Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

The Lost World Castle Tiket, Spot Foto, Lokasi & Rute Terbaru 2021

The Lost World Castle

The Lost World Castle Harga Tiket: Rp30.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Petung Merapi, Petung, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55883.

The Lost World Castle - Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki destinasi wisata yang beragam. Kota yang terkenal dengan makanan gudeng ini menyimpan banyak tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner dapat anda jumpai dikota ini. Salah satu wisata yang sedang hits saat ini adalah The Lost World Castle. Wisata yang letaknya dibawah lereng gunung merapi mendapat antusias yang lebih dari wisatawan khusunya kalangan anak muda.

Sekilas nama wisata The Lost World Castle Jogja memang sedikit menyeramkan, namun pemilihan nama tersebut karena wisata jogja tersebut memiliki desaign bangunan yang menyerupai benteng takesi disalah satu hiburan tv jepang yang pernah trending saat itu di televisi Indonesia. 

Sedangkan untuk kata Lost World dipilih karena bangunan ini didirikan diatas tanah yang dulu pernah hilang akibat lahar gunun merapi. Nama desa tersebut adalah Desa Kuharjo.

Jika dilihat dengan lebih jelas, bangunan ini menyerupai benteng yang dibangun pada zaman kerajaan dulu kala. Warna temboknya yang hampir mirip dengan benteng asli, membuat wisatawan seolah-olah pada benteng sebenarnya. Bangunan ini memiliki seluas kurang lebih 1,3 hektare.

The Lost World Castle Tiket, Spot Foto, Lokasi & Rute Terbaru 2021
Spot Foto The Lost World Castle Terbaru (Source : Instagram)

Kawasan ini dulunya adalah bekas desa yang hancur akibat letusan gunung merapi. Namun beberapa masyarakat mempunyai inisiatif untuk membangun destinasi wisata. The Lost World Castle Yogyakarta menggunakan batu sisa letusan gunung merapi sebagai bahan bangunan utamanya. Walaupun berada dikawasan yang rawan bencana, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama saat akhir pekan dan libur panjang.

Hal yang membuat tertarik untuk mengunjungi wisata ini adalah terdapat banyak spot foto yang instagramble. Pemandangan gunung merapi juga sangat terlihat dengan jelas dari wisata ini. 

Kombinasi pemandangan gunung merapi dan spot foto yang bagus tentu akan menghasilkan foto yang keren. beberapa spot foto yang dapat anda coba yaitu spot foto 3D, spot foto Paradise Gate yang seolah-olah anda berjalan menggunakan tangga menuju langit.

Baca Juga: Tiket Masuk Merapi Park Yogyakarta.

Lokasi The Last World Castle

Wisatawan dapat menemukan dengan mudah lokasi The Lost World Castle Jogja. Letaknya juga berada di kawasan wisata merapi lainya seperti Lava Tour Merapi, Tebing Breksi, dan Wisata Kaliurang. Namun hal yang harus anda ketahui, jalan menuju lokasi berupa tanjakan dan tikungan. Oleh sebab itu pastikan kendaraan anda dalam kondisi normal dan tidak ada kendala sedikitpun.

Alamat The Last World Castle berada di Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju The Lost World Castle

Bagi anda yang ingin menuju The Lost World Castle Kaliurang aksesnya sudah sangat mendukung, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor untuk menjangkau The Lost World Castle.

Wisatawan yang sedang berada dipusat kota jogja dan ingin menuju ke lokasi wisata ini dapat menggunakan rute berikut. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jalan Kaliurang, ikuti saja jalan tersebut keutara menuju arah Gunung Merapi. Selanjutnya arahkan kendaraan anda menuju Jalan Bebeng dan tiba di Kopi Merapi.

Dari Kopi Merapi, lanjutkan perjalanan ke arah timur menuju Desa Kapuharjo. Tidak selang lama, anda sudah dapat melihat bangunan benteng dari kejahuan. Jarak The Lost World Castle dari Malioboro sekitar 29 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kondisi lalu-lintas normal.

Harga Tiket Masuk The Lost World Castle

Wisatwan yang akan menikmati susana benteng zaman dahulu dengan kombinasi pemandangan gunung merapi yang cantik tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp30.000 per orang (Senin - Jumat) dan Rp50.000 (Sabtu-Minggu) .

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas The Lost World Castle

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke The Lost World Castle tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Pengelola wisata sudah membangun beberapa fasilitas yang sangat lengkap untuk wisatawan gunakan, beberapa fasilitas tersebut diantaranya.
  • Kamar mandi
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Spot foto
  • Warung makan
  • Mini Cafe
  • Berbagai wahana
  • Papan informasi

Daya Tarik The Lost World Castle

Bentuk Bangunan

Sesuai dengan nama, wisata ini bertemakan bangunan yang menyerupai benteng perang. Banyak wisatawan yang mengangap wisata ini mirip dengan serial tv Jepang yaitu Benteng Takesi. Dengan bentuk bangunanya yang unik tak hayal wisata ini cepat terkenal di jejaring media sosial terutama instagram dan twiter.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini seolah-olah berada dibenteng kerajaan. Saat menyusuri wisata ini  anda dapat bisa melihat detail bentuknya mulai dari penataan lokasinya yang sangat mirip dengan kompleks istana.

