Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Watu Tapak Camp Hill Jogja: Lokasi, Rute, & Harga Tiket Masuk Terbaru

Watu Tapak Camp Hill Jogja

Watu Tapak Camp Hill Jogja Harga Tiket: Rp40.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kompleks Tebing Breksi, Gn Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55572.

Watu Tapak Camp Hill Jogja - Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata alam yang dapat anda coba ketika sedang berada di jogja. Salah satu tempat wisata camping yang menyuguhkan pemandangan utama berupa Gunung Merapi adalah Watu Tapak Camp Hill Jogja.

Watu Tapak Camp Hill Jogja merupakan salah satu tempat camping yang berada di jogja. Wisata yang baru di buka pada tanggal 19 Okotober 2018 tergolong wisata yang banyak diminati oleh wisatawan terutama dari kalangan muda. Dengan mengusung tema serba digital, banyak dari genarsi milenial yang sering mengunjungi wisata ini terutama saat akhir pekan maupun libur panjang.

Watu Tapak Camp Hill Jogja: Lokasi, Rute, & Harga Tiket Terbaru
Watu Tapak Jogja (Source: visitingjogja.com)

Lokasi Watu Tapak Camp Hill

Wisatawan dapat menemukan dengan mudah tempat camping jogja yang satu ini karena lokasinya berdekatan dengan  Wisata Tebing Breksi. Akses menuju lokasinya sudah sangat mendukung dan dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor.

Alamat Watu Tapak Camp Hill berada di Kompleks Taman Tebing Breksi, Gn Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Watu Tapak Camp Hill

Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota jogja seperti, nol kilometer, malioboro, dan tugu jogja dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokas wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Candi Prambanan, setelah itu menuju pasar prambanan. kemudian arahkan kendaraan anda belok ke kanan menuju ke Piyungan.

Setibanya di pasar Prambanan arahkan kendaraan anda menuju Tebing Breksi Jogja. Setelah itu arahkan kendaraan anda menuju Candi Ijo hingga menemukan pertigaan sebelum SD Negerti Sambirejo, dari pertigaan tersebut belok ke kiri dan ikuti saja jalan tersebut kurang lebih 1 kilometer hingga sampai dilokasi wisata.

Jarak yang akan tempuh dari pusat kota jogja sekitar 17 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Bagi anda yang kesulitan menemukan lokasinya bisa menggunakan goggle maps.

Baca Juga: Tebing Breksi Jogja, Wisata Bernuansa Ukiran Batu Kapur

Harga Tiket Masuk Watu Tapak Camp Hill

Bagi wisatawan yang akan menikmati keindahan malam dari Watu Tapak Jogja akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp40.000 per orang. Dengan harga tersebut anda sudah dapat melihat pemandangan kota jogja yang indah dan dapat menikmati semua fasilitas yang sudah tersedia.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 dan Rp10.000 untuk kendaraan pribadi atau kendaraan bermotor.

Fasilitas Watu Tapak Camp Hill Jogja

Berbicara tentang fasilitas, watu tapak camp hill sudah memiliki banyak fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan dapat menggunakan beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Tempat Parkir
  • Kamar mandi
  • Listrik sampai ke tenda
  • Toilet duduk dan jongkok
  • Warung makan
  • Spot foto
  • Mushola
Baca Juga: Candi Ratu Boko Jogja: Sejarah, Harga Tiket Masuk & Lokasi.

Daya Tarik Watu Tapak Camp Hill Jogja

Berkonsep Noumadic Tourism & Digital Destination

Watu Tapak Camp Hill yang satu ini mengusung tema yang unik dan berbeda paga umumnya. Dilansir oleh berbagai sumber, menurut Koordinator GenPi Jogja, Nunung Elizabeth. Wisata ini mnegusung konsep Noumadic Tourism & Digital Destinastion.

Sebab mengusung Digital Destinasion, wisatawan yang berkunjung akan membayar transaksi dengan sistem e-money. Sistem ini dgunakan sebagai salah satu pindikator pelengkap namun tetap menunjukan bahwa destinasi digital tidak hanya instagenic saja.

