Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Omah Salak Sleman, Desa Agrowisata Edukasi Jogja

Omah Salak Sleman

Omah Salak Sleman Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 09.00-16.00 No. Telepon: 0852-2841-7300 Alamat: Jl Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi, Wonokerto, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Omah Salak Sleman - Yogyakarta merupakan daerah yang selalu menghasilkan tempat wisata menarik. Beberapa tempat wisata sengaja dibuat untuk kegiatan pembelajaran atau edukasi. Salah satu wisata edukasi yang berada di jogja bagian utara yaitu Omah Salak Sleman.

Omah Salah Sleman merupakan perkebunan salak pondoh yogyakarta. wisata  edukasi yang satu ini menawarkan sensasi belajar cara menanam buah salak dengan benar. Pengelola akan memberitahu cara memilih bibit hingga cara penanaman buah salak dengan benar sehingga menghasilkan buah yang berkualitas.

Omah Salak Sleman, Desa Agrowisata Edukasi Jogja
Wisata Edukasi Omah Salak (Image Source: phinemo.com)

Wisata agro jogja yang satu ini sangat cocok untuk mengisi liburan anda bersama keluarga. Pengelola wisata juga sudah menyediakan tempat untuk camping lengkap dengan persewaan alatnya. Tidak hanya itu saja, tempat camping sudah didesaign dengan bagus, sehingga wisatawan akan semakin puas.

Baca Juga: Tlogo Putri Kaliurang, Wisata Alam Jogja Sleman Terbaru 2021

Lokasi Omah Salak Sleman

Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga anda, tempat yang satu ini sangat cocok anda sambangi. Sebab, lokasinya juga mudah dijangkau menggunakan kendaraan serta akases jalanya sudah sangat bagus dengan jalan yang sudah beraspal.

Alamat Omah Salak Sleman berada di Jl Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi, Jl Pokok, Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Rumah Edukasi Omah Salak

Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke wisata kebun salak di sleman. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan kemudian lurus hingga menemukan perempatan lalu ambil arah menuju Jl Letjen Suprapto.

Perjalanan dilanjutkan dengan menuju Jl Tentara Pelajar kemudian menuju jalan besar hingga sampai memasuki Jl Magelang. Selanjutnya menuju bunderan lalu ambil arah menuju Jl Magelang-Yogyakarta. Iktui saja jalan tersebut hingga memasuki wilayah Turi.

Selanjutnya perjalnan di lanjutkan dengan menuju Jl Turi kemudian lurus hingga menemukan pertigaan kemudian belok ke kanan hingga samapi di Jl Tempel-Turi. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pertigaan lalu belok ke kanan menuju Jl Gadjah Mada Asri, lokasi wisatanya berada di sebelah kanan jalan.

Baca Juga: Air Terjun Tlogo Muncar, Wisata Air Terjun di Jogja Terbaru 

Harga Tiket Masuk Omah Salak Sleman

Wisatawan yang akan menikmati wisata edukasi jojga dengan menanam buah salak tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Selain itu, pihak pengelola wisata juga sudah menyediakan beberapa paker yang bisa anda pilih. Harga paket wisata berkisar dari Rp50.000 sampai Rp90.000 per paket.

Sedangkan wisatawan yang ingin membawa buah salak secara langsung dapat membelinya sebesar Rp3.000 sampai Rp5.000 per kilo.

Fasilitas Omah Salak Sleman

Pihak pengelola wisata juga sudah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat wisatawan gunakan. Oleh sebab itu, anda tidak perlu khawatir lagi mengenai fasilitas. beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Tempat kuliner
  • Wahana outbond
  • Homestay
  • Perkebunan salak
  • Toilet
  • Camping ground

Daya Tarik Omah Salak Sleman

Berbagai Buah Salak

Omah Salak Sleman berkerjasama dengan beberapa petani salak sekitar 40 orang petani. Para petani tersebut sudah memiliki pengalaman dibidangnya yang cukup lama, sehingga sudah tidak diragukan lagi hasil buah salaknya banyak di ekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, hingga China.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati berbagai varian buah salah seperti Salak Pondok, Salak Gading, Salak Madu dan masih banyak lagi.

Berbagai Oleh-Oleh

Sehabis belajar cara menanam buah salak yang benar, wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh khas jogja berupa keripik salak, dodok, brownis dan bakpia.

Wisatawan yang mempunyai hoby masak atau memiliki bakat masak, bisa mencoba pengelola buah salak yang sudah dilengkapi dengan peralatan masaknya.

Wisata Dekat Omah Salak

Desa Wisata Pulesari

Desa Pulesari merupakan salah satu desa yang berada di turi, sleman. Desa ini berada di ketinggian 900 mdpl sehingga wisatawan dapat merasakan udara pegunungan yang sangat sejuk.

Biasanya pada hari-hari tertentu diadakan upacara adat Pagar Bumi yang dilakukan setiap Bulan Safar Rabu Pungkasan. Acara adat tersebut ditujukan sebagai wuju syukur penduduk desa pulesari.

Desa Wisata Kelor

Desa Wisata Kelor merupakan salah satu desa yang berada di Dusun Kelor Bangunkerto, Turi, Sleman. Sebagian penduduk dari dusun kelor berprofesi sebagai petani salak. Wisatawan dapat berintraski secara langsung kepada penduduk tentang bagimana cara menanam pohon salak serta cara perawatanya yang benar.

Desa Wisata Pancoh

Salah satu wisata edukasi sleman selanjutnya adalah Desa Wisata Pancoh. Desa ini berkembang menjadi wisata edukasi setelah erupsi gunung merapi tahun 2010 lalu. Desa ini menawarkan kepada wisata tentang bagimana cara bertani, membatik, hingga belajar gamelan jawa dengan benar.

Desa Wisata Nganggring

Desa Wisata Nganggring merupakan salah satu pusat peternakan kaming etawa. Wisatawan dapat menikmati aneka susu kambing etawa yang fresh secara langsung. Selain itu, wisatawan juga dapat memerah secara langsung.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata edukasi omah salak sleman. Bagi anda yang ingin mencoba suasana baru, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman selanjutnya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.