Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Monumen Jogja Kembali: Lokasi, Tiket Masuk dan Jam Buka

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali Harga Tiket: Rp15.000 Jam Buka: 09.00-14.00 No. Telepon:(0274)-868225 Alamat: Jl Ring Road Utara, Sariharjo, Jongkang, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55581.

Monumen Jogja Kembali - Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan desitinasi wisatanya yang beragam. Wisatawan dapata menemukn berbagai tempat wisata mulai dari wisata kuliner, wisata budya, wisata sejarah, hingga wisata alam. Salah satu tempat wisata sejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yaitu Monumen Jogja Kembali.

Monumen Jogja Kemabli atau yang biasa di sebut dengan Monjali merupakan salah satu tanda kembalinya pemerintahan Republik Indonesia ke pangkuan ibu pertiwi setelah masa penjajahan kolonial Belanda. Museum ini menjadi salah satu tujuan wisata khusunya bagi para pelaja.

Monumen ini juga memiliki 2 lantai dan terdapat kurang lebih 10 diorama yang menggambarkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan saat berada di Yogyakarta. Para pahlawan tersebut berjasa mempertahankan Yogyakarta dari Belanda.

Monumen Jogja Kembali: Lokasi, Tiket Masuk dan Jam Buka
Gambar Monumen Jogja Kembali (Image Source: Instagram)

Sedangkan pada lantai 3 dinamakan sebagai ruang Garba Graha. Monumen Jogja Kembali berdiri di atas lahan seluas 5 hektare. Monjali diresmikan pada 6 Juli 1989 oleh Presiden Indonesia ke 2 yaitu Bapak Soeharto.

Baca Juga: Taman Pelangi Jogja, Wisata Malam Jogja Instagramable

Lokasi Monumen Jogja Kembali

Wisatawan yang ingin melihat sejarah tentang pahlawan indonesia yang mempertahankan Yogyakarta dari Belanda bisa mencoba mengunjungi monumen satu ini.

Alamatnya berada di Jl Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Monumen Jogja Kemabali

Wisatawan yang akan mengunjungi monumen yang satu ini lokasinya mudah di temukan karena berada di pinggir jalan besar. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan lalu menuju ke perempatan lalu ke utara kemudian menuju Jl Letjen Suprapto dan ikuti saja jalan tersebut.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke Jl Tentara Pelajar lalu menuju ke Jl Magelang hingga menemukan perempatan lalu ke timur. Lokasi monuem berada di kiri jalan.

Jarak yang akan tempuh dari pusat kota jogja hingga museum jogja kembalu sekitar 8 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 20 menit dengan menggunakan motor.

Harga Tiket Masuk Monumen Jogja Kembali

Wisatawan yang akan memasuki monjali akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang membawa rombongan berjumlah 30 orang akan dikenakan diskon sebesar 10% dan 50% untuk anak TK & Panti Asuhan.

Sedangkan tarif sewa bangunan indor sebesar Rp7.500.000 dan serba guna outdoor sebesar Rp10.000.000. Sedangkan parkir motor sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Upside Down World Jogja: Harga Tiket Masuk, Alamat, dan Rute. 

Fasilitas Monumen Jogja Kembali.

Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati beberapa fasilitas yang sudah cukup lengkap. Oleh sebab itu anda tidak perlu khawatir lagi mengenai fasilitas. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya
  • Tempat parkir
  • Auditorium
  • Tempat bermain
  • Cafe
  • Toilet
  • Telpon umum
  • Benda bersejarah

Jam Buka Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali buka mulai dari jam 09.00 pagi dan tutup jam 14.00 siang.

Daya Tarik Monjali

Berbagai Koleksi Diorama

Monumen Jogja Kembali: Lokasi, Tiket Masuk dan Jam Buka
Gambar Monumen Jogja Kembali (Image Source: Instagram)
Perjuangan masyarakat Indonesia khusunya warga jogja saat melawan Belanda dapat anda temukan di monumen ini. Terdapat kurang lebih sekitar 1.000 ribu diorama yang menggambarkan tentang serangan umum 1 maret 1949.

Selain itu, wisatawan juga dapat melihat berbagai diorama sambil diringi dengan lagu kebangsaan. Hal tersebut membuat wisatawan merasakan suasana pada saat masa penjajahan dulu. Berbagai benda bersejarah dapat anda temukan mulai dari pakian, senjata perang, dan benda-benda lainya. Bahkan kereta kuda miliki Jendran Soedirman dapat anda jumpai.

Keindahan Bangunan

Berada di atas lahan seluar 5,6 hektare, Monjali Jogja nampak dengan cirikhasnya yaitu bangunanya yang sedikit berbentuk kerucut. Desaign monjali sengaja dibuat empat pintu sesuai dengan arah mata angin.

Monjali sendiri dirikan pada 29 juni 1985, kemungkinan monjali di tarik dari garis lurus mata angin. Jika diamati dengan lebih teliti, monjali berada satu garis lurus dengan Keraton Yogyakarta, Tugu, dan Gunung Merapi.

Lantai Pertama Monjali

Pada bagian lantai pertama, terdapat empat ruangan. Ruangan tersebut menyimpan bendna koleksi seperti replika, foto, dokumen, evokatif, dapur umum, dan berbagai senjata. Disetiap benda juga terdapat keterangan mengenai benda tersebut.

Diorama yang di pamerkan, wisatawan dapat melihat berbagai peristiwa bersejarah yang terjadi pada saat zaman penjajagan. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat diorama upaca 17 Agustus 1945 saat bendara merah putih mulai dikibarkan.

Lantai Tiga Monjali

Memasuki lantai tiga, wosatawan akan merasakan suasana yang cukup hening. Didalam lantai tiga juga tidak terdapat benda-benda melainkan hanya sebuah bendera merah putih dengan tianganya. Pada bagian dinding terdapat relief bambu runcing yang dahulu digunakan saat melawan penjajah.

Pihak pengelola monumen mengharuskan wisatawan mengheningkan cipta sejenak saat berada di lantai tiga. Hal tersebut bertujuan sebagai menghargai para pahlawan indonesia yang berguguran.

Wisata Dekat Monjali

Taman Lampion

Taman Lampion atau yang biasa disebut dengan taman pelangi merupakan salah satu wisata malam jogja yang berada di dekat monjali. Wisata ini menyuguhkan berbagai bentuk animasi dalam wujud lampion. Berbagai jenis lampion yang berwarna-warni dapat anda jumpai di objek wisata ini.

Jogja Bay 

Jogja Bay merupakan salah satu wahana air jogja yang sangat keren. Mengusung konsep pirates atau bajak laut, wisatawan dapat menikmati berbagai wahana air yang sangat keren. Tidak hanya itu saja, wisatawan juga dapat berkeliling disekitar objek wisata menggunakan kereta mobil.

Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark (SKE) merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di jogja. Wahana ini mulai beroprasi pada tahun 2014 lalu. Wisata ini juga memiliki Bianglala setinggi 48 meter yang bernama Cakra Manggilingan.

Malioboro

Malioboro merupakan salah satu ikonik kota jogja. Wisatawan yang berkunjung ke jogja biasanya selalu mengunjungi tempat ini. Saat berada di malioboro wisatawan dapat menikmati nuansa jogja yang sangat khas dan berbagai jajanan yang murah meriah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata Monumen Jogja Kembali atau Monjali. Bagi anda yang ingin menikmati destinasi wisata lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.