Pemandangan Kota Jogja

Destinasi wisata yang satu ini cocok bagi anda yang ingin menikmati malam dengan tenang. Wisatawan dapat mendirikan tenda di lokasi wisata, lokasinya yang menghadapat ke arah barat dan utara membuat anda dapat melihat pemandangan kota jogja dengan lebih jelas.

Selain itu, saat cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat pemandangan Bandara Adisucipto, Situs Ratu Boko, Candi Prambanan, Candi Barong hingga Gunung Merapi yang nampak gagah. Saat malam hari, pemandanganya pun tidak kalah cantik, wisatawan dapat melihat gemerlap kota jogja yang sangat indah.

Konsep Tanah Terasiring

Kontor tanah yang bertingkat-tingkat atau terasiring yang berada sekitar lokasi dimanfaat oleh GenPi selaku pemilik wisata Watu Tapak Camp Hill. Tanah tersebut sengaja tidak diratakan namun tetap dioptimalkan. Masing-masing undakan atau tingkat memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di bagian atas difungsikan sebagai food truck, kedua digunakan sebagai parkir campervan, dan ketiga untuk camping ground.

Objek wisata yang satuini mampu menampung 50 tenda camping sekaligus. Selain camping ground, terdapat juga berbagai pangung atraksi untuk pagelaran dan beberapa event tertentu. Sementara itu di tanah bagian 4 digunakan sebagai lahan hijau yang asri.

Wisata Dekat Watu Tapak Camp Hill

Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan salah satu wisata alam jogja dengan latar belakang berupa ukiran batu kapur yang indah. Saat ini Tebing Breksi Jogja menjadi salah satu wisata batu yang cukup populer di Yogyakarta. Wisata ini juga menyediakan fasilitas pendukung yaitu Tlatar Seneng yang berfungsi sebagai amphitheater atau panggung terbuka untuk pertunjukan seni maupun event-event tertentu.

Wisata ini juga banyak digemari oleh pengunjung, terutama bagi wisatawan yang memiliki hobi fotografi. Alasanya adalah pemandangan ukiran batu kapur dengan lampu shotrt yang berwarna-warni dan pemandangan gunung merapi yang sangat indah.

Harga tiket masuk tebing breksi sebesar Rp5.000 per orang.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau yang biasa disebut dengan Situs Ratu Boko merupakan peninggalan sejarah yang berada di Yogyakarta. Penamaan situs ratu boko karena terdapat reruntuhan isatana yang yang bangunanya sudah tidak menyerupai candi lagi. Tempat ini juga biasa disebut dengan Keraton Ratu Boko.

Banyak wisatawan yang datang ke kawasan candi ini hanya untuk melihat pemandangan matahari tenggelam (sunset). Memang pemandangan sunset di situs ratu boko tidak perlu diragukan lagi, bahkan beberapa fotografer sering terlihat di sekitar objek wisata.

Untuk menikmati kawasan candi, Wisatawan akan dikenakan biaya masuk candi ratu boko sebesar Rp40.000 per orang.

Candi Banyunibo

Candi Banyunibo merupakan salah satu yang bercorak agama Budha. Letak candi banyunibo berada dekat dengan Candi Ratu Boko dan Candi Ijo. Bangunan candi ini dibangun pada abad ke-9 masehi pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Nama Banyunibo sendiri berasal dari bahsa jawa yang berarti air jatuh dan menetes. Candi ini pertaka kali ditemukan dalam kondisi rusak dan mulai di rehab pada tahun 1940an.

Harga tiket masuk candi banyunibo sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk bagi wisatawan asing.

Candi Barong

Candi Barong merupakan salah satu candi peninggalan agama hindu. Nama Barong sendiri berasal dari hewan Barong atau Singa. Candi ini juga memiliki nama lain yaitu Candi Sari Suragudeg. 

Hal tersebut bermula dari penemuaan sebuah prasasti dikawasan Candi Ratu Boko yang menceritakan tentang kawasan bangunan yang berkaitan dengan Candi Barong Jogja. Pada prasasti tersebut menceritakan bahawa Sri Kalasoibhava atau Sri Kumbaja akan membangun tiga lingga pada tahun 856 masehi.

Harga tiket masuk candi barong sebesar Rp5.000 per orang.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata watu tapak camp hill jogja. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata di sleman harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.