Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukit Barede: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk 2021

Bukit Barede

Bukit Barede Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 04.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Sanderan Dua, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553.

Bukit Barede - Magelang memang menyimpan banyak sekali wisata alam yang mempesona. Salah satu wisata alam dengan pemandangan utama Candi Borobudur yaitu Bukit Barede.

Bukit Barede merupakan salah satu perbukitan yang berada di Pegunungan Menoreh, menurut ceritanya tempat tersebut pernah menjadi persinggahan pasukan pada saat Perang Jawa yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro.

Nama Bukit tersebut berasal dari kata Bubare Perang Gedhe yang berari selesainya perang besar. Sejak itu, bukit ini dinamakan menjadi Bukit Barede. Wisata alam ini memiliki pemandangan yang cukup indah. Dengan latar perbukitan hijau seolah-olah anda sedang berada di Lembang, Bandung.

Bukit Barede Magelang (Image Source: Instagram)

Objek wisata alam satu ini letaknya berajarak sekitar 2 kilometer dari Candi Borobudur. Panorama pegunungan dan hamparan sawah hijau yang indah membuat pengunjung tertatik untuk mengunjunginya. Tidak hanya itu saja, tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan Sunrise.

Baca Juga: Punthuk Setumbu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 2021

Lokasi Bukit Barede

Alamat Bukit Barede berada di Dusun Sendaren Dua, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Anda dapat menggunakan bantuan goggle maps untuk mempermudah menemukan lokasinya.

Rute Menuju Bukit Barede

Bagi anda yang sedang berwisata di Candi Borobudur bisa sekalian mampir ke objek wisata ini. Perlu anda ketahui bahwa bukit ini tempatnya sedikit berada di pelosok. Namun anda jangan khawatir karena akses jalan menuju tempat wisata sudah cukup baik.

Pertama, arahkan kendaraan anda ke barat menuju Purworejo. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di perempatan Bangsongan (Gardhu Londo) belok ke kiri menuju SD RINGIN PUTIH kemudian ambil arah ke kanan.

Setelah itu, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Gardu Selamat Datang di Desa Karangrejo. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan persimpangan lalu ke kiri hingga menemukan tempat parkir wisata Bukit Barede Magelang.

Harga Tiket Masuk Bukit Barede

Wisatawan yang akan memasuki Bukit Barede akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp30.000 untuk wisatawan mancarnegara.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Bukit Barede

Wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata alam magelang ini tidak perlu khawatir lagi mengenai fasilitas. Pihak pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas penunjang, beberapa fasilitas tersebut diantaranya.
  • Tempat parkir
  • Gazebo
  • Warung makan
  • Gardu Pandang
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Tempat duduk

Jam Buka Bukit Barede

Bukit Barede buka setiap hari senin sampai minggi dan buka mulai dari pukul 04.00 pagi sampai 17.00 sore.

Penginapan Dekat Bukit Barede

  • Omah Setumbu Villa
  • Mentari Pagi Homestay
  • Homestay Griya Kirana

Daya Tarik Bukit Barede

Pemandangan Sunrise

Bukit Barede Magelang menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise. Namun hal yang perlu anda tahu, sebelum menikmati sunrise anda harus bejalan kaku terlebih dahulu menuju puncak. Oleh sebab itu, pastikan anda sudah melakukan perisapan fisik.

Setibanya di puncak, anda dapat melihat pemandangan sunrise yang memukau. Tak heran jika wisatawan luar negeri maupun lokal banyak yang mengunjungi tempat ini. Biasanya mereka tiba sebelum pukul 04.00 sore atau sebelum matahari terbit.

Pemandangan Candi Borobudur

Selain dapat menikmati sunrise, wisatawan juga dapat melihat Candi Borobudur dari kejahuan. Lokasinya yang hanya berjarak 2 kilometer saja, menjadikan tempat ini menjadi salah satu tempat yang terbaik untuk menikmati candi borobudur dari ketinggian.

Pihak pengelola wisata juga sudah menyediakan gazebo dan tempat duduk yang terbuat dari kayu.  Fasilitas tersebut dapat anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Gardu Pandang

Wisata dari perbukitan tentu identik dengan gardu pandang. Dari gardu pandang ini pengunjung dapat melihat pemandangan alam dengan jelas.Selain itu, pengunjung dapat menggunakan gardu pandang ini sebagai spot foto.

Wisata Dekat Bukit Barede

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan perbukitan yang berada di pegunungan menoreh. Bukit tersebut memiliki ketinggian 1.300 mdpl, dari bukit ini wisatawan dapat melihat pemandangan candi borobudur dengan jelas.

Puthuk Mongkrong Magelang

Punthuk Mongkrong Magelang merupakan salah satu wisata magelang yang berada di Pegunungan Menoreh. Alamat lengkapnya berada di Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jarak dari Candi Borobudur ke lokasi wisata hanya sekitar 5 kilometer saja.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata alam Bukit Barede Magelang. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata magelang lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.