Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Museum Gunung Merapi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55582.

Museum Gunung Merapi - Yogyakarta merupakan daerah yang menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika sedang berkunjung ke jogja. Salah satu tempat wisata sejarah sekaligus untuk mengenang serta mempelajari tentang gunung adalah Museum Gunung Merapi.

Museum Gunung Merapi merupakan salah satu wisata kaliurang yang berjarak kurang lebih 5 kilometer. Wisata ini menyimpan banyak sekali cerita tentang Gunung Merapi. Museum Gunung Merapi di bangun pada tahun 1 Oktober 2009 oleh Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral yaitu Bapak Purnomo Yusgiantoro.

Museum Gunung Merapi Yogyakarata (Image Source: Instagram)
Museum Gunung Merapi memiliki luas bangunan kurang lebih 4.470 meter persegi dan berdiri diatas lahan seluas 3,5 hektare. Museum ini terkenal dengan semoboyanya yaitu Merapi Jendela Bumi.

Baca Juga: Batu Alien Merapi : Lokasi, Rute, & Harga Tiket Masuk Terbaru 2021

Seklias Informasi

Museum Gunung Merapi dibangun sebagai tempat berlajar tentang Gunung Merapi serta bencana alam lainya yang bersifat rekreatif dan edukatif bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Gunung Merapi.

Saat berkunjung ke museum ini, wisatawan dapat melihat bagimana proses pembentukan lava, proses evakuasi saat terjadinya gempa, hingga vidio saat terjadinya erupsi gunung merapi beberapa tahun yang lalu.

Museum ini memiliki dua lantai, untuk lantai yang pertama, wisatawan dapat melihat bagimana proses erupsi gunung merapi hingga alat pemantuan gunung seperti Seismograf. Sedangkan untuk lantai yang kedua wisatawan dapat melihat berbagai benda bekas erupsi gunung merapi, peraga gempa bumi, hingga bioskop dokumenter "Mahaguru Merapi"

Lokasi Museum Gunung Merapi

Wisatawan yang akan mengunjungi wisata sejarah yang satu ini lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada di sekitar wisata kaliurang lainya.

Alamat Museum Gunung Merapi berada di Jl Kaliurang No, Banteng, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Museum Gunung Merapi

Wisatawan yang sedang berada dipusat kota jogja seperti malioboro, nol kilometer, dan tugu jogja dapat menggunakan rute ini untuk menuju ke lokasi objek wisata.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan lalu menuju perempatan ke utara menuju Jl Letjen Suprapto hingga menemui pertigaan lalu ambil ke timur menuju Jl Tentara Pelajar lurus hingga sampai di Jl Magelang.

Dari Jl Magelang arahkan kendaraan anda ke timur menuju Jl Selokan Mataram kemudian menuju perempatan lalu ke utara menuju Jl Monjali hingga sampai di Jl Palagan Tentara Pelajar. Perjalanan dilanjutkan menuju ke Jl Pakem Turi hingga menemukan perempatan lalu ke utara menuju Jl Boyong, lokasi museum tidak jauh dari jalan tersebut.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga ke museum sekitar 27 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 55 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Wisatawan yang akan melihat sejarah serta mempelajari tentang gunung merapi cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp10.000 untuk wisatawan mancarnegara.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.
  • HTM Audio Visual (Lokal) Rp5.000 per orang.
  • HTM Audio Visual (Turis Mancarnegara) Rp10.000 per orang.

Fasilitas Museum Gunung Merapi

Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati beberapa fasilitas yang sangat lengkap. Beberapa fasilitas memang sengaja dibangun untuk memunio sarana-prasarana wisatawan, beberap fasilitas tersebut diatantaranya:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Souvenir
  • Kantin
  • Koperasi
  • Bioskop
  • Spot Foto
  • Alat peraga Gempa
  • Ruang Audio Visual

Daya Tarik Museum Gunung Merapi

Bangunan museum ini memilki dua lantai disertai dengan fasilitas yang cukup lengkap. Paga lantai satu terdapat beberapa ruangan yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah bekas erupsi gunung merapi. Selain itu, disetiap ruangan memiliki konsep yang berbeda beda mulai dari Volcano World, Bencana Gunung Merapi, Bencana Tsunami dan Diorama.

Replika tersebut memiliki tombol-tombol untuk mengetahui seberapa besar letusan gunung merapi yang terjadi pada tahun 1969, 1994, dan 20016. Dengan menekan salah satu tombol makan visualisasi letusan gunung merapi akan terlihat.

Museum Gunung Merapi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Foto perabotan saat terkena erupsi merapi (Image Source: explorerjogja)
Berjalan memasuki ruagan selanjutnya, wisatawan dapat melihat berabgai alat-alat yang digunakan dalam pengamatan gunung merapi seperti radio, seismograf, komputer dan berbagai alat lainya. Selain itu terdapat juga, benda-benda bekas erupsi gunung merapi seperti motor, perabotan, hingga batu bom.

Pada lantai dua juga terdapat beberapa koleksi yang sangat sayang untuk dilewatkan. Beberapa koleksi seperti peraga simulasi tsunami, lorong peragaa simulasi LCD, peraga simulasi gempa bumi dan lain-lain.

Wisata Dekat Museum Gunung Merapi

Bungker Kaliadem

Bungker Kaliadem saat merupakan tempat wisata sekaligus sebagai area camping untuk para pendaki. Tempat ini memiliki udara yang segar dan luas serta memiliki latar belakang berupa Gunung Merapi yang sangat gagah.

Alamat Bungker Kaliadem berada di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman dan Harga tiket masuk bungker kaliadem sebesar Rp10.000 per orang.

Batu Alien Cangkringan

Batu Alien Cangkringan merupakan tempat wisata kaliurang yang cukup unik. Bagimana tidak, wisatawan dapat melihat keunikan batu yang berukuran besar serta memiliki bentuk yang menyerupai mahkluk alien.

Alamat Batu Alien Cangkringan berada di Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Sedangkan harga tiket masuk batu alien sebesar Rp5.000 per orang.

The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan wisata kaliurang yang memiliki konsep bangunan berbentuk kastil. Bangunan ini dibuat diatas lahan yang dulunya pernah terkena erupsi lahar dingin gunung merapi, oleh sebab itu lokasi tersebut masuk dalam zona merah rawan bencana.

Alamat The Lost World Castle berada di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Sedangkan harga tiket masuk the lost world castle sebesar Rp30.000 per orang.

The World Landmark-Merapi Park

The World Landmark Merapi Park adalah waisata taman yang memiliki konsep landmark dari beberapa negara belahan dunia. Taman yang satu ini sangat cocok bagi kalangan muda khusunya pemudia milenial seperti sekarang ini karena memiliki spot foto yang Instagramable.

Alamat The World Landmark Merapi Park berada di Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Sedangkan harga tiket masuk merapi park sebesar Rp25.000 per orang.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata gunung merapi. Bagi anda yang ingin merasakan wisata alam selanjutnya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman lainya. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.