Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Grojogan Watu Purbo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 06.00-18.00 No. Telepon: 0877-3955-0459 Alamat: Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55552.

Grojogan Watu Purbo - Yogyakarta merupakan daerah yang memliki banyak destinasi wisata alam yang sangat bagus. Salah satu wisata air terjun yogyakarta yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan di sosial media karena memiliki pemandangan yang indah yaitu Grojogan Watu Purbo Bangunrejo.

Grojogan Watu Purbo Sleman merupakan salah satu sungai yang cukup besar dengan  buah dam yang berurutan. Karena bentuk kontruksi yang begitu membuat air terjun terlihat sangat tinggi dan luas.

Setiap dam yang berada di watupurbo memiliki ketinggian sekitar 3 sampai 7 meter. Maka dengan begitu, anda dapat melihat keindahan air terjun buatan yang satu ini. Saat musim kemarau, debit di air terjun relatif kecil. Waktu yang tepat mengunjungi wisata air terjun ini adalah saat musim penghujan.

Grojogan Watu Purbo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk
Grojogan Watu Purbo Bangunrejo (Image Source: Instagram)

Lokasi Grojogan Watu Purbo

Bagi anda yang sedang berada di jogja, anda dapat menemukan lokasi objek wisata air terjun yogyakarta ini dengan sangat mudah. Jika anda kebinggungan, anda dapat menggunakan bantuan goggle maps untuk mempermudah menemukan lokasinya.

Alamat Grojogan Watu Purbo berada di Jl Magelang-Yogyakarta No.Km.18, Desa Bangunrejo, Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Grojogan Watu Purbo

Bagi anda yang sedang berada di pusat kota jogja seperti malioboro, nol kilometer dan keraton dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Ring Road Utara hingga sampai di Km 10.

Setelah itu arahkan kendaraan anda menuju Jl Raya Jogja-Magelang. Kemudian anda dapat menggunakan bantuan goggle maps untuk mempermudah menemukan tempat wisatanya. Jarak yang akan anda tempuh dari pusat jogja hingga objek wisata sekitar 18 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 35 menit.

Baca Juga: Kali Kuning Park: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun grojogan watu purbo tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun wisatawan yang menggunakan sepeda di kenakaan parkir sebesar Rp2.000, Motor Rp5.000, Mobil Rp10.000, dan bus Rp20.000.

Fasilitas Grojogan Watu Purbo

Wisatawan yang ingin mengunjungi obje wisata alam jogja ini tidak perlu khawatir mengenai fasilitas. Beberapa fasilitas sudah disediakan oleh pihak pengelola karena semakin banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya yaitu:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Warung
  • Spot Mancing
  • Spot foto
Air terjun ini juga menjadi salah satu spot mancing jogja yang banyak diminat pemancing. Selain memiliki ikan yang cukup banyak, pemancing dapat menyalurkan hobinya sambil menikmati keindahan bentuk air terjun.

Baca Juga: Bukit Klangon Merapi, Wisata dengan Spot Foto Gunung Merapi

Daya Tarik Grojogan Watu Purbo

Penahan Lahar Erupsi

Grojogan Watu Purbo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk
Grojogan Watu Purbo Bangunrejo (Image Source: Instagram)
Air terjun yang berada di sleman ini ternyata memiliki fungsi sebagai sabo atau dam. Fungsi dari sabo ini adalah sebagai penghambat lahar dingin erupsi gunung merapi. Saat melewati sabo purbo, lahar akan sedikit lebih terhambat.

Arti Grojogan

Dalam bahasa jawa Grojogoan memiliki arti air terju, sedangkan watu purbo berarti batu purba. Penamaan dam ini lantaran disekitar lokasi terdapat bebatuan purba. Menurut peneliti, bebatuan tersebut berasal dari perut gunung merapi saat erupsi.

Sejarah Watu Purbo

Penurut masyarakat setempat, sabo purbo sudah ada sejak tahun 1975. Sumber air ini berasal dari sungai krasak dan sungai bebeng yang membenteng di lereng gunung merapi. Karena memiliki pemandangan yang indah, pada tahun 2020 wisata ini mulai terkenal di kalangan wisatawan.

Spot Foto Instagramable

Bagi anda yang gemar hunting foto, wisata air terjun yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Anda, dapat melihat pemandangan air terjun dengan 4 tingkatan sekaligus. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 3-7 meter.

Wisata Dekat Grojogan Watu Purbo

Landmark World Merapi

Objek wisata Merapi Park merupakan salah satu wisata sleman yang memiliki banyak spot foto Instagramable. Disini wisatawan dapat menikmati berbagai spot foto mulai dari menara eifel, patung liberty, kincir angin, dan masih banyak lagi.

Museum Ullen Sentalu

Siapa sangka ternyata di jogja juga terdapat museum yang mengusung konsep alami. Wisatawan dapat menikmati keindahan berbagai benda di museum dengan nuansa alam yang masih sangat asri. Keberadaan tumbuhan tersebut memang sengaja dibiarkan oleh pihak pengelola wisata.

Museum Gunung Merapi

Bagi wisatawan yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang gunung merapi. Anda juga dapat mengunjugni museum gunung merapi. Disana, wisatawan dapat melihat benda-benda bekas erupsi gunung merapi hingga simulasi gunung merapi saat meletus.

Bungker Kaliadem

Bungker Kaliadem memang menjadi salah satu tempat wisata merapi yang sangat sayang untuk dilewatkan. Disini, wisatawan dapat melihat pemandangan gunung merapi dengan sangat jelas. Objek wisata ini juga menjadi salah satu tujuan favorit para fotografer.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel tetang wisata Grojogan Watu Purbo Bangunrejo dari yanacircle.com . Bagi anda yang ingin mengeksplor wisata sleman selanjutnya bisa mengunjungi website kami. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.