Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desa Wisata Tembi Bantul: Alamat, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Desa Wisata Tembi Bantul

Desa Wisata Tembi Harga Tiket: Rp20.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Mriyan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.
Desa Wisata Tembi Bantul - Yogyakarta merupakan daerah yang menghasilkan banyak destiwisatanya yang unuk. Akhir-akhir ini perkembangan wisata seperti desa wisata  semakin meningkat. Salah satu desa wisata jogja yang banyak digemari oleh wisatawan adalah Desa Wisata Tembi Bantul.

Desa Wisata Tembi Bantul merupakan desa wisata yang sudah berdiri sejak tahun 2007. Objek wisata ini menarwakan berbagai kegiatan dipededesaan dan beberapa aktivitasnya kepada wisatawan. Hingga saat ini, desa wisata tembi jogja menjadi salah satu primadona bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana pedesaan.

Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas di desa wisata ini seperti menanam padi di sawah hingga belajar membatik secara langsung oleh para pengrajinya.

Desa Wisata Tembi Bantul: Alamat, Rute, dan Harga Tiket Masuk
Desa Wisata Tembi Bantul (Image Source: Instagram)
Selain itu, pihak pengelola desa wisata tembi bantul menawarkan paket wisata kuliner tradisional dengan mengelilingi GMT (Gabusan-Manding-Tembi). Wisatawan akan diajak mengelelingi 3 objek tersebut menggunakan becak dan andong. Terdapat juga paket wisata bertani seperti menanam padi, wisata outboond, dan memandikan kerbau.

Baca Juga: Pantai Depok Parangtritis: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Terbaru

Sejarah Desa Wisata Tembi

Desa Wisata Tembi Bantul berdiri pada tahun 1997. Desa ini menyuguhkan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh penduduk desa seperti bertanam, makanan tradisional, hingga kebudayaan. Suasana pedesaan yang masih asri menjadi keunggulan dari desa wisata bantul ini.

Lokasi desanya yang masih asri tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Desa yang bebeas polusi serta area persawaahan hijau dan kebudayaan jawa masih terasa di objek wisata ini.

Pihak pengelola wisata juga menawarkan berbagai paket mulai dari paket wisata kuliner tradisional yang mengajak pengunjung untuk berkeliling beberapa lokasi seperti Gabusan-Manding-Tembi dengan menggunakan becak, andong atau kereta mini.

Selain itu terdapat juga museum rumah budaya tembi atau biasa disebut dengan Tembi House of Culture yang merupakan museum dengan berbagai koleksi adat kebudayaan jawa.

Alamat Desa Wisata Tembi Bantul.

Wisatawan yang berasal dari luar daerah maupun lokal dapat menemukan desa wisata ini dengan mudah karena lokasinya berada di dekat Pantai Parangtritis. Selain itu, akses jalanya sudah sangat bagus berupa jalan beraspal yang haluus.

Alamat Desa Wisata Tembi Bantul berada di Ul Parangtritis Jl Tembi, Tembi N0.KM 8,6, Mriyan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Desa Wisata Tembi Bantul

WIsatawan yang berada di pusat kota jogja dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi desa wisata tembi bantul. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Mataram lalu ke kiri menuju Jl Walikota Suryotomo. Kemudian di teruskan menuju Jl Brigjend Katamso.

Setelah itu ambil ke kanan menuju Jl Mayjend Sutoyomo kemudian arahkan kendaraan anda menuju arah Pantai Parangtritis. Ikuti saja jalan tersebut sejauh kurang lebih 7 kilometer. Setelah melalui Insitut Seni Indonesia arahah kendaraan anda ke Desa Wisata Tembi.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga ke lokasi wisata kurang lebih 15 kilometer dan membutukan waktu perjalanan sekitar 25 menit dengan menggunakan kendaraan motor.

Baca Juga: Puri Mataram Sleman: Alamat, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Tembi Bantul

Pengunjung yang akan memasuki kawasan wisata desa wisata tembi bantul akan dikenakan biaya yang berbeda-beda. Harga tiket masuknya berkisar Rp20.000 hingga Rp50.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 per motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Fasilitas Desa Wisata Tembi Bantul

Seperti halnya dengan homestay atau penginapan pada umumnya, Desa Wisata Tembi Bantuk memiliki beberapa fasiltias yang dapat penggunjung gunakan, beberapa fasilitas tersebut yaitu
  • Tempat parkir
  • Ruang tamu
  • Kamar tidur
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Ruang Keluarga
  • Spot foto

Daya Tarik Desa Wisata Tembi

Suasana Khas Pedesaan

Penginapan Desa Wisata Tembi Bantul (Image Source: tabloidbintang.com)

Saat liburan akhir pekan atau libur panjang, pengunjung yang berasal dari kota tentu mengiginkan suasana pedesaan yang segar dan menyejukan..