Dahulu daerah ini pernah terkena erupsi gunung merapi yang menyebabkan satu desa hancur. Kemudian beberapa warga mempunyai inisatif untuk mendirikan sebuah wisata, nama Lost Castle sendiri mengingatkan akan dahsyatnya bencana gunung meletus saat itu.

Spot Foto Instagramble

Terletak dilereng gunung merapi, wisata ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pengelola wisata juga sudah menyedioakan beberapa fasilitas bagi wisatawan terutama spot foto. Pengunjung dapat mengabil foto dispot yang sudah disediakan, namun saat hari-hatri tertentu spot foto cukup ramain oleh sebab itu anda harus bersabar mengantri.

Salah satu spot foto yang keren adalah spot foto sayap, dimana wisatawan dapat menempatkan dirinya diantara dua sayap. Seolah-olah sayap tersebut miliki anda.

Tidak hanya itu saja, terdapat salah satu spot foto yang keren adalah Paradise Gate. Dimana terdapat tangga yang menjulang tinggi ke langit seolah-olah tak berujung. Objek wisata yang satu ini menjadi perpaduan yang sangat cocok ketika kabut turun. Bagi anda yang kurang dengan foto yang dihasilkan, anda juga dapat mencoba area Wahana Wild West khas suku india. Anda juga bisa menyewa perlengkapanya dengan harga sewa Rp10.000 per orang.

Spot Foto 3D

Tidak hanya foto dengan latar belakang suasan di jepang dan india, The Lost World Castle juga terdapat spot foto 3D yang unik. Terdapat beberapa spot foto 3D yang dapat wisatawan gunakan. Dari hasil foto tersebut seolah-olah nada sedang berada didunia aslinya.

Terdapat foto 3D berupa air terjun dan jembatan kayu. Dimana wisatawan seolah-olah sedang menyebrangi jembatan kayu dengan air terjun yang memiliki debit yang deras.Tidak hanya itu saja, terdapat foto permadani terbang. Pengunjung seolah-olah sedang terbang.

Spot foto The Lost World Castle selanjutnya adalah berupa Landmark Dunia. Terdapat beberapa landmark dunia seperti Stonhenge, Pohon Sakura Jepang, Hingga perkampunga suku India. Tidak hanya itu saja, dibagian pojok juga terdapat spot foto yang menyerupai film-film yaitu berupa tulang fosil telur Dinasaurus yang sangat lengkap.

Wisata Dekat The Lost World Castle

1. Stonhenge Jogja

Stonhenge Jogja merupakan salah satu situs warisan dunia yang dibangun menyerupai aslinya yang berada di Inggirs. Bangunan yang berupa kumpulan batu ini dibangun ada era Perunggu dan Neolitikum. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke inggirs untuk menikmati wisata ini, sebab di daerah Jogja tepatnya di Cangkringan, Sleman anda dapat menikmati wisata ini seolah-olah asli.

2. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum yang berada di Yogyakarta. Museum ini dikembangkan langsung dengan nama Ndalem Kaswagaran yang berarti Rumah Surgaa. Memasuki gerbang masuk, wisatawan akan melihat ruang pamer berupa restoran dan artshop.

Museum budaya ini menyuguhkan berabgai benda peninggalan sejarah, mulai dari patung dan barang sejarah lainya. Semua benda yang berada dimuseum ini terawat dengan baik. Tidak hanya itu saja, dimuseum ini juga pernah diadakan acara tertentu dengan standart Internasional.

3. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi merupakan salah satu museum yang bersejarah di Yogyakarta yang didalamnya terdapat sejarah gunung merapi dan bekas letusan merapi. Museum yang berada dikawasan Kaliurang ini diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 oleh Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral Bapak Purnomu Yusgiantoro.

Bangunan ini berada di atas lahan seluas 3,5 hektare. Musuem ini terkenal dengan semboyan Merapi Jendela Bumi. Terdapat dua lantai yang berada di Museum Gunung Merapi Jogja, pada lantai pertama anda dapat melihat peroses letusan gunung merapi secara langsung.

4. Candi Plaosan

Candi Plaosan Jogja merupakan candi yang berada diantara perbatasan provinsi jogja dan kabupaten klaten. Secara administrasi candi ini terletak di Kabupaten Klaten. Bagi anda yang sedang berlibur kejogja tidak perlu khawatir karena jarak wisata candi dengan malioboro cukup dekat, lokasinya yang berdekatan dengan candi prambanan.

Singkat cerita Candi Plaosan dibangun oleh oleh Rakai Pikatan yang merupakan Raja dari kerajaan Syailendra untuk hadiah istrinya yang bernama Pramodyawardani. Uniknya kedua pasangan semua istri tersebut berasal dari dua kepercayaan yang berbeda yaitu Hindu dan Budhha.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata The Lost World Castle Jogja. Bagi anda yang ingin mendapatkan suasan baru bisa mengunjungi salah satu wisata sleman lainya. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.