Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Pelangi Jogja, Wisata Malam Jogja Instagramable

Taman Pelangi Jogja

Taman Pelangi Jogja Harga Tiket: Rp15.000 - Rp30.000 Jam Buka: 16.30 - 21.00 No. Telepon: 08274868225 Alamat: Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55284.

Taman Pelangi Jogja - Yogyakarta memang menjadi salah satu tujuan wisatawan setelah bali. Daerah yang terkenal dengan makanan gudeg ini menjadi primadona. Selain itu, kota ini terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya mulai dari wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata alam. Salah satu wisata buatan yang menjadi tujuan ketika malam hari adalah Taman Pelangi Jogja.

Wisata Taman Pelangi Jogja merupakan wisata keluarga di jogja. Pemandangan lampion saat malam hari menjadi daya tarikn, pengunjung dapat melihat berbagai spot foto yang terbuat dari lampu lampion. Terdapat berbagai jenis bentuk lampion, beberapa lampion yang memiliki bentuk bagus diantaranya pohon sakuran, burung merak, lampion bunung unta, lampion naga dan lampion tokoh nasional.

Taman Pelangi Jogja, Wisata Malam Jogja Instagramable
Taman Puspa Pelangi Jogja (Source : Wisataoke.com)

Apalagi bagi anda yang sudah mempunyai anak kecil, tentu menjadi hal yang sangat dinantikan. Berburu foto menjadi hal wajib anda lakukan saat berkunjung ke taman pelangi jogja ini. Selain itu pengunjung juga dapat mencoba berbagai wahana yang sangat cocok untuk anak-anak seperti Speed Bot, Junior Jet, Safari Train, Becak Mini, ATV, Bola Air dan masih banyak lagi.

Baca Juga: The Lost World Castle Tiket, Spot Foto, Lokasi & Rute Terbaru 2021

Lokasi Taman Pelangi Jogja

Wisatawan yang akan ingin merasakan sensasi wisata malam, objek wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain memiliki banyak spot foto, tempat wisata ini juga tidak jauh lokasinya dari pusat kota jogja seperti malioboro. Anda juga bisa mengunjungi Monumen Jogja Kembali , karena lokasinya masih satu kawasan.

Alamat Taman Pelangi Jogja berada di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Taman Pelangi Jogja

Untuk menuju ke taman lampion jogja ini, wisatawan berada di malioboro dan sekitarnya bisa langsung menuju Halte Malioboro, anda dapat naik bus Trans Jogja dengan rute 2A kemudian turun di Halte Ring Road Utara.

Sedangkan anda yang menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi dapat langsung menuju lokasi dengan menggunakan goggle maps sebagai penunjuk lokasi. Jarak Malioboro ke Taman Pelangi Jogja sekitar 12 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 25 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Museum Ullen Sentalu : Sejarah, Harga Tiket Masuk, Dan Lokasi 2021

Harga Tiket Masuk Taman Pelangi Jogja

Wisatawan yang akan merasakan spot foto berupa lampion yang berbagai warna dapat menuju ke lokasinya langsung. Berbicara soal harga tiket masuk wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 (Senin-Kamis) dan Rp20.000 (Jumat-Minggu dan Hari libur).

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Baca Juga: Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia

Fasilitas Taman Pelangi Jogja

Wisatawan yang ingin mengunjungi tidak perlu khawatir mengenai fasilitas , sebab wisata malam ini sudah menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Beberapa fasilitas diantaranya.
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Spot Foto
  • Aneka Kuliner
  • Mushola
  • Food-court
Selain itu wisata malam jogja ini juga menyediakan berabgai kuliner yang tersedia di bagian food court yang menyediakan berabagai macam makanan mulai dari Batagor, Siomay, Mie , dan masih banyak lagi.

Jam Buka Taman Pelangi Jogja

Taman Pelangi Jogja beroprasi pada jam 16.30 sore dan tutup jam 21.00 malam.

Daya Tarik Taman Pelangi Jogja

1. Berbagai Jenis Lampion

Pengunjung juga dapat melihat lampion mulai dari yang ukurangnya kecil, sedang hingga besar dapat anda jumpai saat mengegelingi Monumen Jogja Kembali. Gemerlapnya lampion yang disajikan saat malam hari tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, berbagai jenis bentuk lampion dapat anda gunakan sebagai latar belakang foto.

Keindahan lampion sudah dapat anda lihat sebelum memasuki taman. Terdapat dua pintu masuk sekaligus, yang pertama pintu dari Barat dan Pintu Timur. Saat anda memasuki pintu masuk taman, anda akan disuguhkan dengan pemandangan lampion besar yang berbentuk setengah lingkaran.

