Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Watu Goyang Bantul, Wisata Puncak Terbaru di Yogyakarta

Watu Goyang 

Watu Goyang Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon:0878-3999-6079 - Alamat: Cempluk, Mangunan, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55783.

Watu Goyang Bantul - Berlibur ke jogja memang menjadi hal yang sangat dinantikan oleh para wisatawan. Kota yang terkenal dengan makanan gudegnya ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata alamnya yang sangat indah. Didaerah Bantul terdapat salah satu tempat wisata yang meyuguhkan pemandangan alam berupa hamparan hutan hijau yang sangat canik. Nama wisata tersebut yaitu Watu Goyang.

Watu Goyang imogiri merupakan salah satu wisata yang cukup unik. Dimana sebuah batu menjadi ikon utamanya. Nama Watu Goyang Bantu sendiri berasal dari sebuah batu yang dapat bergoyang. Dulunya tempat ini merupakan puncak biasa, namun keberadaan batu tersebut menjadi penamaanya. Menurut ceritanya, batu tersebut sudah berada dipuncak sejak ratusan tahun lalu. Pengelola wisata menjelaskan, bahwa batu ini tidak pernah jatuh atau roboh walaupun disentuh maupun didorong.

Namun pihak pengelola wisata tetap melarang wisatawan untuk menaiki batu tersebut karena berbahaya. Uniknya lagi batu ini berada di tepi jurang yang cukup dalam dan kondisi batu yang memiliki struktur yang menonjol.

Watu Goyang Bantul, Wisata Puncak Terbaru di Yogyakarta
Spot Foto Watu Goyang Bantul (Source : Instagram)

Wisatawan dapat melihat pemandangan alam berupa hamparan hutan hijau dari puncak watu goyang imogiri bantul. Jika cuaca sedang cerah-cerahnya, wisatawan juga dapat melihat gunung merapi yang nampak jelas dibagian utara. Selain itu, wisata ini sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata alam bertemakan puncak. Pengunjung dapat merasakan udara sejuk khas pegunungan yang tidak mungkin anda dapatkan didaerah perkotaan.

Baca Juga:  Watu Amben, Tempat Santai Terbaik di Jogja

Lokasi Watu Goyang 

Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor untuk menuju ke lokasi wisata ini. Akses jalanya yang sudah bagus berupa jalan yang beraspal akan mempermudah wisatawan untuk menemukan lokasinya. Namun hal yang harus anda waspadai adalah rute jalan menuju lokasi berupa tanjakan dan tikungan yang cukup tajam. Untuk itu pastikan kendaraan anda dalam kondisi normal dan tidak ada kendala sedikitpun.

Alamat Watu Goyang berada di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Watu Goyang

Bagi anda yang sedang berada di kota jogja, tidak perlu khawatir karena wisata ini mudah ditemukan tanpa menggunakan goggle maps sekalipun. Anda dapat menggunakan rute sebagai berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Pangurakan kemudian ke arah selatan menuju Jl Brigjen Katamso setela h itu lurus hingga menemukan perempatan lalu ketimur menuju Jl Kolonel Sugiono.

Dari Jl Kolonel Sugiono arahakan kendaraan anda ke selatan menuju Jl Sisingamaraja, kemudian lurus menuju Jl Imgorigi Barat hingga menemukan pertigaan. Dari pertigaan arahkan kendaraan anda ketimur menuju Jl Bakulan Imgori, lalu lurus menuju Jl Makam Raja Imgogiri. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pertigaan lalu ambil arah menuju Jl Imogiri - Dlingo.

Lanjutkan perjalanan hingga menemukan perempatan, kemudian ke utara menuju Jl Watu Goyang. Setelah itu ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan lokasi wisatanya. 

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga lokasi wisata sekitar 19 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 40 menit dengan kondisi lalu-lintas normal. 

Bagi anda yang masih kebingungan untuk menemukan rutenya bisa mengggunakan aplikasi goggle maps atau bertanya kepada orang dipinggir jalan.

Baca Juga: Watu Ngadek, Spot Menikmati kota Jogja dari Ketinggian

Harga Tiket Masuk Watu Goyang

Bagi anda yang ingin berwisata namun tidak ingin mengeluarkan budget terlalu banyak, wisata ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Harga tiket masuk watu goyang bantul sendiri sebesar Rp3.000 per orang. 

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Watu Goyang Bantul

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini dapat merasakan udara sejuk khas pegunungan yang sangat asri. Selain itu, beberapa fasiltias yang dibangun oleh pihak pengelola wisata juga dapat anda gunakan. 

Namun, anda harus tetap menjaga serta mematuhi peraturan yang sudah dibuat. Beberap fasilitas tersebut diantaranya:
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warun makan dan minum
  • Gazebo
  • Tempat parkir
  • Spot foto
Jam Buka Watu Goyang beroprasi selama 24 jam penuh

Daya Tarik Watu Goyang

Wisata yang dibuka pada tahun 2016 lalu ternyata memiliki berbagai wahan seru serta fasilitas yang cukup memadai. Wisatawan yang bekrunjung ke tempat ini tidak akan bosan karena dapat bersantai sambil menikmati pemandangan yang ada.

