wisata baru, wisata ini mampu memikat banyak wisatawan. Hal itu karena terdapat spot foto yang jarang ditemukan ditempat lainya.

Harga tiket masuk snack wonderland sebesar Rp40.000 hingga Rp80.000 per orang.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata puri mataram sleman. Bagi anda yang ingin mencoba suasana baru bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.