Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kali Kuning Park: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Kali Kuning Park

Kali Kuning Park Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Kali Kuning Park - Yogyakarta merupakan daerah yang menyimpan banyak sekali tempat wisata yang indah. Pemandangan alam yang berada di lereng gunung merapi sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu wisata alam jogja yang berada di lereng gunung merapi yaitu Kali Kuning Park. 

Kali Kuning Park merupakan tempat yang sering digunakan untuk kegiatan outdoor seperti camping dan kegiatan outbond lainya. Pengunjung dapat melihat pemandangan alam yang memukau, apalagi ditambah dengan keberadaan tebing andestis yang memukau.

Bukit Kali Kuning Merapi (Image Source: dhiantata)

Untuk mencapai tebing tersebut, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan setapak sejauh 1 kilometer. Jalan setepak tersebut juga digunakan oleh masyarakat setempat untuk mencari rumput untuk pakan ternak seperti sapi dan kambing.

Baca Juga: Watu Tapak Camp Hill Jogja

Sekilas Tentang Kali Kuning Park

Bukit Kali Kuning merupakan daerah yang dikelola oleh Taman Nasional Gunung Merapi dan beberapa kelompok pemberdayaan masyarakat yang turut serta menjaga kelestarian alam lereng merapi.

Wisata alam ini mulai di kembangan pada januari 2017 lalu setelah itu pada pertengahan bulan febuari mulai dibuka untuk umum.

Savana Bukit Kali Kuning Jogja di dominasi oleh pepohonan pinus dan beberapa bunga seperti bunga rasmal dan bunga puspa. Tempat ini juga memiliki tebing bebatuan yang menjulang tinggi.

Terdapat juga sebuah mata air alami yang berada di ketinggian 1250 diatas permukaan laut. Mata air tersebut di manfaatkan oleh masyarakat setempat untuk kebutuhan sehari-hari seperti keperluan minum, mencuci baju, dan sumber air. Mata air tersebut diberi nama Umbul Wadon.

Mata air Umbul Wadon sendiri terbentuk akibat letusan gunung merapi beberapa tahun lalu. Mata air ini berasal dari aliran beberapa sungai seperti Das Opak, Das Progo, dan Das Oya. Uniknya, mata air ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau berkepanjangan sekalipun.

Lokasi Kali Kuning Park

Wisata dengan pemandangan utama Gunung Merapi ini lokasinya sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan motor maupun mobil. Selain itu, akses jalanya sudah bagus berupa jalan aspal yang halus.

Alamat Kali Kuning berada di Jl Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Kalikuning Park Kaliurang

Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota jogja seperti malioboro, nol kilometer, dan keraton jogja bisa menggunakan rute berikut ini untuk menuju wisata kali kuning park sleman. Pertama, arahakan kendaraan anda menuju Jl Panembahan Senopati lalu menuju perempatan ke arah Jl Mayor Sutomo kemudian menuju Jl Abu Bakar Ali.

Dari Jl Abu Bakar Ali ke timur kemudian menuju pertigaan ke timur hingga menemukan perempatan lalu ke utara menuju Jl Yos Sudarso. Perjalanan dilanjutkan dengan menuju pertigaan ke timur melewati Jl Suroto lurus hingga sampai di Jl Cik Di Tiro hinggga arah Bunderan UGB ke barat menuju perempatan Jl Persatauan lurus.

Perjalanan dilanjutkan dengan meuju ke arah Jl Kaliurang lalu melewati Jl Pamungkas hingga tiba di Jl Meces-Pokoh, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Wisata Bukit Kali Kuning.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga kali kuning plunyon sekitar 27,5 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Lava Bantal Jogja : Lokasi, Rute, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Kali Kuning Park

Wisatawan yang akan menikmati keindahan Gunung Merapi dari ketinggian akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp3.000 per orang. Pengunjung yang akan mendirikan tenda atau camping akan dikenakan biaya sebesar Rp20.000.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Faslitas Kali Kuning Park

Selain memiliki pemandangan alam yang indah dengan latar belakang Gunung Merapi, pengelola wisata ini juga sudah menyediakan fasiltias yang dapat wisatawan gunakan. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya.
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Tempat camping
  • Penginapan
  • Kamar Mandi
  • Spot foto

Daya Tarik Kali Kuning Park

Wisata alam dengan yang satu ini menyajikan berwisata di sebuah teman dengan pemandangan utamanya berupa Gunung Merapi yang berada di belakanganya. Kali Kuning Park Kaliurang di buka pada tahun 2017 lalu, wisatawan juga dapat melihat berbagai pemandangan berupa air terjun di jembatan kalikuning yang memiliki air jernih serta udara pegunungan yang sangat sejuk.

Selain keberadaan pohon pinus, wisata kali kuning sleman juga memiliki berbagai pohon seperti pohon rasamala, pohon puspa, kantung semar dan masih banyak lagi. 

Bagi wisatawan yang beruntung juga dapat menyaksikan keberadaan burung elang jawa yang populasinya semakin menuru. Disekitar wisata juga terdapat beberapa spot foto yang dapat pengunjung gunakan untuk berfoto ria.

Wisata Dekat Kali Kuning Park

Bungker Kali Adem Merapi

Bungker Kali Adem Jogja merupakan salah satu wisata yang berada di lereng Gunung Merapi. Lokasi wisata yang instagramable ini berada di ketinggian 2.000 mdpl. Dari sini wisatawan dapat melihat pemandangan gunung merapi dengan sangat jelas.

Harga tiket masuk bungker kaliadem merapi sebesar Rp3.000 dan buka setiap hari selama 24 jam.

Batu Alien Merapi

Batu Alien Merapi merupakan sebah batu hasil letusan gunung merapi pada tahun 2010 lalu, sehingga batu ini sampai terseret akibat arus lahar panas dan bisa berpindah tempat sewaktu-waktu. 

Harga tiket masuk batu alien sebesar Rp5.000 per orang.
Dinamakan alien karena bentuk batu ini menyerupai mahkluk alien.

Bukit Klangon

Bukit Klangon atau yang biasa disebut dengan Wisata Alam Bukit Glagahrejo merupakan salah satu wisata yang berada di lereng gunung merapi. Wisata ini pernah mendapatkan donasi dari pengembang wisata dari Riotary International. Wisata ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan belum lama ini, padahal wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2011 lalu.

Harga tiket masuk bukit klangon sebesar Rp6.000 per orang dan camping Rp20.000.

The Lost World Castle

Sekilas nama wisata The Lost World Castle Jogja memang sedikit menyeramkan, namun pemilihan nama tersebut karena wisata jogja tersebut memiliki desaign bangunan yang menyerupai benteng takesi disalah satu hiburan tv jepang yang pernah trending saat itu di televisi Indonesia

Harga tiket masuk the lost world castle sebesar Rp30.000 - Rp50.000 per orang.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata kali kuning kaliurang. Bagi anda yang ingin mencoba wisata alam lainya, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencucui tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.