Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Grojogan Pucung Bantul: Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk

Grojogan Pucung

Grojogan Pucung Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 07.00-17.00 WIH Telepon: - Alamat: Blali, Seloharjo, Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55771.

Grojogan Pucung - Bantul merupakan daerah yang banyak menghasilkan tempat wisata alam yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Memang, daerah yang berada di barat kota jogja ini terdapat beberapa tempat wisata yang terkenal seperti hutan pinus mangunan, songgo batu langit, dan hutan pinus pengger. Salah satu wisata alam yang belum banyak diketahui oleh wisatawan adalah Grojogan Pucung.

Grojogan Pucung merupakan air terjun mini yang memilki air sangat jernih serta mengalir cukup deras. Air tersebut berasal dari sumber mata air yang berada diperbukitan dlingo. Selain itu, tempat ini juga memiliki beberapa pohon yang rimbun seakan-akan berada di tengah hutan.

Grojogan Pucung Bantul: Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk
Air Terjun Pucung Pundong (Image Source: jogya.com)

Air Terjun Pucung memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter dengan cirikhas airnya yang berbentuk melebar. Pada dasar curug terdapat sebuah kolam kecil dengan diamater kurang lebih 7 meter, wisatawan dapat bermain air dengan berenang atau berendam.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Lepo Dlingo, Segarnya pemandian di Puncak Dlingo

Lokasi Grojogan Pucung

Wisatawan dapat menemukan wisata air terjun bantul ini dengan mudah. Namun wisatawan harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak dari tempat parkir hingga grojogan pucung.

Alamat Grojogan Pucung berada di Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Grojogan Pucung

Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota jogja dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke objek wisata grojogan pucung. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Secondiningrat hingga menemukan perempatan lalu ke batat menuju Jl Mayjen Sutoyo.

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Jl Parangtritis hingga menemukan pertigaan lalu ambil arah ke selatan menuju Jl Mangun Negoro setelah itu lurus hingga Jl Raya Pundong , ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pertigaan lalu ke barat hingga menemukan grojogan pucung bantul.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga grojogan pucung kurang lebih 26 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sektiar 1 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Air Terjun Tlogo Muncar, Wisata Air Terjun di Jogja Terbaru 

Harga Tiket Masuk Grojogan Pucung

Karena wisata ini masih dikelola oleh penduduk setempat dan pemuda karang taruna, untuk saat ini wisatawan yang ingin menikmati air terjun pucung tidak dikenakan biaya masuk. Sebagai gantinya, wisatawan dapat membayar seiklasnya guna membangun sarana wisata.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Grojogan Pucung

Kawasan wisata air terjun pucung pundong bantul ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan. Namun perlu diketahui, karena masih dikelola oleh masyarakat setempat , beberapa fasilitas masih dalam tahap perencanaan. Fasilitas tersebut diantaranya
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Tempat duduk
  • Gazebo

Daya Tarik Grojogan Pucung

Wisatawawan yang berkunjung dapat mengunjungi wisata air terjun bantul ini pada saat musim kemarau mapun saat musim hujan. Saat musim kemarau debit air relatif kecil, sedangkan saat musim hujan debit air relatif sedikit lebih besar.

Banyak wisatawan yang menjadikan wisata ini untuk berenang, alasan utamanya adalah air terjun tersebut sangat jernih dan masih alamai dari perbukitan dlingo. Wisatawan yang tidak ingin berbasah-basahan juga dapat bersantai di tempat duduk yang sudah tersedia.

Tidak hanya itu saja, grojogan pucung pundong juga memiliki beberapa spot foto yang dapat pengunjung gunakan. Dengan latar belakang berupa pemandangan air terjun tentu akan mendapatkan hasil foto dengan nuansa alam yang masih asri.

Wisata Dekat Grojogan Pucung

Kampung Edukasi Watu Lumbung

Bukit Watu Lumbung merupakan sebuah perbukitan yang berada di sebelah utara pantai parangtritis. Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah, wisatawan juga dapat bersantai sambil menikmati kuliner yang dapat anda beli dilokasi wisata.

Goa Jepang Parangtritis

Goa Jepang Parangtritis merupakan salah satu wisata sejarah yang berada di dekat pantai parangtritis. Dahulu goa ini digunakan oleh jepang sebagai tempat penyimpanan senjata. Tak jauh dari goa jepang terdapat wisata puncak khayangan yang memiliki spot foto instagramable.

Puncak Kayangan

Berada disebalah kanan Goa Jepang Bantul, Puncak Kayangan Surocolo menjadi destinasi wisata alam yang cukup diperhitungkan. Sebab tempat ini memiliki beberapa spot foto yang untuk seperti bulan sabit dan bunga teratai. Tidak cukup disitu saja, saat sore hari tempat ini memiliki pemandangan sunset yang sangat indah.

Pantai Parangtrtitis

Bergeser ke selatan kurang lebih 4 kilometer, wisatawan dapat menggunjungi pantai yang terkenal di jogja yaitu pantai parangtritis bantul. Pantai ini menjadi primadona wisatawan karena memiliki pemandangan bukit yang berada di sebelahnya dan banyak wahana bermain seperti atv, delman, dan masih banyak lagi.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun pucung bantul. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata bantul lainya dengan melihat beberapa refrensi dari blog kami. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.