Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tlogo Putri Kaliurang, Wisata Alam Jogja Sleman Terbaru 2021

Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang Harga Tiket: Rp6.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: 0821-3159-8297 - Alamat: Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55582.

Tlogo Putri Kaliurang - Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki tempat wisata yang harus anda kunjungi ketika sedang berlibur ke kota ini. Kota yang dijuluki dengan kota budaya ini menyimpan banyak destinasi tempat wisata mulai dari wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah hingga wisata alam yang bisa anda sanmabangi. Salah satu wisata alam yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Tlogo Putri Kaliurang.

Tlogo Putri Kaliurang merupakan salah satu wisata air terjun kaliurang jogja yang berada di Yogyakarta. Penamaan Tlogo Putri terjadi karena dahulu tempat ini dijadikan tempat pemandian bidadari kayangan. Menurut ceritanya, kono siapa saja yang membasuh muka menggunakan air yang berada di tlogo putri maka orang tersebut akan awet muda.

Wisata air terjun ini menjadi salah satu wisata yang memadukan nuansa alam yang sangat bagus. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat wisatawan akan merasakan hawa yang sejuk.

Wisata alam ini dikelola secara langsung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sehingga tata kelola wisatanya sudah bagus. Wisata ini juga sangat cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga, karena disini juga terdapat beberapa wahana yang bisa di mainkan oleh anak-anak. Beberapa wahana tersebut adalah ayunan, bermain kano, jungkat-jungkit, flying fox dan berbagai wahana lainya.

Tlogo Putri Kaliurang, Wisata Alam Jogja Sleman Terbaru 2021
Gambar Tlogo Putri Kaliurang (Source : Instagram)

Selain itu terdapat beberapa pertunjukan seni yang dapat anda lihat, beberapa grup kesenian bergantian untuk menyuguhkan berbagai jenis kesenian mulai dari jathilan, campur sari, topeng ireng, kubro siswa, oreks melau dan masih banyak lagi kesenian khas jawa lainya. Wisatawan tidak akan dikenakan biaya untuk melihat pertunjukan seni ini, namun pertunjukan ini hanya disajikan setiap akhir pekan saja.

Baca Juga: Air Terjun Tlogo Muncar, Wisata Air Terjun di Jogja Terbaru 

Lokasi Tlogo Putri Kaliurang

Wisatawan yang mengunjungi wisata air terjun tlogo putri kaliurang jogja ini tidak perlu khawatir lagi karena lokasinya berada di dekat wisata kaliurang lainya seperti tlogo muncar, batu alien, lava tour merapi dan museum gunung merapi. Akeses menuju lokasinya pun sduah sangat mendukung, jalanya sudah beraspal dan dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi.

Alamat Tlogo Putri Kaliurang berada di Jl Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Tlogo Putri Kaliurang

Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota seperti malioboro dan nol kilometer dapat menggunakan rute ini untuk menuju ke wisata air terjun tlogo putri kaliurang. Pertama, arahkan kendarraan anda ke timur menuju Jl KH Ahmad Dalan lalu menuju Jl Panembahan Senopati kemudian belok ke kiri menuju Jl Mayor Suryotomo.

Dari Jl Mayor Suryotomo arahkan kendaraan anda menuju CS Finance kemudian belok ke kiri menuju Jl Mataram hingga menemukan Bunderan. Dari bunderan ambil arah menuju Jl Mas Suharto Jambu kemudian belok ke kiri menuju Jl Tukangan dan belok kiri lagi menuju Jl Yos Sudarso.

Dari Jl Yos Sudarso ambil arah jalan tengan kemudian ke kanan menuju Jl Faridan Muridan Noto kemudian belok ke kiri menuju Jl Suroto, setelah itu melewati Toko Gramedia ke kiri sekitar 350 meter dan ambil Jl Cik Ditiro. Setelah itu ambil arah menuju Jl Terban kemudian belok ke kanan menuju Jl Persatuan, setelah melewati KFC UGM ambil arah menuju Jl Kaliurang.

Dari Jl Kaliurang arahkan kendaraan anda menuju Kantor Pos Gentan kemudian belok ke kanan hingga menemukan Jl Astomulyo, dari jalan tersebut arahkan kendaraan anda menuju JL Malangyudo dan ke Jl Tlogo Putri belok sedikit tujuan anda berada disebelah kiri.

