Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spot Riyadi Jogja : Harga Tiket Masuk, Rute & Lokasi Terbaru 2021

Spot Riyadi Jogja

Spot Riyadi Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 05.00 - 23.00 No. Telepon: 0852-9233-8177 - Alamat: Jl Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55572.

Spot Riyadi - Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan julukan kota budaya dan kota pelajar. Berkunjung ke jogja kurang lengkap rasanya jika belum mencoba destinasi wisatanya mulai dari wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata alam. Salah satu wisata yang memiliki spot foto dengan latar belakang Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Ratu Boko yaitu Spot Riyadi.

Spot Riyadi Jogja menjadi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, pengunjung dapat melihat pemandangan alam dari puncak tebing. Spot Riyadi Sleman merupakan wisata yang letaknya berada pekarangan milik warga yang bernapa Bapak Riyadi. Oleh sebab itu untuk mempermudah menemukan lokasinya, nama wisata tersebut diberi nama Riyadi.

Asal mula wisata ini berawal dari beberapa orang fotografer dan para pesepeda saja yang mengunjungi tempat ini. Seiring dengan berjalanya waktu, spot foto dari wisata ini menjadi terkenal berkat sosial media sehingga banyak wisatawan yang datang untuk melihat pemandangan dari Spot Foro Riyadi.

Spot Riyadi Jogja : Harga Tiket Masuk, Rute & Lokasi Terbaru 2021
Spot Sunset Jogja Riyadi (Source : Instagram)

Selain memiliki pemandangan bangunan candi dan kota jogja, Spot Riyadi juga terkenal sebagai tempat untuk menikmati matahari tenggelam atau sunset. Tidak hanya sore atau malam, wisatawan juga bisa mengunjungi tempat ini pada siang haru. Namun pemandangan akan lebih bagus karena anda dapat melihat gemerlap lampu perkotaan dan Candi Prambanan dengan sorot lampunya yang cantik.

Baca Juga: The Lost World Castle Tiket, Spot Foto, Lokasi & Rute Terbaru 2021

Lokasi Spot Riyadi

Bagi anda yang akan menikmati pemandangan dari puncak riyadi harus menempuh perjalanan yang sedikit jauh. Lokasinya berada di antara perbatasan jogja dan klaten. Namun yang perlu anda ketahui, objek wisata ini berada diantara wisata sleman lainya seperti Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Ratu Boko.

Alamat Spot Riyadi Jogja berada di Jl Candi Miri, Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Spot Riyadi

Jalan menuju Spot Riyadi sangat mudah dicapai menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi, namun wisatawan harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer dan tempat parkir. Wisatawan harus berjalan menyusuri jalan yang memiliki medan menanjak dan sedikit menyempit, karena kondisi jalan yang sempit, anda harus sedikit berhati-hati.

Jika anda sedang berada dipusat kot jogja, arahkan kendaraan anda menuju Resort Abhayagiri. Dari pusat kot jogja bisa menuju ketimur menuju arah Candi Prambanan lalu melewati Jl Jogja - Solo hingga menemukan pertigaan Candi Prambanan lalu belok keselatan. Tak jauh dari resort, anda akan menjumpai jalan kecil yang terbuat dari cor semen.

Ambil jalan semen tersebut kemudian ke kiri dengan berjalan kaki sejauh 200 meter hingga menemukan spot foto yang kira cari. Selain itu, bagi anda yang kesulitan menemukan lokasinya bisa menggunakan goggle maps.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja menuju objek wisata sekitar 19 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 51 menit dengan menggunakan kendaraan motor dan kondisi lalu-lintas normal.