Suasana pedesaan yang masih sangat asri dengan kesederhanaanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Udaranya yang jauh dari polusi kendaraan motor serta suasana persawaahan dan kearifan budaya lokal yang masih terjaga menjadi hal tersendiri bagi wisatawan.

Kearifan Desa

Berbagai aktivitas yang tidak anda jumpai di perkotaan seperti menanam padi di sawah dapat anda lakukan didesa wisata ini. Wisatawan akan diajak secara langsung cara menanam padi yang benar, selain itu juga bisa belajar cara membantik yang dibimbing secara langsung oleh pemabatiknya yang sudah profesional.

Selain itu terdapat beberapa aktivitas yang dapat pengunjung lakukan seperti membajak sawa, menanam padi, berkeliling menggunakan becak atau delman, memasak masakan tradisional da, dan menginap di penginapan dengan konsep pedesaan.

Museum Tembi

Objek wisata desa ini juga memiliki Museum Rumah Budaya Tembi atau Tembi House of Culture. Pengunjung dapat melihat berbagai koleksi benda kental dengan kebudayaan jawa beberapa koleksi tersebut diantaranya keris, tombak, peralatan tani, peralatan membantk dan masih banyak lagi.

Terdapat juga beberapa koleksi foto dahulu kala berupa poster kuno, sepeda kuno, hingga perpustakaan. total koleksi museum ini sekitar 5000 koleksi. Museum ini buka setiap senin sampai jumat, pukul 09.00 - 16.00 WIB.

Wisata Kuliner

Selain menikmati suasana pedesaan yang masih terjaga keasrianya, wisatawan juga dapat menikmati berbagai kuliner pedesaan di akhir acara. Beberapa menu khas desa tembi yaitu Sagon. Sagon sendiri merupakan makanan yang terbuat dari gula, tepung beras, kelapa.

Saat diakhir acara, wisatawan dapat menyantap berbagai kuliner desa yang disajikan pada upacara wiwitan. Makanan tersebut biasanya berisi nasi, gereh, labu siap dan berbagai kuliner jawa lainya. Sebelum menyantab, biasa akan di adakan doa oleh sesepuh desa.

Terdapat juga minuman tradisional atau yang biasa disebut Jamu Klutuk. Jamu tersebut dipercaya bisa meredakan penyakit panas yang biasanya terjadi pada anak-anak. Selain itu, terdapat minuman tradisoonal berkhasiat lainya seperti Wedang rempah, Jahe, Kunir Asem, Beras Kencur, Temulawah, dan Kunir Putih.

Wisata Dekat Desa Wisata Tembi Bantul

Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan Bantul dapat menampung kurang lebih 8015 untuk kerajinan dari bantul dan jogjakarta. Pasar ini pernah mengalami kerusakan yang cukup berat pada gempa Yogyakarta 27 Mei 2006 lalu, namun pemerintah terkait sudah melakukan perbaikan dan menata ulang pasar dengan lebih rapi.

Alamat Pasar Seni Gabusan berada di Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Bukit Parangendog

Bukit Parang Endong memang tidak sepopuler di bandingkan dengan Bukit Paralyang. Bukit ini bersebalahan langsung dengan Pantai Parang endog dan Pantai Parangtritis. 

Alamat Bukit Parang Endog Berada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Parangtrtitis

Pantai Parangtritis merupakan wisata pantai jogja yang cukup terkenal. Pantai ini terkenal dengan mitosnya yaitu Nyi Roro Kidul. Pengunjung dapat melakukan berabgai aktivitas dipantai ini seperti berkeliling menggunakan atv dan delman.

Alamat Pantai Pantai Parangtritis berada di Desa Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pantai Jogan

Pantai Jogan memiliki air terjun dengan tinggi sekitar 10 meter, sumber air terjun tersebut berasal dari beberapa perbukitan di sebelah utara pantai. Hal unik di pantai ini adalah air terjun tersebut langsung mengalur ke laut karena pantai jogan tidak memiliki garis batas laut.

Alamat Pantai Jogan Gunung Kidul berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata desa tembi bantul yogyakarta. Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata alam selanjutnya bisa menggunjungi salah satu tempat wisata di bantul lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan mengunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.