Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Sekar Langit: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Air Terjun Sekar Langit Harga Tiket: Rp4.000 Jam Buka: 07.30-17.00 WIB  No. Telepon: - Alamat: Desa Tlogorejo, Kec. Grabag, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56196.
Air Terjun Sekar Langit - Magelang merupakan daerah yang terkenal sebagai kota bunga. Daerah ini memiliki cukup banyak wisata alam yang belum sepenuhnya terdengar di telinga wisatawan. Salah satu tempat wisata alam di magelang tersebut yaitu Air Terjun Sekar Langit Grabag Magelang.

Air Terjun Sekar Langit Magelang terkenal dengan salah satu legenda yang cukup populer di Indonesia yaitu Jaka Tarub. Konon tempat ini pernah disinggahi oleh Bidadari.

Air Terjun Sekar Langit: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Air Terjun Sekar Langit Grabag Magelang (Image Source: Instagram)

Air Terjun ini memiliki air yang jernih dan bersih sehingga menjadi terkenal karena harga tiket masuknya yang murah meriah. Oleh sebab itu, wisata alam magelang tersebut menjadi salah satu tujuan para wisatawan yang sedang berlibur di magelang.

Baca Juga: Hutan Pinus Kragilan Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Air Terjun Sekar Langit.

Alamat Air Terjun Sekar Langit berada di Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Rute Air Terjun Sekar Langit

Bagi wisatawan yang sedang berada di kota magelang, Temanggung, dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke objek wisata.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Secang kemudian menuju arah Grabag. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Grabag, kemudian belok ke kanan menuju Terminal Baru dan arahkan kendaraan anda menuju Ngablak.

Setelah itu, anda dapat memasuki Gerbang masuk yang berada di sebelah kiri jalan. Sedangkan wisatawan yang datang dari arah Kopeng, Salatiga, dan sekitarnya arahkan kendaraan anda menuju Desa Getasan. Kemudian ambil ke kanan hingga menemukan pintu gerbang masuk.
Baca Juga: Svargabumi Borobudur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sekar Langit

Wisatawan yang akan menikmati kesegaran air terjun sekar langit akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp4.000 per orang. Selain itu, pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

TIKET MASUK AIR TERJUN SEKAR LANGIT
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 4.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

NB: Air Terjun Sekar Langit buka setiap hari Senin-Minggu pada jam 07.30-17.00 WIB

Fasilitas Air Terjun Sekar Langit

Wisata air terjun ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas sudah disediakan pengelola untuk menunjang kegiatan para wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Jalan setapak

Daya Tarik Air Terjun Sekar Langit

Legenda Air Terjun

Air Terjun Sekar Langit: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Air Terjun Sekar Langit Magelang (Image Source: Instagram)

Air Terjun Sekar Langit memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Kawasan sekitar air terjun terdapat tumbuhan liar dan beberapa batu hitam yang berukuran besar. Kondisi air tersebut juga sangat bersih, dingin, dan sangat jenuh.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung juga dapat menikmati air terjun dengan bersantai di sekitarnya maupun bermain air. Saat musim penghujan tiba, wisatawan harus sedikit berhati-hati karena debit air cukup besar dan biasanya mendapat kiriman dari Gunung Merbabu.

Persemedian Jaka Tarub

Air Terjun Sekar Langit: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Air Terjun Magelang (Image Source: Instagram)
Keberadaan air terjun sekar langit juga dikaitkan dengan sosok Jaka Tarub yang melihat para bidadari yang turun dari kayangan untuk mandi. Konon katanya, beliau mencuri kain salah satu bidadari yang bernama Nawang Wulan.

Menurut cerita masyarakat sekitar, lelaki yang bertapa di pertapaan Jaka Tarub akan dipermudah urusannya dalam mencari jodoh. Tidak hanya itu saja, air terjun tersebut juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Jembatan Pelangi

Setelah melakukan perjalanan menuju air terjun, wisatawan akan disambut dengan gemuruh suara deburan air yang cukup deras. Untuk sampai di lokasi air terjun, wisatawan harus menyebrangi sungai yang cukup lebar.

Tepat di atas sungai tersebut, terdapat sebuah jembatan kayu yang berwarna warni. Dahulu jembatan memiliki warna polos, namun berkat kreatifitas pihak pengelola maka ditambahkan berbagai motif warna-warni. Anda juga bisa menggunakan jembatan ini sebagai latar belakang foto.

Wisata Dekat Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sumuran

Air Terjun Sumuran atau yang biasa disebut dengan Air Terjun Seloprojo merupakan salah satu air terjun di magelang. Objek wisata yang satu ini keberadaanya masih jarang diketahui oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki dua buah grojogan, yang pertama bernama Air Terjun Senthong.

Top Selfie Kragilan

Hutan Pinus Kragilan Magelan merupakan wisata yang terkenal dengan sebutan Top Selfie Pinusan Kragilan menjadi tujuan wisatawan yang ingin mendapatkan foto bernuansa hutan. Beberapa spot foto dapat wisatawan gunakan sebagai latar belakang foto.

Rest Area Wonolelo

Rest Area Wonolelo Magelang merupakan tempat istirahat yang berada di Dusun Wonolelo. Rest area ini merupakan tempat istirahat menuju jalur wisata SSB (Selo-Selo-Borobudur). Tempat ini juga menjadi salah satu tempat alternatif wisatawan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan alam.

Curug Watu Ploso

Curug Watu Ploso Magelang merupakan wisata air terjun magelang yang lokasinya tidak jauh dari candi Borobudur Magelang. Wisatawan dapat menikmati keindahan curug yang sudah dikembangkan oleh para pemuda desa setempat.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun magelang yang bernama Air Terjun Sekar Langit. Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam lainya bisa mencoba salah satu tempat wisata di magelang. 

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.