Baca Juga: Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia

Harga Tiket Masuk Spot Riyadi

Untuk saat ini wisatawan yagn akan berkunjung menikmati pemandang dari puncak riyadi tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan motor akan diekanakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Spot Riyadi

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini dapat menggunakan berbagai fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Namun hal yang harus anda ketahui, wisatawan dilarang meninggalkan sampah sedikitpun baik diobjek wisata maupun disepanjang jalan menuju punca. Beberapa fasilitas yang dapat wisatawan gunakan diantranaya.
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Warung makan
  • Mushola

Menu Makanan Spot Riyadi

  • Mie Ayam
  • Bakso
  • Mie Ayam Bakso
  • Gorengan
  • Soto
  • Mendoan

Jam Buka Spot Riyadi

Wisata yang menyuguhkan pemandangan dengan latar belakang berupa candi prambanan buka mulai dari pukul 05.00 pagi dan tutup pukul 23.00 malam.

Daya Tarik Spot Riyadi

1. Pemandagan Sunrise dan Sunset

Wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda yang gemar mengabadikan foto sunrise maupun sunset. Saat cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat keindahan Gunung Merapi ditambah dengan Candi Prambanan yang menjadi perpaduan yang indah, walaupun candi prambanan terlihat lebih kecil dari gunung merapi namun pemandanganya tidak kalah menarik.

2. Bersantai di Gazebo

Tidak hanya terkenal dengan pemandanganya yang sangat indah, objek wisata juga memiliki tempat yang bagus untuk bersantai berupa gazebo dan beberapa tempat duduk yang sudah disediakan oleh wisatawan. Anda dapat membeli makanan diwarung sekitar lokasi wisata, berbagai makanan ringan dapat anda beli diwarung tersebut. Harga makananya cukup bersahabat di kantong. Bersantai sambil menikmati pemandangan alam tentu akan menjadi liburan yang mengesankan.

3. Berbagai Spot Foto

Liburan kurang lengkap rasanya jika tidak mendapatkan foto yang menarik. Di wisata Spot Riyadi wisatawan juga dapat mengabadikan foto di spot foto yang sudah disediakan. Berbagai spot foto yang berbentuk unik dapat anda coba, namun hal yang perlu diperhatikan adalah wisatawan harus tetap berhati-hati karena beberapa spot foto berada ditepi jurang yang cukup dalam.

Wisata Dekat Spot Riyadi

  • Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi yang sangat terkenal di jogja khusunya Indonesia. Candi Prambanan ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO. Candi Prambanan merupakan candi Hindu. Lokasi candi prambanan berada di 17 kilometer dari pusat kota jogja tepatnya di Desa Prambanan, Kecamatan Bokoharjo, Sleman, Yogyakarta.

  • Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau yang biasa disebut dengan Situs Ratu Boko merupakan perbukitan yang bersejarah. Ratu Boko sendiri adalah rerntuhan batu yang dahulu merupakan istana yang mirip dengan candi. Gerbang Ratu Boko sendiri terbagi menjadi 2 bagian, untuk gerbang luar memiliki ukuran yang cukup kecil sedangkan gerbang utama keraton.

  • Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan wisata yang terbuat dari pahatan batu kapur yang dulunya digunakan sebagai tempat menambang. Objek wisata ini menjadi sangat terkenal berkat objek-objek pahatan yang sangat indah. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat melihat pemandangan dari puncak batu kapur yang cukup tinggi. Wisata ini biasanya digunakan oleh fotografer untuk foto biasa maupun foo preweding.

  • Candi Dawangsari

Namanya memang tidak se-terkenal seperti Candi Prambanan. Candi Dawangsari merupakan candi reruntuhan yang lokasinya berada di Dusun Dawangsari, Sambirejo, Prambnan. Situs ini berupa reruntuhan batuan candi yang belum selesai direkontruksi. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Candi Pendem.

Penutup
Berikut diatas merupakan ulasan dari yanacircle.com tentang wisata Spot Riyadi yang berada di jogja. Bagi anda yang ingin merasakan wisata alam lainya bisa mengunjunti salah satu tempat wisata di sleman yang tak kalah seru. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat Berlibur.


Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.