Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Pawon: Lokasi, Rute, Dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Candi Pawon

Candi Pawon Harga Tiket: Rp10.000-Rp20.000 Jam Buka: 09.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Bronjolan, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56553. 

Candi Pawon - Magelang merupakan daerah yang terkenal dengan wisata candinya. Misalkan saja Candi Borobudur yang menjadi salah satu candi terbesar di Indonesia. Salah satu candi yang memiliki pemandangan yang tak kalah bagus adalah Candi Pawon Magelang.

Candi Pawon merupakan salah satu candi peninggalan agama Budha yang terkenal setelah Candi Borobudur dan Candi Mendut. Namun, perbedaanya terletak pada ukuran bangunanya yang sedikit lebih kecil. Menurut penelitian arkeolog, candi pawon di bangun pada pertengahan abad ke-8.

Candi Pawon: Lokasi, Rute, Dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Candi Pawon Magelang (Image Source: Instagram)

Sejarah Candi Pawon

Pawon sendiri dalam bahasa jawa berarti Dapur. Menurut bahasa jawa kundo, candi ini memiliki istilah pawuran. Pawuran sendiri adalah tempat abu yang dahulu dimanfaatkan oleh dinasti Syailendra untuk menyimpan abu jenazah dari Raja Indra.

Nama lain candi pawon adalah Candi Branjalan yang berfungsi sebagai tempat penyeimpanan berkakas Dewa Indra yang konon bisa menguasai Petir dan Halilintar. Senjata itu bernama Vajranala yang berarti Api. Sedangkan Branjalan berasal dari Bahasa Sanskerta dimana lokasi candi ini berada di dusun Branjalan.

Hampir mirip dengan candi mendut, bangunan candi ini berbentuk klasik dengan ciri khas bangunan hindu jawa kuno dan india. Berbentuk bujur sangkar yang memiliki panjang 10 meter merupakan tempat topang batu setinggi 1,5 meter. Candi ini juga memiliki relief berbentuk suluran, manusia dan bunga.

Di samping oranamen Kalamakara terdapat ukiran 1904 yang merupakan tahun dimana candi ini dilakukan perbaikan. Saat itu, perbaikan dipimpin oleh Dinas Purbakala dan J.G De Casparis yang merupakan peniliti yang berasal dari Belanda.

Disebelah Utara candi juga terdapat pahatan yang bernama Kuwera atau Dewa Kekayan sedangkan disebelah kiri terdapat pahatan sepasang burung yang berkepala manusia yang dinamakan sebagai Kinara dan Kinari.

Baca Juga: Hutan Pinus Kragilan Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Candi Pawon

Wisata candi yang satu ini lokasinya mudah di jangkau karena tidak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendut. Alamat Candi Pawon berada di Bronjolan, Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Candi Pawon

Dari Jogja

Arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan-Jl Bhayangkara-Jl Jogonegaran-Jl Kemetiran-Jl Suprapto lurus hingga menemukan pertigaan lalu ke kanan menuju Jl Tentara Rakyat Mataram. Ikuti saja jalan tersebut hingga Jl Magelang kemudian menuju Jl Semarang-Jogja.

Setibanya diperempatan ambil arah menuju Jl Moh Yusuf kemudian menuju ke Jl Sendangsono kemudian ke Jl Mayor Kusen, belok ke kanan kemudian mengikuti Jl Jendral Sudirman hingga menemukan papan penunjuk arah menuju Objek wisata candi.

Dari Jawa Tengah (Boyolali-Temanggung)

Bagi anda yang berasal dari arah timur bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Namun, hal yang perlu anda ketahui bahwa menggunakan angkutan umum lebih memakan waktu. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi membutuhkan waktu 70 menit saja untuk sampai di lokasi candi.

Harga Tiket Masuk Candi Pawon

Wisatawan yang akan memasuki kawasan candi pawon akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 untuk wisatawan mancarnegara.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Candi Pawon

Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata candi ini tidak perlu khawatir mengenai fasilitas. Pihak pengelola wisata sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk menunjang kegiatan para wisatawan, beberapa fasilitas tersebut diantaranya:

  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Papan Informasi

Daya Tarik Candi Pawon

Bentuk Relief

Candi ini memiliki bentuk bangunan persegi di mana ukuranya tidak terlalu besar. Berbeda dengan Candi Borobudur dan Candi Mendut yang ukuranya sedikit lebih besar. Bangunan candi ini terbuat dari batu putih, terdapat juga beberapa ukuran yang rapi di sepanjang sisi bangunan candi.

Bagian candi terdapat setupa yang berbentuk kerucut. Sementara itu di dinding bagian luar terdapat relief yang lebih mengarah ke corak hayati atau tumbuhan. Terrdapat juga hiasan kinara dan kinari yang merupakan mahkluk setengah burung dan manusia.

Penamaan Candi

Siapa sangka bahwa candi pawon memiliki arti dapur dalam bahasa jawa. Karena dulu tempat ini digunakan sebagai wadah dari abu jenazah Raja Indra. Nama lain dari candi ini adalah Candi Branjalan, namun nama branjalan sendiri masih terlalu asing di telinga wisatawan.

Bentuk Bangunan Candi

Candi Pawon sendiri ditemukan pada abad ke 19 tepatnya pada tahun 1904 kemudian dilakukan perbaikan pada tahun 1908 oleh orang belanda yang bernama Van Erp.

Candi ini memili bentuk persegi dengan panjang 10 meter di setiap sisinya. Tinggi bangunan 13, meter dan memiliki bilik dengan ukuran 2,65 x 2,64 meter atau setara 5,2 meter. Bagian bawah candi terdapat arca Bodhisattva dan dua stupa pada anak tangga.

Wisata Dekat Candi Pawon

Candi Borobudur

Candi Borobudur Magelang merupakan salah satu candi yang dibangun pada tahun 750-an masehi oleh kerajaan Syailendra yang di dirikan oleh Raja Mataram bersama Samaratungga. Candi Borobudur menjadi salah satu candi Budda terbesar di Dunia. Candi ini memiliki 72 stupa yang berbentuk lonceng.

Candi Mendut.

Candi Mendut merupakan candi era kerajaan Syailendra pada tahun 824 masehi. Hal tersebut berasal dari Prasasti Karangtengah yang menuliskan bahwa Raja Indra membangun sebuah bangunan suci yang diberi nama Wenuwana.

Kampung Wisata Jamkid

Kampung Wisata Jamkid merupakan perkampung yang menyediakan berbagai wisata mulai dari menjelahi sepeda menggunakan sepeda ontel, outbond, rafting, camping ground, hingga persewaan rumah joglo untuk berbagai acara.

Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo magelang merupakan salah satu desa wisata yang memiliki konsep jawa klasik. Wisatawan dapat memiliki homestay dengan gaya Jawa Klasik. Kondisi penginapan di desa wanurejo sangat terawan dan nyaman saat digunakan.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata candi pawon magelang. Bagi anda yang ingin menikmati wisata magelang selanjutnya bisa mencari refrensi di website kami. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencucui tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.