Baca Juga: Rekomenadasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Keunikan Watu Goyang.

Hal pertama adalah nama wisatanya yang cukup unik, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan melihat batu yang berukuran cukup besar. Batu tersebut merupakan batu yang sudah ada sejak lama. Batu tersebut juga tidak akan roboh walaupun disentuh sekalipun. 

Namun untuk menjaga keselamatan pengunjung, pihak pengelola wisata melarang pengunjung untuk berofoto dari atas batu tersebut.

Menurut ceritanya, Sultan Agung yang merupakan Raja Mataram Islam mendapatkan petunjuk tentang keberadaan tanah wangi. Melalui burung merak yang berada di atas batu dan terbang menuju ke arah bukit Imogiri yang menjadikan Bukit Imogiri menjadi makam para Raja Mataram.

Sunset di Gardu Pandang

Objek wisata ini juga sangat cocok bagi anda yang mempunyai hoby fotograi. Sebab diwisata ini sudah menyedikan garu pandang yang menarik berupa bentuk helikopter, helipet dan panggung kayu. Dari atas gardu pandang ini anda dapat menjumpai patung kayu merupakan yang merupakan simbol dari wisata watu goyang imogiri bantul.

Gardu pandang tersebut menjadi hal yang dinantikan oleh para wisatawan khusunya bagi anda yang ingin menghasilkan foto dengan latar belakang sunset. Untuk mencoba gardu pandang ini, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri anak tangga yang cukup menanjak.

Taman Bunga Matahari

Tidak hanya itu saja, di wisata ini juga terdapat taman bunga matahari yang sangat digemari. disekitar taman juga terdapat gazebo yang dapat anda gunakan untuk bersantai sembari menikmati bunga matahari yang sangat cantik. Tidak hanya bunga matahari saja, wisatawan juga dapat melihat berabgai bunga yang memiliki warna beragam.

Berjalan ke atas lagi anda akan sampai di puncak watu goyang dengan melewati jalan setapak. Selain itu, sepanjang perjalanan juga sudah dilengkapi penyewaan jeep bagi wisatawan yang tidak ingin jalan kaki.

Wisata Kuliner

Setelah menikmati pemandangn dari puncak, pengunjung juga bisa bersantai sejenak sambil menikmati makanan tradisonal yang berada disalah satu warung. Salah satu makanan tradisonal itu adalah Tiwul. Banyak pengunjung yang rela mengantri untuk merasakan makanan tradisional khas gunung kidul.

Selain itu, wisatawan juga dapat merakan minuman tradisonal juga. Anda dapat memilih minuman tersebut mulai dari minuman insatan hingga minuman tradisonal. Salah satu minuman tradisional yang banyak diminati adalah wedang jahe merah, wedang uwuh, dan aneka jamu lainya.

Wisata Dekat Watu Goyang

Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur adalah salah satu wisata yang lokasinya tidak jauh dari watu goyang bantul. Wisata yang belum lama dibuka ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Dari puncak pengunjung dapat melihat pemandangan pegunungan seribu yang berada di gunung kidul.

Kawasan Tebing Watu mabur yang belum terkenal ditelinga wisatawan. Hal ini karena wisata ini dibuka pada saat wisata mangunan mulai banyak dikunjungi wisatawan. Dahulu tempat ini merupakan kawasan yang digunakan untuk kegiatan perkemaahan. Areanya yang cukup luas dapat menampuh puluhan tenda yang berukuran besar.

Pantai Watu Lumbung

Pesona Keindahan Pantai Watu Lumbung sudah tidak perlu diragukan lagi. Pantai yang memiliki sebuah batu beurkuran raksasa ini dapat anda lihat dari pinggir pantai. Pantai ini juga memiliki karakterisitk yang hampir sama dengan Pantai Papuma yang berada di Jember, Jawa Timur.

Pantai ini memiliki bentuk yang cukup unik yaitu berupa lumbung yang berukuran cukup besar. Lumbung sendiri adalah tempat untuk penyimpanan padi. Pantai ini letaknya sedikit menjorok 50 meter dari pinggi pantai, saat surut wisatawan juga dapat menyebrang untuk melihat batu raksasa lebih dekat.

Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok merupakan pantai yang memiliki batu karang yang bentuknya menyerupai kodok. Batu tersebut bedada di sisi barat dan timur, keberadaan batu tersebut menjadi ikonik dari pantai ini. Pantai yang memliki ukuran cukup luas dapat nada gunakan untuk bermain pasir putih maupun berenang ditepian pantai.

Pantai ini juga memiliki spot foto yang sangat indah. Bagi pengunjung yang mempunyai hobby fotografi sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini. Selain terdapat spot foto, tempat ini juga terdapat area camping bagi wisatawan yang akan bermalam.

Penutup
Berikut diatas merupakan ulasan dari yanacircle.com tentang wisata watu goyang imogiri. Bagi anda yang ingin merasakan suasan baru, bisa mengungi salah satu tempat wisata bantul lainya. Tetap patuhi protoko kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencucui tangan. Selamat Berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.