Selanjutnya, anda juga bisa melihat jenis lampion yang berbentuk binatang dan hewan. Terdapat juga lampion yang berbentuk tokoh kartun Disneyland, Dinosaurus hingga Naga yang menjadi daya tarik bagi pengunjung, khusunya anak-anak.

2. Lampu Hias

Selain memilki spot foto berbagai bentuk, wisata malam jogja yang satu ini juga memiliki spot foto berupa pohon yang dihiasi dengan berbagai lampu hias yang warna-warni. Tempat ini juga bisa anda gunakan sebagai latar belakang foto seolah-olah anda sedang mengunjungi tempat yang bertabur cahaya warna-warni.

Terdapat juga sebuah lorong dibagian atas yang terpasang lampion, hingga area rrumput yang dihiasi dengan lampion kecil menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih bagi wisatawan yang gemar foto dengan background yang instagramable.

3. Puri Hantu

Tempat selanjutnya yang dapat anda coba ketika mengunjungi taman pelangi jogja adalah Puri Hantu. Pengunjung yang akan mencoba wahana yang satu ini akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Saat memasuki ruangan anda akan dikagetkan dengan kemunculan hantu buatan yang datang secara tiba-tiba. Tentu dengan hal tersebut membuat jantung terasa berdebar-debar.

Setelah membeli tiket masuk, pengunjung akan diarahkan oleh pemandu wisata untuk memasuki gerbang masuk. Dilihat dari bentuknya, gerbang tersebut sudah terdapat nuansa seram yang sangat kental. Selain itu, terdapat tiari yang berawarna putih serta sebuah lampion api yang berada disebelah gerbang masuk.

Dibagian atas gerbang juga terdapat sebuah ornamen yang hampir mirip dengan hantu kuntilanak atau korban bunur diri. Sedangkan dibagian samping gerbang terdapat Bonek Chucky dan Hantu Pocong yang cukup seram.

Saat anda berjalan pertama kali memasuki wahan ini, anda akan disambut dengan sebuah peti yang berisikan mayat. Ketika melewati area pepoghonan biasanya anda akan disambut dengan teror hantu yang bikin jantung berdetak kencang. Biasanya terdapat hantu yang mengagetkan mulai dari kuntilanak, genderuwo, mumi, pocong dan hantu lokal lainya.

4. Wahana Bermain.

Selesai mencoba puri hantu, anda juga bisa mencoba berbagai wahana lainya mulai dari wahana perahyu dayung. battery car, eruo bungae, rumah ballon, trampoline, bom bom car, ATV, safari train, becak air, sepeda tanem, halicak dan masih banyak wahana lagi.

Pengunjung yang akan mencoba wahana tersebut akan dikenakan tiket sebesar Rp10.000 hingga Rp2.00 per orang. Beribicara mengenai keselamatan, pengunjung tidak perlu khawatir sebab wahana tersebut sudah memiliki standart keamaanan dan didamping oleh pemandu wahana.

Wisata Dekat Taman Pelangi Jogja

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali atau yang biasa disebut dengan Monjali monumen yang memiliki bentuk kerucut dan berawarna putih. Monjali dibangun untuk memperingati perebutan kota jogja dari tangan belanda pada saat itu. 

Jika dilihat dengan seksama, monumen ini hampir mirip dengan gedung Juang 45 Jakarta. Monumen ini berada di Dusun Jongkang, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Sindu Kusuma Edu Park

Sindu Kusuma Edu Park atau yang biasa disingkat SKE merupakan wahana permainan favorit di jogja. Taman Pelangi Jogja dikelola oleh Kusuma Agrowisata sebuah perusahaan dari Jawa Timur yang sudah melalang buana di bidang fasilitas hiburan pariwisata. 

Wahana ini hampir mirip dengan Disneyland Singapura. Alamat Sindu Kusuma Edupark berada di Jalan Jambon, Sleman, Yogyakarta.

Jogja Bay Pirates Adventure Water Park

Jogja Bay Pirates merupakan salah satu wahana yang berada di Maguo City. Wahana ini menawarkan berabgai keseruan wahana air dengan berabgai wahan yang menarik. Wahana berada di atas tenah seluas kurang lebih 11 hektare dengan 19 wahana permain air. 

Wahana ini memiliki desaign yang unik berupa Bajak Laut yang bernuansa tropis. Alamat Jogja Bay Pirates Adventure Water Park berada di Jalan Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata taman pelangi jogja. Bagi anda yang ingin merasakan wisata alam bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman lainya. Tetap Patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat Berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.