Jarak yang akan anda tempuh sekitar 23 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 35 sampai 45 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Spot Riyadi Jogja : Harga Tiket Masuk, Rute & Lokasi Terbaru 2021

Harga Tiket Masuk Tlogo Putri Kaliurang

Wisatawan yang akan memasuki objek wisata kaliurang ini tidak perlu khawatir, karena harganya cukup terjangkau. Wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Ro6.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp10.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil dan Rp20.000 untuk bus besar.

Fasilitas Tlogo Putri Kaliurang

Siapa sangkat objek wisata kaliurang yang satu ini memiliki banyak fasilitas yang dapat wisatawan manfaat kan. Pengelola wisata berharap supaya wisatawan yang berkunjung tetap mematuhi peraturan yang sudah dibuat dan tidak merusak atau membuang sampah sembarangan, beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Wahana biangla
  • Taman bermain anak
  • Panggung hiburan saat akhir pekan
  • Wahana bebek air
  • Wahana Kano
  • Mengelilingi bukit
Baca Juga: The Lost World Castle Tiket, Spot Foto, Lokasi & Rute Terbaru 2021

Daya Tarik Tlogo Putri Kaliurang

1. Pemandangan Alam

Wisata Kaliurang yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona untuk dikunjungi. Nama Tlogo sendiri identik dengan telaga, namun wisata ini tidak hanya menyuguhkan telaga nya saja, namun juga menyuguhkan pemandangan alamnya yang sangat indah. Wisatawan juga dapat melihat pemandangan Gunung Merapi dengan sangat jelas, karena memang lokasi wisata ini dibawah lereng gunung merapi.

2. Wahana Bermain

Bagi anda yang sudah menikmati pemandangan telaga, wisatawan juga dapat mecoba berbagai wahana bermain yang sangat keren. Beberapa wahana bermain seperti ayunan, jungkit-jungkit, biangla dan wahana kano dan anda coba. Wahana tersebut juga bisa anda gunakan sebagai tempat bermain untuk anak-anak. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat berbagai kesenian jawa yang diadakan setiap akhir pekan.

3. Spot Foto Menarik

Berliburan kurang lengkap rasanya jika belum mendapatkan foto, oleh sebab itu wisata alam ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Wisata yang memiliki pemandangan berupa jembatan ditengah telaga  dengan gaya modern tentu akan menjadi latar belakang foto anda lebih cantik. Selain itu, terdapat background gunung merapi yang sangat gagah juga bisa anda gunakan sebaga latar belakang foto.

4. Wahana Flying Fox

Bagi wisatawan yang menyukai olahraga outdoor yang menantang adernaline, wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Sebab wisata ini menyediakan wahana flying fox sepanjang 30 meter dengan standart keamanan yang sudah terjamin.

Berkunjung ke Tlogo Putri Kaliurang Jogja akan menjadi kesenangan tersendiri bagi wisatawan. Selain harga tiketnya yang murah, wisatawan juga dapat merasakan kesegaran udara peugnungan yang masih asri. Wisata ini sangat cocok untuk menghilangkat penat akibat bekerja seahrian, oleh sebab itu tak heran jika objek wisata kaliurang yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

Baca Juga: Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia

Wisata Dekat Tlogo Putri Kaliurang

Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang menjadi salah satu wisata air terjun jogja yang banyak diminat oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 hingga 40 meter dengan air yang jernih dan segar tentunya. Tlogo Muncar bisa anda jadikan tujuan wisata selanjutnya saat anda sedang berlibur di jogja.

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan wisata alam yang berada di jogja. wisata ini menyuguhkan perjalanan menggunakan mobil willys yang dulunya merupakan kendaraan perang saat perang dunia ke 2. Wisatawan akan dibawa mengelilingi kawasan yang terdampak letusan gunung merapi pada tahun 2010 lalu. Wisatawan akan melewati jalan yang terjal dan memacu adrenaline.

Bukit Pronojiwo Kaliurang

Bukit Pronojiwo Kaliurang merupakan wisata plawangan yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Merapi. Wisatawan akan ditawarkan dengan pemandangan berupa Gunung Merapi yang berada di sisibarat daya gunung. Wisata ini juga menyediakan gardu pandang area puncak Bukit Pronojiwo yang sengaja dibuat untuk mempermudah pengamatan gunung merapi.

Penutup
Berikt diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun tlogo putri kaliurang jogja. Bagi anda yang ingin merasakan wisata alam selanjutnya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.